Comscore Tracker

Berbanggalah, Bermain Mobile Legends Bisa Jadi Tanda Kecerdasan Lho!

Terbukti secara ilmiah

Seiring dengan makin berkembangnya teknologi yang membuat orang semakin "bersosial" di dunia maya, game berjenis Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) semakin marak dimainkan. Apalagi di Indonesia yang tingkat penggunaan perangkat mobile onlinenya tinggi sekali. Nah, berdasarkan penelitian internasional, dilansir dari iflscience, ternyata Dota dan Mobile Legends bisa menjadi tanda kecerdasan seseorang lho! Baca selengkapnya di sini!

1. Penelitian ini dilakukan oleh University of York di Inggris dan melibatkan ribuan peserta

Berbanggalah, Bermain Mobile Legends Bisa Jadi Tanda Kecerdasan Lho!barkleyus.com

Ada dua bagian penelitian, yang pertama melibatkan 56 partisipan (51 di antaranya adalah pria berusia rata-rata 20.5 tahun). Penelitian pertama menggunakan game League of Legends, Dota 2 dan yang serupa. Ternyata ditemukan korelasi antara tingkat kemahiran bermain game dan tingkat kemampuan menyelesaikan uji kecerdasan. Sedangkan penelitian kedua melibatkan ribuan pemain dan juga menyertakan game tembak sudut pandang orang pertama, seperti: Destiny, Battlefield 3, Counter Strike dan semacamnya.

2. Hasil penelitiannya mengungkap bahwa game seperti League of Legends, Dota dan Mobile Legends berpengaruh pada IQ seseorang

Berbanggalah, Bermain Mobile Legends Bisa Jadi Tanda Kecerdasan Lho!play.google.com

Ini makin terasa ketika usia pemainnya semakin tua. Sedangkan untuk game tembak sudut pandang orang pertama, menunjukkan penurunan kemampuan seiring usia pemainnya semakin tua. Penurunan tersebut diketahui terjadi mulai usia remaja.

Baca juga: Apa Saja Penelitian yang Akan Ada di Tahun 2018? Ini 7 Prediksinya!

3. Game seperti Dota atau ML itu kompleks, penuh interaksi sosial dan menuntut intelektualitas yang makin terasah

Berbanggalah, Bermain Mobile Legends Bisa Jadi Tanda Kecerdasan Lho!play.google.com

Ini merupakan pendapat Profesor Alex Wade sebagai salah satu pimpinan penelitian ini. Alasan utamanya adalah karena game strategi lebih fokus pada memori dan kemampuan untuk membuat keputusan strategis. Sedangkan game tembak kebanyakan hanya menggantungkan pada kecepatan dan akurasi.

4. Bukan berarti bermain video game tertentu akan membuatmu lebih pintar lho ya

Berbanggalah, Bermain Mobile Legends Bisa Jadi Tanda Kecerdasan Lho!finance.yahoo.com

Penelitian ini menemukan bahwa jika kamu mahir dalam berbagai game jenis strategi tersebut, kamu menunjukkan tanda kecerdasan pada bidang yang membutuhkannya. Jadi ini hanya bentuk korelasi, bukan sebab akibat. Penelitian lebih jauh akan dilakukan untuk menemukan kausalitasnya.

Berbanggalah, Bermain Mobile Legends Bisa Jadi Tanda Kecerdasan Lho!powerleveled.com

Nah, mungkin sudah saatnya kamu menguji kecerdasan diri dengan mencoba bermain salah satu game MOBA. Kalau kamu sudah memainkannya dan mahir, kamu perlu cukup bangga dengan diri sendiri sebagai motivasi. Namun ingat batasi waktu mainmu ya, karena bagaimanapun dunia nyata yang akan benar-benar melatih dirimu dan membentukmu jadi pribadi yang kuat fisik serta mental.

Baca juga: Otakmu Bukan Teman Baikmu dan Ini 6 Alasan Ilmiahnya!

Topic:

Berita Terkini Lainnya