Comscore Tracker

8 Hal yang Akan Kita Alami jika Ada Titan di Dunia Nyata

Yang pasti kamu akan mengalami syok berat

Lagi ramai anime Shingeki No Kyojin ya mengingat anime itu bakal mencapai titik puncaknya dalam waktu dekat ini. Lebih dari sekedar fiksi, kisah tragedi sekaligus politik menjadi poin utama karya Hajime Isayama tersebut, membuat topik Attack on Titan hangat diperbincangkan.

Tentu yang menarik perhatian adalah bagaimana para raksasa atau Titan menyerbu manusia, membunuh, dan memakannya. Digambarkan situasi itu benar-benar merupakan neraka yang terus berulang tanpa henti.

Bayangkan saja jika itu terjadi di dunia nyata, pastinya akan ada situasi kacau yang tidak bisa kamu pahami atau sangat kamu bingungkan. Kurang lebih seperti ini sih kondisinya.

1. Kamu bakal diam, tak bisa bergerak ketika melihat Titan menyerang

8 Hal yang Akan Kita Alami jika Ada Titan di Dunia NyataKodansha/Shingeki no Kyojin

Mari kita mulai dari momen Eren dan kawan-kawan menemui Titan untuk pertama kalinya, yaitu saat Titan kolosal menjebol dinding Maria. Layaknya yang diekspresikan Eren kecil, kamu pasti akan terdiam menatap kehadiran Titan kolosal itu untuk beberapa menit sebelum lari. Itu dikarenakan kamu mengalami syok.

Syok terjadi pada dirimu karena otak mencoba menerjemahkan apa yang terjadi pada saat itu. Semuanya berubah dalam sekejap, dari situasi damai menjadi tidak terkontrol dengan banyak mayat bergelimpangan di mana-mana. Perlu diketahui saja, otak pun membutuhkan waktu untuk memproses apa yang kamu lihat. Jadi tidak mengagetkan bila ini terjadi.

2. Saat kamu tersadar dan sudah bisa bergerak, kamu akan melihat kepanikan di mana-mana

8 Hal yang Akan Kita Alami jika Ada Titan di Dunia NyataKodansha/Shingeki no Kyojin

Bisa-bisa situasi “lumpuhmu” tersebut bertahan hingga lima menit. Kamu baru benar-benar bisa bergerak setelah tertabrak orang yang berlari atau saat temanmu menyadarkanmu. Pada saat ini, kamu akan tersadar bahwa kondisi sekitarmu kacau.

Orang-orang lari berhamburan ke mana-mana. Mereka tidak menghiraukan satu sama lain dan kamu pun bisa jadi terbawa oleh kepanikan masal tersebut. Di saat yang bersamaan, kamu bisa melihat pemandangan bagaimana Titan memakan orang-orang atau meremukkan mereka.

3. Macet di mana-mana dan alat komunikasi sulit digunakan

8 Hal yang Akan Kita Alami jika Ada Titan di Dunia NyataSunday GX Comics/Zombie 100

Percayalah, kamu tidak akan mau melarikan diri menggunakan mobil atau motor lantaran jalanan pasti macet tidak bisa bergerak. Kemacetan itu terjadi karena berbagai hal. Mulai dari adanya kendaraan yang sudah ditinggalkan pemiliknya sampai ada tabrakan yang menghalangi jalan raya.

Di sisi lain, kamu pasti akan mulai memikirkan keluarga dan kerabatmu. Kamu pun akan mulai mengontak mereka, namun itu akan sangat sulit, karena semua orang berpikiran sama, sehingga jalur komunikasi penuh. Besar kemungkinan pula perusahaan provider telekomunikasi dan segala fasilitasnya sudah hancur lebur, tidak bisa lagi memberikan layanan.

4. Dalam waktu beberapa menit pasukan militer akan mulai menuju ke lokasi kejadian (selama mereka tidak diserang)

8 Hal yang Akan Kita Alami jika Ada Titan di Dunia NyataKodansha/Shingeki no Kyojin

Pastinya kepanikan masal ini akan diketahui oleh pasukan militer serta aparat yang ada di dekat lokasi. Mereka pasti akan segera mengabarkan informasi tersebut kepada markasnya dan sesegera mungkin mengambil tindakan.

Masyarakat akan segera dievakuasikan dan pihak militer pun mulai lakukan serangan balik untuk bertahan. Dipastikan persenjataan kelas berat, seperti tank, akan dikeluarkan semua.

Diperkirakan tindakan ini bisa muncul 15 hingga 30 menit paska kejadian. Namun waktu singkat itu bisa terjadi dengan satu syarat: markas militer juga tidak ikut diserang Titan.

Jika di saat bersamaan mereka juga diserang, maka jelasnya militer akan berfokus dahulu pada serangan tersebut sebelum menyelamatkanmu. Yang berarti kemungkinan kamu selamat menjadi lebih kecil karena kamu tidak tahu harus evakuasi ke mana dan apa yang harus kamu lakukan.

Baca Juga: 7 Peristiwa Sejarah Ini Nyaris Memusnahkan Manusia, Seperti Kiamat!

5. Petugas lain, seperti pemadam kebakaran dan medis mulai turun ke jalan

8 Hal yang Akan Kita Alami jika Ada Titan di Dunia NyataFuji TV/Tokyo Magnitude 8.0

Bersamaan dengan kehadiran polisi dan tentara, kamu juga akan mulai melihat pemadam kebakaran dan medis berhamburan di jalan. Mereka mencoba membantu dengan cara merawat masyarakat yang terluka, mengarahkan orang-orang ke lokasi evakuasi, hingga menyelamatkan mereka yang terjebak dalam bangunan yang telah dihancurkan Titan.

6. Kamu akan mendengar suara pesawat jet dan ledakan

8 Hal yang Akan Kita Alami jika Ada Titan di Dunia NyataKodansha/Shingeki no Kyojin

Tidak seperti kisah Attack on Titan, militermu tidak akan menggunakan pedang serta mesin manuver vertikal. Malahan mereka akan menggunakan pistol dan senapan lainnya. Itu berarti kamu akan mulai mendengar suara tembakan di mana-mana diikuti ledakan-ledakan dari granat dan mungkin juga tembakan tank.

Jika ada markas angkatan udara, maka beberapa saat kemudian kamu akan mulai mendengar raungan mesin jet yang diikuti tembakan misil. Arah suara itu pastinya akan terdengar di tempat kemunculan Titan kolosal mengingat pastinya serbuan itu diupayakan untuk menghardik Titan kolosal.

Kalau posisimu di luar, bisa jadi pula kamu akan menyaksikan aksi pasukan penerjun payung yang mencoba menyerang Titan kolosal. Mereka akan sebisa mungkin mendarat di tubuh besar Titan itu untuk menyematkan bom dan berbagai senjata lainnya ke tubuh raksasa tersebut.

7. Seharusnya serangan Titan akan berakhir dalam sekejap. Tetapi jika tidak, malam pertama itu akan jadi malam paling mencekam

8 Hal yang Akan Kita Alami jika Ada Titan di Dunia Nyatatwitter.com/aotwiki

Kondisi dunia nyata jauh berbeda dengan dunia di anime atau manga Attack on Titan. Senjata kita sudah sangat modern dan cepat diluncurkan, sehingga harusnya akan cepat melumpuhkan para Titan. Sekalipun mereka punya kemampuan beregenerasi, serangan bertubi-tubi pasti akan menghentikan dan memusnahkan mereka. Itu berarti serangan Titan akan berakhir dalam satu hari itu saja.

Ini bisa terjadi apabila: 1. Jumlah Titan yang menyerang tidak terlalu banyak, 2. Tidak ada Titan spesial yang mampu mengorganisir serangan. Jika ini tidak bisa dituruti, pertempuran dipastikan akan terjadi sampai matahari terbenam dengan jumlah korban yang sudah tidak bisa dihitung.

Saat malam hari, di tempat evakuasimu, kamu akan merasakan kesunyian malam, mengingat banyak Titan tidak bergerak tanpa cahaya matahari dan orang-orang pun syok dengan kejadian hari itu. Pihak militer pun juga beristirahat demi memulihkan tenaga dari pertempuran tadi dan bersiap untuk esoknya. Namun tetap suasana malam hari itu akan tetap mencekam.

8. Efek serangan Titan akan berkepanjangan

8 Hal yang Akan Kita Alami jika Ada Titan di Dunia NyataKodansha/Shingeki no Kyojin

Walaupun terjadi dalam satu hari, namun dampak kerusakan serangan Titan akan sangat besar. Bangunan runtuh tak karuan, fasilitas tak mampu digunakan, perekonomian terluka.

Kamu pun bahkan bisa sulit mencari makanan di beberapa hari ke depan jika negara tidak menyediakan ransum. Akan ada banyak trauma yang kamu rasakan dan efeknya akan sampai di beberapa tahun ke depan.

Dari sini seharusnya kamu sudah bisa membayangkan seperti apakah yang dirasakan Eren dan kawan-kawannya saat serangan Titan dimulai. Mengerikan ya? Untungnya Titan hanyalah kisah fiksi belaka dan tidak ada di dunia nyata. 

Baca Juga: Sempat Bikin Heboh, Ini 5 Prediksi Kiamat Ini Ternyata Tidak Terbukti

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya