TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

[VIDEO] PM.AM Ep 3: Belajar Cara Melihat Hantu Bersama GPC di Rumah Hantu Darmo

Kamu juga bisa mendengar mereka

IDN Times/Michael Prayogo

Kembali lagi dalam ulasan PM.AM episode ketiga! PM.AM adalah program eksklusif IDN Times yang menguak fakta tempat-tempat, yang dikabarkan di jagat dunia maya punya, banyak kisah paranormal. Di episode ketiganya ini, tim PM.AM mengunjungi Rumah Hantu Darmo yang penuh dengan kisah mistis berbeda-beda.

Yang spesial dari episode ini adalah keikutsertaan Ghost Photography Community (GPC) dalam eksplorasi, sambil mengajarkan tim PM.AM untuk “memfoto” hantu. Apa saja yang tim PM.AM dapatkan di sana? Simak selengkapnya di video berikut:

1. GPC adalah komunitas berburu foto hantu yang menggunakan pendekatan ilmiah, tidak ada campur tangan urusan klenik

IDN Times/Michael Prayogo

GPC berdiri sejak tahun 2013. Sementara itu, GPC regional Surabaya baru resmi berdiri tahun 2017 lalu. Anggota GPC terdiri dari berbagai latar belakang dan kegiatan yang mereka lakukan seluruhnya murni berdasarkan hobi, juga tidak berbayar. GPC melakukan aktivitas perburuan foto hantunya setiap setidaknya sebulan sekali.

Baca juga: [VIDEO] PM.AM Ep 1: Eksplorasi Hotel Niagara Malang yang Penuh Kisah Mistis

2. Menurut penjelasan GPC, hantu memang gak bisa ditangkap mata manusia biasa, tapi ada cara melihat dan mendengarnya

IDN Times/Michael Prayogo

Hantu tidak bisa ditangkap oleh mata manusia biasa karena wujud visualnya berada di bawah sinar infra merah. Dengan kata lain, spektrum radiasi gelombang elektromagnetik hantu berada di tingkat terendah dari inframerah. Sedangkan indera pengelihatan manusia pada dasarnya hanya bisa melihat spektrum dari warna merah hingga ungu. Spektrum di luar spektrum normal tersebut hanya dapat dilihat dengan menggunakan alat bantu.

IDN Times/Michael Prayogo

Selain itu, manusia pada umumnya juga tidak dapat mendengar suara hantu. Karena frekuensi audio hantu berada pada tingkat very low frequency, yaitu sekitar 1-2 Heartz. Frekuensi tersebut berada di bawah frekuensi audio yang dapat didengar oleh manusia, yaitu 20 Hz-22 kHz.

Baca juga: [VIDEO] PM.AM Ep 2: Membuktikan Kabar Kengerian Museum Kesehatan di Surabaya

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya