Comscore Tracker

Ternyata Ini yang Akan Terjadi pada Tubuhmu Jika Tewas di Luar Angkasa

Berikut penjelasan ilmiahnya!

Pada tanggal 21 Juli 1969, ketika kru Apollo 11 dijadwalkan untuk meninggalkan permukaan bulan setelah kunjungan selama 22 jam, dua pernyataan di tinggalkan di meja Presiden Richard Nixon. Pernyataan itu berisi keinginan mereka yang telah pergi ke bulan untuk menjelajah permukaannya lebih luas hingga akhir hayat di sana.

Ternyata Ini yang Akan Terjadi pada Tubuhmu Jika Tewas di Luar Angkasapopsci.com

Apakah Buzz Aldrin dan Neil Armstrong menghabiskan sisa hari-hari hidupnya dengan memandang warna kilau biru bumi dari 250.000 mil jauhnya? Akan bertahan berapa lama? Apa sih yang akan terjadi jika sampai tewas di luar angkasa?

1. Sudah ada kejadian kematian tercatat di luar angkasa, sebagian besar memang merupakan astronaut NASA

Ternyata Ini yang Akan Terjadi pada Tubuhmu Jika Tewas di Luar Angkasajdempsey.com

Sepanjang sejarah, kita telah kehilangan 18 orang di luar angkasa—termasuk astronaut NASA— sejak manusia pertama kali mengenal roket. Jumlah tersebut tergolong sedikit mengingat sejarah kita mengirim orang ke ruang angkasa itu gak pernah tahu apa yang akan terjadi. Ketika terjadi hal fatal, seluruh kru akan tewas, gak meninggalkan seorang pun untuk bisa diselamatkan.

Ternyata Ini yang Akan Terjadi pada Tubuhmu Jika Tewas di Luar Angkasapsfilmfest.org

Namun seiring semakin dekatnya misi manusia ke Mars, ada besar kemungkinan bahwa orang-orang tersebut akan tewas — entah itu karena masalah di tengah perjalanan, gak kuat dengan lingkungannya atau alasan lainnya. Semua masalah yang terjadi di Mars — misalnya masalah teknis ataupun kekurangan makanan — akan membuat seluruh kru dan koloni terdampar dan berusaha menghidupi diri mereka sendiri.

2. Tentang memindahkan manusia ke Mars, itu gak dibicarakan sama sekali oleh NASA, rencana yang pasti adalah kunjungan manusia pertama kali ke Mars

Ternyata Ini yang Akan Terjadi pada Tubuhmu Jika Tewas di Luar Angkasapopsci.com

Gak ada rencana pemukiman yang didiskusikan oleh NASA, tapi misi yang sudah ditentukan krunya telah mempersiapkan diri dan bisa menyentuh Mars setidaknya tahun 2040. "Journey to Mars" dari NASA menyembutkan perjalanan sejauh 3 tahun, menyertakan apa saja kemungkinan terburuk yang bisa terjadi.

Baca Juga: Kanker Bisa Menjadi Gak Teratasi Hanya Karena Superbugs, Kata Ahli Medis!

3. Apa yang akan terjadi pada tubuh manusia jika tewas di luar angkasa? Pertanyaan itu diajukan oleh seorang ahli Bioetika

Ternyata Ini yang Akan Terjadi pada Tubuhmu Jika Tewas di Luar Angkasanpr.org

Pertanyaan menarik dari ahli bioetika di Emory University, Paul Wolpe, adalah apa yang akan terjadi di misi ke Mars ataupun stasiun bulan jika sampai ada kematian? Apa yang akan terjadi jika dibutuhkan berbulan-bulan sampai beberapa tahun hingga sebuah tubuh bisa kembali ke bumi—atau apakah sangat gak memungkinkan untuk membawa tubuh tersebut kembali?

4. Astronaut berangkat dalam kondisi kesehatan yang sangat baik, berbagai macam kecelakaan lah yang besar kemungkinan menyebabkan mereka tewas

Ternyata Ini yang Akan Terjadi pada Tubuhmu Jika Tewas di Luar Angkasapopsci.com

Astronaut diketahui berangkat dalam kondisi yang prima dan sangat fit, sehingga kematian dari kru International Space Station (ISS) besar kemungkinan disebabkan karena kecelakaan selama menjelajahi luar angkasa. Menurut Chris Hadfield, astronaut Kanada dan mantan komandan ISS, dalam skenario terburuk, banyak hal bisa terjadi selama menjelajahi ruang angkasa, misalnya: dihantam langsung oleh meteorit mikro, adanya sobek di baju astronautmu yang dalam hitungan detik bisa membuatmu lumpuh dan masih banyak lagi.

Ternyata Ini yang Akan Terjadi pada Tubuhmu Jika Tewas di Luar Angkasapopsci.com

Astronaut yang mengalami ekspos langsung terhadap "udara" luar angkasa hanya akan bertahan selama 15 detik sebelum gak sadar diri. Sebelum tubuh mereka benar-benar membeku, mereka akan tewas karena sesak nafas dan dekompresi. Gambarannya kurang lebih seperti yang kamu lihat di film Guardians of The Galaxy 2 saat Yondu mengorbankan dirinya untuk Star Lord, anak asuhnya. Namun membekunya juga gak akan secepat itu sih. Oke, mari kembali ke penjelasan ilmiah!

Eksposur 10 detik terhadap kedap udara dari luar angkasa akan memaksa air di kulit mereka untuk menguap, sementara tubuh mereka akan mengembang keluar seperti balon yang sedang diisi udara. Paru-paru mereka akan bocor atau mengempis, kemudian setelah 30 detik mereka akan lumpuh — kalau belum meninggal. Seram juga ya!

Baca Juga: Gimana Cara Astronaut Buang Air Besar di Luar Angkasa? Ini Jawabannya!

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Just For You