Comscore Tracker

Gak Melulu Minum Air Putih, Ternyata Ini Asal-Usul dan Cara Mengatasi Cegukan!

Tanpa air putih, juga bisa...

Kamu pernah cegukan? Pasti rasanya tidak enak, ya?

Bayangkan kamu sedang asyik-asyiknya presentasi di depan teman-teman, cegukan muncul tiba-tiba. Sudah begitu, tidak hilang-hilang lagi! Konsentrasi berantakan, penonton pun kecewa.

Kalau kata nenek kakek, cegukan harus segera diobati dengan minum air putih. Tapi, apakah itu satu-satunya cara? Lalu, kenapa sih orang bisa cegukan? Tenang, kedua pertanyaan itu bakal terjawab di bawah ini!

Cegukan sebenarnya merupakan proses kontraksi diafragma yang berpengaruh pada pita suara. Ketika pita suara tertutup, muncullah suara ‘hik’.

Gak Melulu Minum Air Putih, Ternyata Ini Asal-Usul dan Cara Mengatasi Cegukan!woman.dk

Dalam dunia kedokteran, cegukan disebut juga dengan singultus. Gejala ini sebenarnya diawali dengan proses kontraksi diafragma (membran yang memisahkan rongga perut dan dada). Kontraksi tersebut berpengaruh pada pernapasan dan akhirnya membuat pita suara tertutup tiba-tiba. Dari situ, muncullah suara “hik” yang kamu sebut cegukan.

Cegukan bisa dipicu beberapa faktor. Eh, stres salah satunya lho!

Gak Melulu Minum Air Putih, Ternyata Ini Asal-Usul dan Cara Mengatasi Cegukan!whitepages.com

Biasanya, cegukan yang normal berlangsung sebentar. Pemicunya adalah makanan dan minuman yang masuk lewat mulut kita. Di antaranya adalah minuman panas, minuman soda, minuman beralkohol, makanan pedas, serta merokok.

Cara makan kita juga berpengaruh, lho! Kalau kita makan terlalu cepat dan bersemangat, potensi untuk cegukan juga besar. Pemicu lainnya lagi adalah perut yang kembung. Terakhir, emosi seperti stres, takut, dan gembira yang berlebih juga mampu mempengaruhi diafragmamu dan memicu cegukan lho! So, kontrol emosi kamu ya!

Baca Juga: 12 Jam Biologis yang Wajib Ditaati Supaya Badanmu Tetap Sehat

Supaya cegukan cepat hilang, tidak selalu dengan minum. Kamu bisa mengecap cuka atau menelan gula pasir!

Gak Melulu Minum Air Putih, Ternyata Ini Asal-Usul dan Cara Mengatasi Cegukan!realfoods.co.uk

Secara turun temurun, kita disarankan minum air putih supaya cegukan hilang. Beberapa orang mengatakan, cegukan bisa hilang kalau kita dibuat kaget. Sebagian lagi, memilih untuk membiarkan sampai cegukan hilang sendiri.

Mulai dari sekarang, kamu bisa mencoba cara baru agar cegukan lebih cepat hilang. Misalnya mengecap cuka, mengunyah dan menelan gula pasir, atau menggigit lemon. Jika tetap ingin menggunakan cara minum air putih, ambillah air yang dingin dan teguk secara perlahan.

Yang lebih mudah lagi, kamu bisa menahan napas dalam waktu yang relatif singkat atau bernapas di dalam kantung yang terbuat dari kertas. Jika sedang di rumah, kamu bisa membuat posisi telungkup untuk menekan dada ke lantai. Bisa juga berbaring atau duduk sambil kedua dengkul ke arah dada.

Jika cegukanmu tak kunjung hilang, coba segera periksakan ke dokter. Jangan-jangan ada masalah kesehatan yang harus kamu perhatikan.

Gak Melulu Minum Air Putih, Ternyata Ini Asal-Usul dan Cara Mengatasi Cegukan!oncologynews.com.au

Bila kamu terus-terusan cegukan, bahkan dalam jangka waktu harian, jangan diam saja. Segera periksakan pada dokter terpercaya. Cegukan yang berlarut-larut mungkin saja disebabkan oleh gangguan metabolisme, gangguan syaraf vagus, gangguan sistem syaraf, gangguan pernapasan, gangguan pencernaan, reaksi psikologi, hingga efek obat-obatan tertentu.

Gimana? Sudah lebih jelas kan sama gejala cegukan? Kalau cegukan kamu parah banget, jangan tunda-tunda kunjungan ke dokter ya!

Baca Juga: Gak Cuma Olahraga, Ini Daftar Makanan yang Pas Demi Hidup Sehat dan Bahagia!

Topic:

Berita Terkini Lainnya