Comscore Tracker

5 Fakta yang Perlu Kamu Ketahui tentang Semut Panda

Menggemaskan tapi mematikan

Di dunia ini, serangga khususnya semut menjadi salah satu hewan dengan jumlah dan variasi yang sangat beragam, tak jarang mereka pun mempunyai bentuk tubuh yang unik dan lucu. Salah satu spesiesnya yang unik dan lucu tersebut adalah seekor semut yang biasa disebut dengan "Semut Panda" (Euspinolia militaris).

Namun, jangan tertipu dengan penampilan menggemaskannya, Euspinolia militaris adalah sejenis tawon tidak bersayap dan memiliki sengatan yang kuat. Saking kuatnya, semut panda ini mampu untuk melumpuhkan seekor sapi. Berikut 5 fakta menarik tentang semut panda yang perlu kalian ketahui.

1. Aslinya adalah lebah

5 Fakta yang Perlu Kamu Ketahui tentang Semut Pandatandaseru.id

Semut panda sebenarnya adalah seekor lebah yang tak bersayap, disebut dengan semut panda karena warnanya yang sangat mirip dengan panda. Spesies semut ini memiliki perpaduan warna hitam dan putih di bagian tubuhnya. Namun jangan pernah berpikir kalau semut panda ini memiliki tingkah laku lucu seperti panda.

2. Cow killer

5 Fakta yang Perlu Kamu Ketahui tentang Semut Pandaagrotani.com

Sama dengan seekor lebah, semut panda ini juga memiliki sengatan, bahkan sengatan semut panda terkenal sangat amat mematikan. Karena sengatannya tersebut, semut panda juga kerap dijuluki sebagai "Cow Killer". Hal ini dikarenakan sengatannya tersebut mampu melumpuhkan seekor sapi.

3. Perbedaan dengan semut biasa

5 Fakta yang Perlu Kamu Ketahui tentang Semut Pandaboredpanda.com

Semut panda juga tidak memiliki perilaku seperti halnya seekor semut biasa. Mereka tidak memiliki tugas khusus seperti seekor ratu semut, semut pekerja dan lain-lain. Semut panda ini diketahui merupakan salah satu spesies yang tergabung dalam Famili Mutillidae. Mereka yang tergabung dengan famili ini biasanya memang memiliki kulit mirip beludru. Biasanya jika hewan dalam Famili Mutillidae kerap disebut dengan semut beludru.

4. Ditemukan di Chili

5 Fakta yang Perlu Kamu Ketahui tentang Semut Pandatheethogram.com

Semut panda pertama kali berhasil ditemukan oleh para peneliti pada tahun 1938 di Chili, Amerika Selatan. Semut yang biasanya hidup di pasir atau kerikil ini kini hanya bisa ditemukan di wilayah tropis terutama gurun seperti di Amerika Selatan bagian barat laut atau Meksiko.

5. Perbedaan jantan dan betina

5 Fakta yang Perlu Kamu Ketahui tentang Semut Pandatheactivetimes.com

Semut jantan pada famili ini biasanya memiliki sayap. Namun berbeda dengan semut betina, semut panda betina tidak memiliiki sayap. Selain itu, kenapa Famili Mutillidae disebut dengan semut? Hal ini dikarenakan tubuhnya yang tertutup lapisan mirip dengan rambut pada semut.

William Sanjaya Photo Verified Writer William Sanjaya

May all living beings be happy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya