Comscore Tracker

5 Manfaat Dengar Lagu Sedih yang Bisa Membuatmu Merasa Lebih Baik

Lagu sedih apa yang biasanya kamu dengar?

Mendengarkan lagu sedih sebenarnya bisa bermanfaat untuk kesehatan emosional. Dalam banyak kasus, orang yang depresi lebih suka lagu sedih daripada lagu-lagu bahagia, karena dipercaya bisa menenangkan perasaan mereka. Nah, coba kita bahas alasan kenapa lagu sedih bisa membantu kita merasa lebih baik.

1. Lagu sedih itu bikin tenang

5 Manfaat Dengar Lagu Sedih yang Bisa Membuatmu Merasa Lebih Baikpexels.com/Tirachard Kumtanom

Orang-orang depresi lebih suka lagu sedih karena mereka biasanya berada dalam level energi yang rendah dan perlu efek relaksasi. Maka, dengan mendengarkan lagu sedih akan membantu mereka bisa menarik napas dalam-dalam dan perlahan merasa tenang.

2. Lagu sedih membantu melewati masa sulit

5 Manfaat Dengar Lagu Sedih yang Bisa Membuatmu Merasa Lebih Baikpexels.com/Ikon Republik

Untuk banyak orang, mendengarkan lagu sedih bisa menjadi cara efektif menghadapi emosi mereka sendiri. Sebagai contoh, jika kamu baru saja putus, kamu mungkin akan mendengarkan Someone Like You milik Adele, dan lagu ini akan membuatmu merasa semakin jatuh, bahkan mulai menangis. Namun, setelah puas menangis, kamu akan merasa lebih baik, dan bisa fokus menatap ke depan.

Baca Juga: Secara Ilmiah, Musik Bisa Meningkatkan Produktivitas Kerjamu Lho!

3. Lagu sedih mengubah keseimbangan hormonal

5 Manfaat Dengar Lagu Sedih yang Bisa Membuatmu Merasa Lebih Baikpexels.com/Burst

Lagu sedih dipercaya bisa meningkatkan level prolaktin, sebuah hormon yang membantu melawan rasa sedih. Hal itu terjadi karena saat mendengarkan lagu sedih, tubuhmu sudah menyiapkan dirinya untuk kejadian buruk, tapi saat lagu usai ternyata kejadian buruk itu tak terjadi. Setelah pengalaman ini, tubuhmu akan merasa segar dan semakin membaik.

Mendengarkan lagu sedih juga meningkatkan produksi dopamine, pengirim sinyal kimia penting yang membantu mengatur banyak fungsi tubuh, termasuk kebahagiaan dan motivasi.

4. Lagu sedih mencerminkan perasaanmu sendiri

5 Manfaat Dengar Lagu Sedih yang Bisa Membuatmu Merasa Lebih Baikpexels.com/Juan Pablo Arenas

Menurut psikologi sosial, orang-orang suka mendengarkan lagu sedih yang mencerminkan situasi dan kondisi mereka sendiri. Dalam banyak kasus, lagu sedih yang suka didengar menggambarkan perasaan yang sedang dialami, dan hal itu akan membantumu merasa bahwa kamu tidak sendiri saat mengalami rasa sakit dan penderitaan di dunia ini.

5. Lagu sedih mengingatkanmu bahwa ada kejadian yang lebih buruk

5 Manfaat Dengar Lagu Sedih yang Bisa Membuatmu Merasa Lebih Baikpexels.com/Marcelo Chagas

Dengan mendengarkan lagu sedih, kamu bisa merasa dirimu lebih baik karena ada orang yang mengalami kejadian lebih buruk. Sebagai contoh, jika kamu dengar Celine Dion menyanyikan lagu yang berisi kekecewaan yang lebih buruk darimu, maka tanpa disadari perasaanmu akan mulai membaik.

Nah, itu tadi lima manfaat mendengarkan lagu sedih? Apakah lagu sedih bisa membuatmu merasa lebih baik?

Baca Juga: 10 Teknologi yang Mengubah Cara Kita Memainkan dan Mendengarkan Musik

Bayu Widhayasa Photo Verified Writer Bayu Widhayasa

Suka belajar tapi tidak suka makar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You