Comscore Tracker

Ilmiah, Ini 8 Cara Ampuh Mendinginkan Rumah Tanpa AC

Nenek kakekmu lakukan, tapi mungkin tak paham ilmu sainsnya

Indonesia adalah negara yang terkenal akan panasnya karena berada di area tropis dan dilewati garis khatulistiwa. Rumahmu di siang hari dipastikan bagai neraka jika tidak memiliki air conditioner (AC). Apalagi jika kamu perlu untuk di rumah saja seharian, atau harus WFH, alias work from home. Padahal menggunakan air conditioner terus menerus juga tidak baik-baik amat untuk kesehatanmu.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk mendinginkan rumahmu secara alami tanpa menggunakan air conditioner. Jika kamu bertanya kenapa teknik-teknik ini mampu menurunkan suhu ruangan, itu karena teknik yang ditunjukkan dalam daftar ini didasari oleh ilmu sains.

1. Tutup tirai dan gorden rumahmu

Ilmiah, Ini 8 Cara Ampuh Mendinginkan Rumah Tanpa ACvideoblocks.com

Hal yang umum tentang hal ini, tapi apakah kamu tahu penjelasan ilmiahnya? Ketika kamu membuka jendelamu dengan kondisi tirai dan gorden tertutup, sebenarnya kamu telang menghindari efek rumah kaca. Hampir 30 persen panas datang dari kaca jendela, jadi dengan menutupnya lewat gorden dan tirai, panas tersebut akan memantul keluar dan menjaga rumahmu bersuhu rendah.

2. Membuka jendela dan pintu

Ilmiah, Ini 8 Cara Ampuh Mendinginkan Rumah Tanpa ACpeoplesuu.org

Alasannya mudah: untuk membiarkan sirkulasi udara berjalan di dalam rumahmu. Namun tidak serta merta semua pintu dan jendela dibuka. Pintu dan jendela yang sekiranya bakal membuat keluar angin serta terkena sinar matahari secara langsung perlu ditutup agar angin tersebut berkutat di dalam ruangan yang diinginkan.

Sebagai contoh kamu menginginkan ruangan tengahmu yang sejuk, maka kamu harus membuka pintu dan jendela yang berhubungan dengan luar dan menutup pintu yang menghubungkannya dengan ruangan lain.

3. Tambahkan semangkuk es di dekat kipas listrikmu

Ilmiah, Ini 8 Cara Ampuh Mendinginkan Rumah Tanpa ACbobvila.com

Jika kamu punya kipas listrik di rumahmu, cobalah untuk menaruh air es di depannya saat menyalakannya . Ini akan membuat kipas meniup halimun dingin dari air es yang menguap tersebut ketimbang hanya memutar ulang udara hangat.

4. Memutar kipas langit-langit secara terbalik

Ilmiah, Ini 8 Cara Ampuh Mendinginkan Rumah Tanpa ACthewirecutter.com

Terdengar aneh memang, tapi inti untuk membuat rumahmu dingin adalah membuang udara panas keluar. Ketimbang memutarnya searah jarum jam yang malah memasukkan udara hangat, lebih baik kamu memutarnya terbalik dengan tujuan udara tersebut keluar.

Baca Juga: Suhu Ruangan Berpengaruh Pada Produktivitas Kerja Lho, Ini Faktanya!

5. Menanam sejumlah tumbuhan

Ilmiah, Ini 8 Cara Ampuh Mendinginkan Rumah Tanpa ACin-cyprus.com

Kamu sudah diajarkan ini sejak SD bahwa tumbuhan mengeluarkan oksigen di siang hari dan hal itu benar-benar mampu membuat sejuk rumahmu. Bahkan beberapa tumbuhan seperti kaktus dan bromeliad mendapatkan air dari udara. Itu berarti tumbuhan ini mampu menyingkirkan kelembapan dari udara yang ada dalam rumahmu dan membuatnya lebih sejuk.

6. Mengecat tembok dan atapmu dengan warna tertentu

Ilmiah, Ini 8 Cara Ampuh Mendinginkan Rumah Tanpa ACagwilliamspainting.com

Warna tertentu menyerap panas lebih mudah, seperti hitam. Karena itu ada baiknya kamu mengecat tembok dan atap rumahmu dengan warna yang terang untuk memantulkannya.

Bahkan jika perlu kamu mengecatnya dengan cat spesial yang memiliki pigmen tertentu untuk menangkal radiasi sinar matahari. Ini mampu mengurangi suhu udara rumahmu mencapai 10 derajat celcius.

7. Basahi rumahmu

Ilmiah, Ini 8 Cara Ampuh Mendinginkan Rumah Tanpa ACdissolve.com

Air menyerap panas dan menguap, mendorong udara yang lebih dingin ke bawah. Fenomena ini digunakan dalam pengembangan sistem pendinginan dan hal ini bisa kamu manfaatkan untuk mengurangi panas dalam rumahmu. Gunakan semprotan air dalam skala kecil dan melebar, lalu semprotkan ke bagian yang sekiranya dilewati udara hangat.

8. Mematikan peralatan yang menghasilkan panas

Ilmiah, Ini 8 Cara Ampuh Mendinginkan Rumah Tanpa ACotravida.com

Ketimbang memasak menggunakan kompor, cobalah pergunakan microwave. Microwave tidak mengeluarkan panas sehingga tidak membuat udaramu panas. Atau cobalah memasak makanan seperti salad.

Percaya gak kalau sebenarnya teknik-teknik ini sudah dilakukan orang tuamu, bahkan kakek nenekmu sebelum air conditioner muncul? Mereka melakukannya, tetapi tidak paham mengapa bisa seperti itu. Sederhana bukan?

Baca Juga: 8 Tempat Terpanas di Planet Bumi, Suhunya Sampai 50 Derajat Lho!

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya