Comscore Tracker

7 Hewan Ini juga Punya Rasa Humor, Bisa Ketawa meskipun Kita Gak Sadar

Hewan juga punya beragam emosi layaknya manusia...

Siapa pun yang memiliki hewan peliharaan pasti memahami bahwa hewan dapat memiliki kehidupan emosional yang beragam. Layaknya manusia, mereka juga bisa merasakan kesedihan, rasa bersalah, kegembiraan, hingga kemarahan. Kini, para ilmuwan percaya kalau sebenarnya banyak hewan di dunia ini yang memiliki rasa humor.

Cara hewan tertawa pun beragam, bisa dengan menunjukkan ekspresi muka yang usil serta mengeluarkan suara cekikikan seperti tertawa. Berikut beberapa hewan yang punya rasa humor, mereka juga bisa ketawa kayak manusia!

1. Simpanse

7 Hewan Ini juga Punya Rasa Humor, Bisa Ketawa meskipun Kita Gak Sadarunsplash.com/Margaux Ansel

Melansir National Geographic, simpanse menjadi salah satu hewan yang bisa tertawa. Pada tahun 2009, seorang psikolog di University of Portsmouth Marina Davila Ross melakukan eksperimen di mana ia menggelitik simpanse yang masih bayi dan remaja. Mereka pun meresponsnya dengan tawa yang secara teknis disebut 'vokalisasi yang dihasilkan dari gelitik'.

Kemudian, ada juga penelitian yang diterbitkan di PLOS ONE yang menunjukkan bahwa simpanse memperlihatkan wajah tertawa sembari tersenyum. Tak jarang simpanse turut memamerkan giginya ketika tertawa.

2. Lumba-lumba

7 Hewan Ini juga Punya Rasa Humor, Bisa Ketawa meskipun Kita Gak Sadarsciencemag.org

Sejak dulu lumba-lumba begitu dicintai manusia karena kecerdasan dan emosional yang mereka punya. Usut punya usut, lumba-lumba juga bisa tertawa. Peneliti kelautan di Swedia mengatakan mereka mengandalkan tawa untuk bersosialisasi, demikian dilaporkan oleh Ranker

Umumnya tawa lumba-lumba terdengar ketika mereka sedang terlibat dalam perkelahian. Kalau mereka tertawa, itu artinya perkelahian mereka hanya sebatas bercanda sehingga tidak mengancam kelompok lumba-lumba lain.

3. Tikus

7 Hewan Ini juga Punya Rasa Humor, Bisa Ketawa meskipun Kita Gak Sadarpexels.com/Alexas Fotos

Track record tikus sebagai hewan memang jarang dipandang baik oleh manusia. Mereka sangat terkenal sebagai hama yang ngeselin dan tak jarang menggerogoti kabel. Kendati begitu, manusia tetap perlu berterima kasih kepada tikus karena hewan inilah yang paling sering dijadikan bahan eksperimen oleh para ilmuwan.

Studi menunjukkan bahwa tikus dapat mengeluarkan semacam tawa ketika terlibat dalam permainan atau digelitik. Vokalisasi ultrasonik ini tidak terdengar oleh telinga manusia, tetapi bagi sesama tikus tentu bisa mendengarnya. 

4. Gorila

7 Hewan Ini juga Punya Rasa Humor, Bisa Ketawa meskipun Kita Gak Sadarunsplash.com/Amy Reed

Gorila telah diamati selama bertahun-tahun dan mereka selalu mengeluarkan suara terengah-engah seperti tertawa, terutama ketika terlibat dalam permainan. Contohnya adalah Koko, si gorila yang sempat viral karena mampu berkomunikasi melalui bahasa isyarat. Dirinya kerap mematahkan berbagai lelucon yang sedang dibuat oleh orang-orang yang mengurusnya, dan Koko menganggap itu lucu!

5. Anjing

7 Hewan Ini juga Punya Rasa Humor, Bisa Ketawa meskipun Kita Gak Sadarvanillapup.com

Terlepas dari sifatnya yang galak, anjing juga bisa menjadi hewan yang sangat lucu dan menggemaskan. Anjing memiliki banyak suara yang bisa dimainkan, seperti menggonggong, menggeram, dan terengah-engah. Namun, mereka sering mengeluarkan suara yang mengindikasikan kalau mereka ingin bersenang-senang, salah satunya adalah suara tertawa. 

6. Orang utan

7 Hewan Ini juga Punya Rasa Humor, Bisa Ketawa meskipun Kita Gak Sadarcnn.com

Kelihatannya orang utan selalu tertawa ketika mereka sedang bermain-main, apalagi kalau lawan mainnya adalah manusia. Selain itu, orang utan juga senang melakukan hal usil pada manusia karena baginya itu merupakan sesuatu yang lucu. Buktinya adalah ketika mereka mengunci atau meludahi manusia, orang utan pasti akan tertawa sambil tepuk tangan setelahnya.

7. Gajah

7 Hewan Ini juga Punya Rasa Humor, Bisa Ketawa meskipun Kita Gak Sadarnbcnews.com

Gajah sering mengeluarkan suaranya yang mirip trompet itu ketika sedang bersosialisasi. Suara itulah yang dianggap oleh para peneliti sebagai tawa. Tawa menjadi salah satu elemen penting bagi gajah yang sedang bermain, apalagi gajah tidak pernah berhenti bermain meskipun sudah melalui fase kanak-kanak.

Mungkin mendengar istilah gajah bermain adalah sesuatu yang sepele. Namun, para peneliti menemukan kalau gajah yang sering bermain cenderung tumbuh menjadi pemimpin, lebih populer, dan mampu bertahan hidup dalam segala kondisi.

Itulah beberapa hewan yang bisa tertawa seperti manusia. Kamu sendiri pernah gak menyaksikan hewan sedang tertawa?

Baca Juga: 10 Hewan yang Keberadaannya Merusak Bumi, dari Gajah hingga Kucing

Topic:

  • Adhyasta Dirgantara
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya