Comscore Tracker

Bagi yang Mencoba untuk Relaks, Bisa Dengarkan 5 Lagu Menenangkan Ini

Gak ada lagu populernya lho, karena ini lagu meditasi semua

Apakah kamu pernah mendengar tentang terapi suara di mana kamu mendapatkan terapi dengan mendengarkan musik atau suara yang menenangkan? Itu salah satu bukti bahwa suara yang kita dengar dapat berpengaruh pada kesehatan kita dan sebenarnya dapat pula kamu arahkan sendiri.

Namun tentu saja tidak semua musik dan suara dapat membantu. Ada beberapa jenis yang sebaiknya kalian dengar jika benar-benar ingin mencoba manfaatnya. Ini dia musik-musik yang dimaksud.

1. Musik klasik

https://www.youtube.com/embed/VB6SIKl8Md0

Menurut sebuah studi, musik klasik menunjukkan adanya kemampuan untuk meningkatkan koneksi sinaptik di kepala anak-anak. Hal itu membuat mereka lebih kreatif dan meningkatkan sukacita mereka ketika tumbuh dewasa. Musik klasik bahkan dapat membantu menyembuhkan gangguan-gangguan tubuh seperti tekanan darah tinggi dan tegang otot.

2. Bersenandung

https://www.youtube.com/embed/ZuP02g80x2o

Memang tidak bisa dianggap menyanyi, namun bersenandung mampu meningkatkan semangat serta melepaskan diri dari beban pikiran. Hasil riset yang dilakukan oleh ilmuwan Swedia menyatakan lebih jauh bahwa bersenandung juga dapat membuat sinusmu tetap bersih dan sehat. Laporan itu terdapat pada American Journal of Respiratory and Critical Care Medicine.

Baca Juga: 9 Pose Yoga Ini Aman dan Paling Cocok untuk Ibu Hamil

3. Singing bowl

https://www.youtube.com/embed/yEP2YrD-dyY

Penjelasan paling mudahnya ini adalah suara-suara yang datang mangkok-mangkok logam. Suaranya serupa dengan gong atau gamelan, namun tidak memiliki irama. Umumnya untuk mengeluarkan suaranya adalah mengelus ujung mangkok dan memukulnya.

Hal ini biasa digunakan untuk meditasi karena memproduksi suasana yang tenang. Mengikuti suara yang dikeluarkan dari mangkok, getaran dan nadanya melambatkan pernapasan, gelombang otak serta detak jantung.

4. Garpu tala

https://www.youtube.com/embed/IrxR61PsKfo

Pada dasarnya garpu ini digunakan sebagai properti instrumen untuk mengatur nada serta pendeteksi keretakan tulang oleh para ortopedis. Namun sekarang, getaran yang dihasilkan garpu tala tersebut dipakai oleh para terapi suara untuk meningkatkan penghantaran energi kepada bagian tubuh yang sedang tahap pemulihan. Getarannya menghasilkan suasana yang cocok untuk relaksasi, menyeimbangkan kembali sistem saraf serta meningkatkan energi fisik.

5. Nyanyian yoga dan “om”ing

https://www.youtube.com/embed/LV5NpNbpRwg

Bernyanyi merupakan salah satu bagian dari yoga untuk menjaga kesehatan dan kesadaran diri. Riset menunjukkan nyanyian spiritual dapat menstablikan detak jantung, merendahkan tekanan darah, meningkatkan sirkulasi, memproduksi endorfin dan meningkatkan proses metabolisme.

Nyanyian spiritual juga membuat diri dapat fokus yang menurunkan tingkat stress. Di dalam kelas yoga mengeluarkan suara “om” menjadi sebuah mantra ampuh untuk mendapatkan mental yang stabil.

Nah, kalau kamu sedang ingin fokus belajar atau mau tidur terlelap, kalian bisa coba lagu-lagu di atas. Dijamin kalau gak fokus, ya pasti ketiduran.

Baca Juga: Serupa Tapi Tak Sama, Ini 5 Perbedaan Utama Yoga dan Pilates

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Just For You