Comscore Tracker

Bukti Air Panas atau Dingin Bisa Ditebak dari Suaranya

Banyak yang berhasil menebak

Bisakah kamu membedakan suara panas dan dingin? Sebuah perusahaan "sensory branding" asal Inggris bernama Condiment Junkie ingin tahu jawabannya dan melakukan penelitian.

Saat ini mereka fokus untuk menemukan bagaimana desain suara bisa mengarahkan mereka pada produksi iklan yang lebih baik. Kamu bisa mendengar contoh suara dari penuangan air dalam iklan Twinings Tea berikut!

1. Para pengiklan ingin tahu: apakah memungkinkan untuk membuat suara alami penuangan air jadi lebih menarik?

Bisakah orang mendengar perbedaan antara secangkir teh hangat yang sedang dituang dengan minuman dingin? Atau apakah mungkin untuk membuat minuman hangat "terdengar" lebih panas dan minuman dingin "terdengar" lebih menyegarkan? Karena itulah mereka mengadakan eksperimen.

2. Mereka memainkan suara air panas dan dingin yang sedang dituang ke gelas dan bertanya pada orang-orang: ini panas atau dingin?

Bukti Air Panas atau Dingin Bisa Ditebak dari Suaranyagreatist.com

Hasilnya cukup mengejutkan. Sebanyak 96% orang bisa menjawab dengan benar alias membedakan antara air panas atau dingin, hanya dari mendengarkannya. Jadi bisakah kamu mendengar perbedaannya?

Gelas 1, sebagaimana bisa dijawab 80% orang, jawabannya adalah dingin.

Gelas 2, sebagaimana bisa dijawab lebih dari 90% orang, jawabannya adalah panas.

Baca juga: Seperti Apa Sih Rasa Daging Manusia? Secara Ilmiah Bisa Dijelaskan!

3. Condiment Junkie mencoba untuk mengelompokkan dengan jelas faktor pembeda antara suara air panas dan air dingin yang membuat orang bisa menebak temperaturnya

Bukti Air Panas atau Dingin Bisa Ditebak dari Suaranyahealth.com

Jawabannya tentunya bukan perbedaan antara cangkir dan mug-nya. Ini karena gelas 1 maupun gelas 2 ditempatkan pada wadah yang sama persis.

4. Para ilmuwan telah lama tahu bahwa air dingin lebih "tajam" daripada air panas, itu karena molekul-molekulnya gak bergesekan dengan cepat, jadi mereka lebih lengket

Bukti Air Panas atau Dingin Bisa Ditebak dari Suaranyaworldoceanreview.com

Seberapa "tajam" suatu cairan akan mempengaruhi bagaimana ia akan tertuang dan karenanya akan berpengaruh juga pada suaranya. Scott King, selaku salah satu founder dari Condiment Junkie, mengatakan bahwa "gelembung" juga bisa menjadi faktor. Ia menjelaskan bahwa ada cenderung lebih banyak gelembung pada air hangat.

Seiring air lebih bergelembung, suara yang dihasilkan akan berfrekuensi lebih tinggi. Seperti yang bisa kamu dengar dari suara gelas 2 di atas. Awal dan akhirnya terdengar suara berdenging yang pitch-nya tinggi.

Condiment Junkie melalui penelitian ini mampu memanipulasi efek suara sehingga sesuatu terdengar lebih panas atau lebih dingin. Keren ya, kita ternyata memang bisa "mendengar" suhu.

Baca juga: 7 Alasan Ilmiah Kenapa Gak Akan Ada Serangan Zombie di Dunia

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya