Comscore Tracker

Ketahui Bedanya Flu dan Pilek dengan Penjelasan Kocak dari Dokter Ini

Simple banget, tapi ngena

Pergantian musim ataupun cuaca yang gak tentu sering menyebabkan banyak orang terserang flu. Flu memang dikenal menjadi pengganggu utama dalam keseharian orang. Namun banyak orang yang ternyata belum bisa membedakan flu dan pilek lho. Nah, seorang dokter bisa menjelaskannya dengan algoritma sederhana. Bagaimana isinya? Baca selengkapnya di sini.

1. Influenza itu jauh lebih serius daripada pilek ataupun sakit tenggorokan

Ketahui Bedanya Flu dan Pilek dengan Penjelasan Kocak dari Dokter Inidramabeans.com

Pilek bisa dibarengi dengan sakit tenggorokan dan sebaliknya, karena saling bisa mempengaruhi, akibat berada dalam satu jalur THT yang sama. Namun flu lah yang bisa mengganggu produktivitas seseorang. Flu bisa membuat seseorang membatalkan janjinya atau izin gak masuk kerja/sekolah, karena rasa tubuh yang jelas berbeda dengan sekedar pilek atau sakit tenggorokan.

2. Dengan banyaknya mispersepsi pengertian antara flu dan pilek, banyak dokter berusaha menemukan cara kreatif termudah untuk menjelaskannya pada pasien

Ketahui Bedanya Flu dan Pilek dengan Penjelasan Kocak dari Dokter Inidramabeans.com

Pemahaman masyarakat pada umumnya disebabkan oleh penyampaian iklan obat flu atau pilek yang gak mendetail. Sehingga banyak yang berpikir bahwa pilek sama dengan flu, akibat peragaan aktornya, tapi tidak disertai penjelasan medis yang mumpuni. Oleh karena itu, para dokter sering mengalami kesulitan meyakinkan pasiennya bahwa mereka bukan terkena flu, melainkan pilek biasa.

Baca juga: 4 Hal Terpenting yang Perlu Kamu Ketahui untuk Melawan Wabah Flu

3. Seorang DJ mengunggah twit coretan dokter pribadinya tentang algoritma penjelasan flu

Ketahui Bedanya Flu dan Pilek dengan Penjelasan Kocak dari Dokter Initwitter.com/loserboy

Algoritma dokter pribadi DJ John Richards asal Seattle tersebut bisa memberikan gambaran pada pasiennya, apakah ia mendapatkan flu atau pilek. Dalam gambar disebutkan pertanyaan pertama, “Apakah Anda merasa seperti baru tertubruk kereta?” jika tidak, maka bukan flu. Jika jawabannya ya, “Apakah Anda habis ditubruk kereta?” jika ya, berarti kamu baru ditubruk kereta. Jika tidak, berarti kamu sedang flu. Inti dari penjelasan tersebut adalah flu memberikan rasa yang membuatmu susah untuk beranjak dari kelemasanmu, atau sensasi susah beraktivitas.

4. Algoritma kocak tapi cukup mendidik tersebut menimbulkan berbagai respon dari netizen, termasuk beberapa dokter lain yang punya cara unik

Ketahui Bedanya Flu dan Pilek dengan Penjelasan Kocak dari Dokter Inidramabeans.com

Dr. Keith Grimes mempunyai metode dalam menyeleksi penyakit pasien yang mengaku flu dengan memberikan pertanyaan, “Apakah kamu bersedia untuk bangkit dari sofamu sekarang dan mengambil 2 juta rupiah di jaketku di ujung ruangan?” Kalau mereka bersedia, berarti itu bukan flu. Selain itu Rachel Nichol, seorang netizen, juga berbagai cara dokternya yang menanyakan lantang di antrian pasien, “siapa yang merasa terkena flu, silakan berdiri!” Mereka yang berdiri akan disuruh pulang, karena itu tandanya mereka gak terkena flu.

Ketahui Bedanya Flu dan Pilek dengan Penjelasan Kocak dari Dokter Inidramabeans.com

Jadi sudah tahu kan gambaran perbedaan antara flu dan pilek. Sebelum kamu meminum obat atau menangani gangguan kesehatanmu, ketahui betul apa sakitmu. Kalau pengobatannya tepat, sembuhnya juga akan lebih cepat dan efek sampingnya bisa diminimalisir kan?

Baca juga: Ternyata Cuma Ini Suplemen yang Penting untukmu Saat Sedang Flu

Topic:

Berita Terkini Lainnya