TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Cara Menanam Sukulen yang Menarik untuk Tanaman Hias Indoor

Pemula juga bisa banget, lho!

ilustrasi tanaman hias sukulen (pixabay.com/tylost)

Sukulen merupakan suatu kelompok tanaman yang memiliki ciri khas sama, yakni mampu bertahan hidup dalam kondisi kekeringan. Mereka memiliki struktur unik yang dicirikan dengan daun-daun dan batang yang menebal untuk menyimpan cadangan airnya. Hal inilah yang kemudian membuat sukulen memiliki tampilan yang menarik dan atraktif dan banyak dicintai sebagai tanaman hias.

Kaktus, lidah buaya, Echeveria, tanaman giok, ekor burro (Sedum morganianum), Euphorbia, dan Agave adalah beberapa contoh tanaman sukulen yang sangat populer. Mereka biasanya dijadikan hiasan dalam ruangan yang apik.

Nah, jika kamu suka mengoleksi dan ingin memperbanyaknya, inilah panduan cara menanam sukulen yang harus kamu ketahui.

Baca Juga: 12 Tanaman Sukulen yang Paling Mudah Dirawat, Segera Miliki!

Persyaratan tumbuh tanaman sukulen

ilustrasi perawatan tanaman (pexels.com/ROCKETMANN TEAM)

Sukulen tergolong tanaman yang mudah untuk ditanam dan tidak membutuhkan perawatan yang ekstra. Ia tumbuh baik di dalam atau di luar ruangan, bahkan pada terarium. Secara umum, kebutuhan tumbuh sukulen meliputi:

  • Cahaya terang setidaknya 6 jam sehari. Terlalu banyak sinar matahari dapat menghanguskan daunnya.
  • Media pertumbuhan harus bersifat porous, tidak menahan air.
  • Selama musim kemarau, sukulen harus disiram. Teknik penyiraman terbaik adalah menunggu tanah hingga benar-benar kering, kemudian menyiramnya dalam-dalam. Sedangkan saat musim dingin, kurangi penyiraman. Terlalu banyak penyiraman dapat menyebabkan busuk akar.
  • Jika ingin menumbuhkannya dalam waktu yang lama, kamu bisa memberinya pupuk tanaman hias selama masa aktif pertumbuhannya, yaitu pada musim semi hingga musim panas. Ini bisa dilakukan sekitar setahun sekali.

Baca Juga: Cara Menanam Bunga Kemuning untuk Tanaman Hias Eksotis

Verified Writer

Dwi wahyu intani

@intanio99

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya