Comscore Tracker

Kenapa Jumlah Panda Raksasa Sangat Sedikit? Ini 9 Penjelasan Para Ahli

Panda raksasa sempat terancam punah, tapi kembali kuat

Seperti yang dipikirkan banyak orang, panda adalah hewan menggemaskan. Itu pula yang menjadikan panda salah satu hewan yang paling populer di dunia. Panda pun jadi hewan filosofis karena menggambarkan keberagaman, dengan corak hitam dan putih serta berasal dari Asia. Panda pun jadi logo World Wide Fund for Nature (WWF), organisasi internasional yang menangani masalah konservasi di seluruh dunia.

Meski populer, jumlah panda raksasa (Ailuropoda melanoleuca) sangat sedikit, bahkan terbilang langka. Beragam upaya dilakukan untuk membuat hewan ini terus bertambah. Namun, sebenarnya, apa sih yang bikin panda raksasa sangat sedikit? Berikut fakta tentang panda raksasa yang perlu kamu tahu.

1. Panda raksasa makan sangat banyak! Mereka menghabiskan 12 jam sehari hanya untuk makan

Kenapa Jumlah Panda Raksasa Sangat Sedikit? Ini 9 Penjelasan Para Ahlinatgeotv.com

Bayangkan saja, dilansir dari Wonderopolis, setiap hari panda raksasa harus makan sebanyak 9-18 kg bambu setiap harinya. Itu jumlah yang sangat banyak.

Tentunya, jumlah makanan yang banyak tersebut gak sebanding dengan makanan yang tersedia di alam liar. Itu sebabnya jumlah panda raksasa sangat terbatas. 

2. Habitat panda raksasa di alam liar sangat sedikit, salah satunya di pegunungan terpencil di Cina Tengah

Kenapa Jumlah Panda Raksasa Sangat Sedikit? Ini 9 Penjelasan Para Ahlinationalgeographic.com

Perlu usaha yang ekstra buat kamu yang ingin melihat panda raksasa di alam liar. Kamu harus mengunjungi hutan bambu basah dan dingin di pegunungan terpencil di China Tengah.

Gak hanya tempatnya yang terpencil, kamu pun perlu berhati-hati saat akan mendekati panda raksasa. Itu karena mereka punya penciuman yang sangat tajam. Dia akan kabur saat ada pemangsa atau panda raksasa lain yang mendekati mereka. 

3. Panda raksasa pun cenderung hidup soliter atau gak berkelompok dengan kawanan panda raksasa lain

Kenapa Jumlah Panda Raksasa Sangat Sedikit? Ini 9 Penjelasan Para Ahlifanpop.com

Itu sebabnya, panda raksasa pun kadang kesulitan saat akan mencari pasangan di alam liar. 

4. Tingkat kelahiran panda raksasa cukup rendah

Kenapa Jumlah Panda Raksasa Sangat Sedikit? Ini 9 Penjelasan Para Ahlird.com

Panda akan mencari pasangan hanya saat musim semi, sementara panda raksasa perempuan akan melahirkan satu atau dua anak saat musim gugur. Melihat hal tersebut, bisa dibilang angka kelahiran panda raksasa cukup rendah. Belum lagi ada kemungkinan panda raksasa yang lahir gak mampu bertahan sampai mereka dewasa dan menghasilkan keturunan lagi. 

Baca Juga: Setengah Populasi Paus Pembunuh di Bumi Akan Punah karena Ulah Manusia

5. Jumlah panda raksasa yang sedikit di alam liar

Kenapa Jumlah Panda Raksasa Sangat Sedikit? Ini 9 Penjelasan Para Ahlinatgeokids.com

Dilansir dari WWE, sensus terakhir yang dilakukan pada 2014 menunjukkan bahwa jumlah panda raksasa hanya 1.864 ekor. Menghitung panda raksasa di alam liar pun bukan perkara mudah. Butuh perjuangan keras untuk melakukannya dan mendapatkan data terbaru.  

6. Upaya konservasi panda raksasa pun gencar dilakukan seluruh dunia

Kenapa Jumlah Panda Raksasa Sangat Sedikit? Ini 9 Penjelasan Para Ahliatgbcentral.com

Selain di alam liar, ada sekitar 250 panda raksasa di kebun binatang. Sebagian besar berada di China, mengingat habitat aslinya berada di sana. 

7. Kenapa panda raksasa sangat sedikit? Itu karena ulah manusia

Kenapa Jumlah Panda Raksasa Sangat Sedikit? Ini 9 Penjelasan Para Ahlilurer24.com

Di masa lalu, panda raksasa banyak diburu karena diincar bulunya. Tentu saja, perburuan dari tahun ke tahun mulai berkurang mengingat telah ada undang-undang dan kesadaran masyarakat akan pentingnya konservasi. 

8. Namun, masalah sekarang adalah ledakan populasi manusia di China sehingga terjadi banyak pembangunan dan penggundulan hutan

Kenapa Jumlah Panda Raksasa Sangat Sedikit? Ini 9 Penjelasan Para Ahlisquarespace.com

Banyaknya pembangunan dan penggundulan hutan mendorong banyak panda raksasa berpindah dari dataran rendah tempat mereka hidup dulu. Belum lagi adanya jalan dan rel kereta api. 

9. Beruntung konservasi membuahkan hasil

Kenapa Jumlah Panda Raksasa Sangat Sedikit? Ini 9 Penjelasan Para Ahlivoanews.com

Pemerintah China gak tinggal diam, mereka bersungguh-sungguh melakukan konservasi. Hingga akhirnya status panda raksasa yang awalnya “terancam punah” berubah menjadi “rentan”. Namun jangan senang dulu, upaya konservasi masih perlu terus dilakukan agar jumlah panda raksasa kembali normal seperti dulu kala.

Semoga saja konservasi panda raksasa dari tahun ke tahun makin membuahkan hasil. Gak hanya hewan populer seperti panda raksasa yang bertambah jumlahnya, namun hewan-hewan yang terancam punah lain pun semoga bisa segera menyusul.

Baca Juga: 11 Foto Menyedihkan Hewan-hewan yang Terancam Punah, Kasihan Banget

Topic:

  • Yudha
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya