Comscore Tracker

Ini Ternyata Cara Cepat untuk Buatmu Mengantuk Saat Susah Tidur

Bukan menghitung domba

Ya, mungkin kamu memang merasa mendapatkan kesempatan tidur yang cukup itu langka. Mungkin kamu memang sudah terbiasa begadang karena tuntutan kerja atau tugas, meskipun begitu kamu pasti sadar bahwa tidurmu itu kurang. Mengatasi hal tersebut, dilansir dari iflscience, ternyata ini cara yang cepat untuk buatmu mengantuk saat susah tidur!

1. Kurang tidur akan membawamu pada banyak sekali risiko kesehatan

Ini Ternyata Cara Cepat untuk Buatmu Mengantuk Saat Susah Tidurnetdoctor.co.uk

Jadi saran-saran kesehatan untuk mencukupkan tidurmu itu selalu baik untukmu. Memang ada orang yang secara genetis gak bisa bangun pagi atau mendapat shift pagi, terlalu stres maupun mudah terdistraksi. Namun bukan berarti kurang tidur itu diwajarkan.

2. Menulis to-do-list sebelum tidur ternyata bisa sangat mempermudahmu untuk mengantuk

Ini Ternyata Cara Cepat untuk Buatmu Mengantuk Saat Susah Tidurlongshortreport.com

Penelitian ini dilakukan oleh tim dari Baylor University. Mereka menemukan bahwa orang yang menulis detail rencana mereka atau melakukan tugas lain yang serupa, akan lebih cepat terpejam mengantuk. Bahkan diketahui bisa tertidur lebih cepat secara signifikan.

Baca juga: Wow, Ternyata Sel Lemak Menciut Saat Terkena Sinar Matahari Lho!

3. Salah satu alasannya adalah karena to-do-list bukan hanya membuat otak dan fisikmu bekerja, melainkan juga mengeluarkan sebagian rasa cemasmu di situ

Ini Ternyata Cara Cepat untuk Buatmu Mengantuk Saat Susah Tidurthemighty.com

Rasa cemas adalah salah satu faktor yang memang bisa membuatmu kesulitan tidur. Membuat to-do-list akan mengatasi masalah tersebut, karena kamu gak akan terlalu kepikiran lagi soal rencanamu itu.

4. Penelitian ini melibatkan 57 mahasiswa sehat dengan rentang usia 18-30 tahun

Ini Ternyata Cara Cepat untuk Buatmu Mengantuk Saat Susah Tidurrd.com

Mereka dibagi dua kelompok yang masing-masing diberi tugas berbeda sebelum tidur: membuat to-do-list atau membuat daftar pencapaian. Dengan diteliti secara intensif, ternyata perbedaan kecepatan mereka tertidur bahkan bisa sampai 9 menit dibandingkan sebelum melakukan aktivitas tersebut. Namun yang membuat to-do-list diketahui bisa tertidur lebih cepat.

Ini Ternyata Cara Cepat untuk Buatmu Mengantuk Saat Susah Tidurfreeimages.co.uk

Penelitian ini menemukan bahwa waktu yang dibutuhkan untuk membuat to-do-list itu setidaknya berlangsung minimal 5 menit. Ini juga diketahui bahkan jauh lebih efektif daripada menulis diary. Selain itu kualitas tidurnya juga diketahui lebih bagus berdasarkan uji gelombang otak, karena kamu akan telah membuang sebagian kecemasanmu dalam to-do-list itu.

Baca juga: Humblebragging: Sikap Paling Dibenci yang Dimiliki Banyak Orang

Topic:

Berita Terkini Lainnya