Comscore Tracker

Wow, Hiu Ternyata Juga Bisa Punya Sahabat Sejati Seperti Kita!

Hewan mematikan yang so sweet!

Semenakjubkannya hiu dengan semua kelebihannya, selama ini ia gak punya reputasi menjadi lucu, imut dan menggemaskan. Namun pemikiran tersebut bisa berubah melalui hasil penelitian ini. Sebuah penelitian mengunggap bahwa beberapa hiu menunjukkan preferensinya untuk berkelana bersama rekan yang sama selama bertahun-tahun. Dengan kata lain, mereka punya sahabat sejati. Kok bisa? Berikut penjelasan ilmiahnya!

Para peneliti mengamati interaksi sosial antar hiu di Port Jackson.

Wow, Hiu Ternyata Juga Bisa Punya Sahabat Sejati Seperti Kita!dailytelegraph.com.au

Itu adalah sekelompok hiu yang paling umum bisa ditemukan di Australia Selatan. Para peneliti menggunakan analisis jaringan sosial untuk mencoba mengerti kehidupan sosial mereka. Apa yang mereka temukan dari hasil tersebut sangatlah mengejutkan.

Yang menarik dari kumpulan hiu di musim kawin adalah "barisan" mereka bukan terdiri dari hiu yang acak, tapi kelompok hiu yang itu-itu saja.

Wow, Hiu Ternyata Juga Bisa Punya Sahabat Sejati Seperti Kita!rickgrundy.com

Pernyataan ini disampaikan oleh Culum Brown selaku pemimpin penelitian. Para hiu ini memilih untuk bepergian dengan hiu-hiu lain yang punya kesamaan antar masing-masing.

Baca juga: 5 Kekuatan Super Ala Komik Ini Benar-benar Dimiliki Hewan

Penelitian perilaku hewan laut berukuran besar itu sangat susah dilakukan, apalagi jika giginya lebih banyak dari kita dan ganas.

Wow, Hiu Ternyata Juga Bisa Punya Sahabat Sejati Seperti Kita!iflscience.com

Karenanya, penelitian dikhususkan pada hiu Port Jackson yang berukuran kecil. Untuk bisa meneliti perilaku hewan laut, observasi harus dilakukan secara mendalam pada tiap individu. Hiu-hiu kecil ini bermigrasi tiap tahun dari Jervis Bay di New South Wales ke Tasmania. Peneliti menandai mereka dan menggunakan alat pemancar tertentu yang ditanamkan di dasar air, untuk mengobservasi mereka mulai tahun 2012.

Penelitian mereka menunjukkan bahwa hiu memilih menghabiskan waktu dengan "sahabat-sahabat" yang itu-itu saja, biasanya berukuran dan berjenis kelamin sama.

Wow, Hiu Ternyata Juga Bisa Punya Sahabat Sejati Seperti Kita!youtube.com

Hubungan kedekatan itu terlihat selama bertahun-tahun. Fasilitas penelitian ini mampu melihat seekor hiu sedang berjalan dengan hiu yang mana dan selama berapa lama. Wakil pimpinan penelitian, Jo Day, dari Kebun Binatang Taronga, mengatakan bahwa baik hiu jantan maupun betina melakukannya. Mereka menjalin hubungan jangka panjang selama beberapa tahun.

Wow, Hiu Ternyata Juga Bisa Punya Sahabat Sejati Seperti Kita!mq.edu.au

Gak hanya mereka punya sahabat, mereka juga "mengadakan" acara kumpul tahunan. Wow, kayak kebiasaan sosial manusia ya. Penelitian ini dipublikasi dalam jurnal internasional: Royal Society Open Science.

Baca juga: Penelitian Ini Memberi Gambaran Sengsaranya Hewan di Kurungan

Topic:

Berita Terkini Lainnya