Comscore Tracker

Mengerikan! Ini 5 Hal yang akan Terjadi Jika Bom Nuklir Diledakkan

Duh, semoga jangan sampai ada perang nuklir, ya!

Senjata nuklir dapat dikatakan sebagai senjata pamungkas terhebat yang dimiliki manusia saat ini. Bayangkan saja, hanya dengan memiliki teknologi persenjataan nuklir yang mutahkir, sebuah negara dapat bertransformasi menjadi kekuatan dunia yang tentunya ditakuti oleh negara-negara lainnya.

Akan tetapi, dengan kehebatan senjata nuklir juga turut mengundang sejumlah kontroversi. Ada banyak organisasi di dunia ini yang menolak dengan keras dan meminta untuk menghentikan pengembangan senjata nuklir demi kelangsungan masa depan.

Lantas apa, sih bahaya dari senjata nuklir ini yang setiap ada berita uji cobanya dapat menghebohkan dunia? Berikut ini sejumlah dampak yang akan langsung dirasakan oleh manusia ketika sebuah nuklir diledakkan di dekat mereka!

1. Zona ledakan yang bakal luluh lantak

Mengerikan! Ini 5 Hal yang akan Terjadi Jika Bom Nuklir DiledakkanPixabay.com/AlexAntropov86

Hal pertama yang akan terjadi ketika sebuah bom nuklir dijatuhkan di suatu tempat adalah ledakan yang akan menghancurkan segala sesuatu yang ada di bawahnya.

Menurut laman Futurism, zona ledakan utama atau yang dinamai fireball ini memiliki radius 0.56 mil jika besar ledakan mencapai 150 kiloton. Zona ini ditandai dengan adanya nyala api super panas yang akan menghancurkan bangunan, benda, maupun makhluk hidup yang ada di bawahnya. Dapat dipastikan bagi manusia yang berada dalam zona ini tidak akan selamat dari dampak langsung ledakan nuklir ini.

2. Zona radiasi yang akan membunuh banyak kehidupan di sekitarnya

Mengerikan! Ini 5 Hal yang akan Terjadi Jika Bom Nuklir DiledakkanPixabay.com/Yuri_B

Senjata nuklir mengandung sejumlah radiasi yang sangat intens yang terdiri atas berbagai zat berbahaya yang akan lepas ke udara begitu efek ledakan berakhir.

Radiasi yang terlempar ke udara tersebut dapat menimbulkan berbagai dampak. Disebutkan pada laman International Campaign to Abolish Nuclear Weapon (ICANW), radiasi yang dihasilkan oleh ledakan nuklir dapat membunuh atau membuat tubuh manusia yang terpapar menjadi panas. Diperkirakan sekitar 50 persen atau lebih manusia akan mati jika berada di zona ini dalam kurun waktu beberapa hari atau minggu.

Baca Juga: 5 Negara Ini Jadi Pemilik Senjata Mematikan, Termasuk Nuklir

3. Ledakan udara yang akan menyapu bangunan dalam radius yang lebih jauh dari zona ledakan

Mengerikan! Ini 5 Hal yang akan Terjadi Jika Bom Nuklir DiledakkanPixabay.com/WikiImages

Sama halnya dengan ledakan bom biasa, ledakan nuklir juga akan menghasilkan ledakan udara atau shockwave yang akan menyapu apapun yang berada di radiusnya dengan hempasan angin yang sangat cepat.

Efek langsung yang dapat dirasakan bagi daerah yang terdampak ledakan udara ini adalah robohnya bangunan, gendang telinga pecah, hingga kerusakan paru-paru. Akan tetapi, efek dari ledakan udara ini hanya akan dirasakan oleh orang-orang yang berada di atas permukaan tanah, sehingga bagi orang yang bersembunyi di dalam ruang bawah tanah tidak akan mengalami dampak ini.

4. Thermal radiation, panas ekstrem yang bisa membakar apapun dalam radius yang sangat luas

Mengerikan! Ini 5 Hal yang akan Terjadi Jika Bom Nuklir DiledakkanPixabay.com/TheDigitalArtist

Mirip dengan efek ledakan, namun dengan dampak yang lebih kecil dan lebih luas jangkauannya. Dampak langsung yang ditimbulkan oleh ledakan nuklir adalah radiasi suhu panas atau thermal radiation.

Daerah yang terdampak thermal radiation akan diselimuti oleh cahaya ultraviolet yang akan membakar siapapun dalam radius cahayanya. Lebih lanjut, efek pada kulit adalah luka bakar tingkat tiga yang meluas ke seluruh lapisan kulit yang sering kali tidak menimbulkan rasa sakit karena ia menyerang saraf rasa sakit, namun tetap meninggalkan bekas luka atau cacat yang sangat berbahaya.

5. Masalah kesehatan manusia dan pencemaran lingkungan dalam jangka waktu panjang

Mengerikan! Ini 5 Hal yang akan Terjadi Jika Bom Nuklir DiledakkanPixabay.com/FreeCreativeStuff

Tak hanya menyimpan bahaya instan, bom nuklir juga menyimpan sejumlah dampak jangka panjang yang kemudian menjadi sebuah kontroversi bagi seluruh negara di dunia.

Efek jangka panjang dari ledakan nuklir adalah masalah kesehatan berkepanjangan dan kehancuran lingkungan sekitar. Sebagian besar orang yang terpapar radiasi tidak akan bertahan, sedangkan yang selamat akan terkena berbagai penyakit mematikan seperti kanker. Selain itu, kerusakan genetik juga akan terjadi yang pada akhirnya akan menimbulkan kecacatan bagi yang terpapar langsung maupun keturunannya.

Sedangkan untuk kerusakan lingkungan, daerah yang terkena radiasi nuklir tidak akan bisa dihuni oleh makhluk hidup dalam jangka waktu puluhan, bahkan ratusan tahun. Perubahan iklim pun dapat terjadi seketika selepas ledakan terjadi.

Itu dia 5 hal yang akan terjadi jika terjadi ledakan bom nuklir. Mengerikan bukan? Semoga saja perang nuklir tidak akan pernah terjadi atau bahkan senjata nuklir benar-benar dilarang agar kita tidak perlu menghadapi kemungkinan terburuk seperti yang disebutkan di atas, ya!

Baca Juga: Jika Terjadi Radiasi Ledakan Nuklir, 5 Hal Ini Bisa Menyelamatkanmu

Anjar Triananda Ramadhani Photo Verified Writer Anjar Triananda Ramadhani

Animal Lovers and Smartphone Enthusiast

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya