Comscore Tracker

8 Cara Mengusir Kecoak Bandel di Rumah, Ampuh dan Sederhana

Materialnya ada di sekitarmu, kok!

Kecoak adalah serangga menjijikkan yang sering mendiami rumahmu. Terlepas dari mereka yang hanya mencari makan, keberadaannya cukup meresahkan mengingat membuatmu cemas karena merasa geli dan jijik. Di sisi lain, keberadaan kecoak juga membuktikan rumahmu tidak cukup bersih.

Santai. Ada cara-cara mengusir kecoak yang tak diundang tersebut. Walau sederhana, cara-cara ini tergolong ampuh dan bisa menghilangkan kecemasanmu akan serangga itu untuk beberapa waktu. Berikut ini beberapa upaya yang bisa kamu lakukan.

1. Gunakan minyak esensial

8 Cara Mengusir Kecoak Bandel di Rumah, Ampuh dan Sederhanaisabellasclearly.com

Situs Livspace menyebutkan minyak esensial dengan bahan pepermin jitu mengusir kecoak. Caranya adalah membuat ramuan campuran minyak esensial pepermin. Campurkan minyak pepermin dengan sejumlah air garam, lalu semprotkan di area yang sering didatangi kecoak tersebut.

2. Pakai pembersih mulut

8 Cara Mengusir Kecoak Bandel di Rumah, Ampuh dan Sederhanatoothfairysmiles.com

Punya obat kumur di rumah? Kalau begitu kamu bisa menggunakannya untuk mengusir kecoak. Lifehack menuliskan dengan mencampurkan obat kumur itu dengan air serta cairan pembersih, lalu menyemprotkannya ke kecoak, mereka akan langsung pergi dan tidak datang kembali. Cairan ini juga berpotensi membunuh mereka.

3. Taburkan serbuk kopi

8 Cara Mengusir Kecoak Bandel di Rumah, Ampuh dan Sederhanamaterialdistrict.com

90 persen yakin kamu punya kopi bubuk di rumah. Bahan ini bisa kamu gunakan untuk mengusir kecoak. Dua cara mengusir: membuat jebakan atau menebarkannya. Jika membuat jebakan, buatlah kopi cair yang dimasukkan dalam botol.

Nanti kecoak akan mendatangi botol itu dan mencemplungkan dirinya ke sana. Jika hanya sekadar ingin mengusir, cukup taburkan bubuk kopi di area yang sering didatangi kecoak.

4. Manfaatkan silica gel dari barangmu

8 Cara Mengusir Kecoak Bandel di Rumah, Ampuh dan Sederhanauskoplje.info

Kamu paham silica gel digunakan sebagai pengawet barang ataupun makanan. Yang tidak kamu ketahui ternyata silica gel berguna mengusir kecoak. Pertama harus kamu lakukan adalah membuka silica gel dari bungkusnya dan mencampurkannya dengan gula. Setelah itu, sebarkan di sudut rumah. Kecoak yang melewatinya akan mati.

Baca Juga: Eits Jangan Benci Dulu! Ini Lho 4 Fungsi Keberadaan Kecoak di Bumi

5. Belilah kapur barus

8 Cara Mengusir Kecoak Bandel di Rumah, Ampuh dan Sederhanahealthyliving.natureloc.com

Tak hanya untuk tidak membuat apak pakaianmu, kapur barus bisa mengusir kecoak. Jika kamu tidak mau repot, beli saja kapur barus lalu sebar di area yang sering didatangi kecoak. Tapi, ingat. Jika di rumahmu ada anak kecil, berhati-hatilah mengingat ada potensi kapur barus itu dijadikan makanan olehnya.

6. Bubuk soda kue bisa membunuh mereka

8 Cara Mengusir Kecoak Bandel di Rumah, Ampuh dan Sederhanahealthline.com

Punya bubuk soda kue atau baking soda? Coba campurkan itu dengan gula dan taruh di suatu tempat terbuka. Memang, kecoak akan mendatangi serbuk itu, tetapi mereka juga akan mati karenanya. Jika kamu lebih memilih membasmi, maka cara ini efektif untukmu.

7. Beli penjebak dan pengusir kecoak

8 Cara Mengusir Kecoak Bandel di Rumah, Ampuh dan Sederhanaherbalbreastenhancement.org

Jika kamu tidak menyukai cara-cara do it yourself ini, maka baiknya kamu langsung membeli pengusir kecoak di swalayan. Ada beragam jenisnya. Mulai dari kapur, semprotan, hingga jebakan, pilih yang kamu inginkan.

8. Sering-sering bersihkan rumahmu

8 Cara Mengusir Kecoak Bandel di Rumah, Ampuh dan Sederhanagoodhousekeeping.com

Tadi sudah dikatakan kalau kecoak juga bisa jadi indikasi rumahmu itu kotor. Jawabannya berarti mudah: kamu harus sering membersihkan rumah. Jangan biarkan piring kotor menumpuk, biasakan tiap hari untuk menyapu dan mengepel lantaimu, dan lain hal. Kuncinya adalah kebersihan rumahmu.

Sebenarnya kecoak itu tidak bisa kamu pisahkan dari kehidupanmu. Di mana pun, kapan pun, kamu pasti akan menemui mereka. Yang tidak masuk akal adalah jika penghuni kegelapan itu muncul dalam jumlah banyak di rumahmu. Perhatikan baik-baik apa yang menyebabkan datang dan dari situ kamu bisa mengambil jalan keluar.

Baca Juga: Selalu Tinggal Bersamamu, Ini 9 Rahasia Kehidupan Kecoak

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya