TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Ajaib, Ini yang Akan Terjadi Jika Nitrogen Cair Nempel dengan Tangan!

Wow, bisa begitu ya!

dailygeekshow.com

Nitrogen cair sering digunakan dalam berbagai keperluan terutama ketika berhubungan dengan membekukan objek secara instan. Nitrogen cair juga sering digunakan dalam eksperimen komersial yang ditampilkan di berbagai video media sosial karena efeknya yang nampak memuaskan.

Ternyata seorang peneliti melalui akun YouTube NurdRage, memasukkan tangannya sementara secara langsung ke nitrogen cair tapi gak mengalami cedera apapun. Ternyata itu karena adanya efek Leidenfrost. Apa sih itu? Yuk, cari tahu di sini!

1. Efek Leidenfrost adalah formasi dari pembatas gas di antara permukaan panas dan cairan mendidih jika perbedaan temperaturnya cukup besar

Pembatas gas ini dengan kuat memperlambat transfer panas di antara keduanya dan membuat cairannya bertahan lebih lama, selain itu secara konsekuen juga membuat permukaan panasnya tetap panas lebih lama.

Baca Juga: Ini 5 Hal yang Akan Terjadi Kalau Kamu Minum Air Putih Segalon Sehari

2. Efek Leidenfrost ini bisa terlihat di wajan yang seiring sedang dipanaskan

Pertamanya air di dalamnya akan dengan cepat mendidih saat dituangkan, tapi pada saat temperaturnya cukup panas, efek Leidenfrost akan mengambil alih dan membuat airnya "berkeliling" di permukaannya dalam waktu lama.

3. Efek Leidenfrost harus muncul untuk menyeimbangkan perbedaan temperatur yang bisa menimbulkan efek instan

Jika gak ada efek leidenfrost, kemungkinan apa yang akan terjadi terhadap tangan si peneliti akan sangat fatal. Terutama akan berdampak pada pembuluh darah yang mengerut drastis tiba-tiba.

Baca Juga: Duh, Seram! Ini yang Akan Terjadi Kalau Bumi Tiba-tiba Berhenti Berputar

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya