Comscore Tracker

6 Manfaat Video Game yang Terbukti Secara Ilmiah

Menyenangkan sekaligus banyak gunanya

Kamu perlu meyakinkan orangtuamu atau berpikir ulang jika nanti punya anak, sudut pandang soal video game. Karena video game itu bukan penyebab "kekacauan" yang selama ini ditakuti oleh orang-orang.

Gak hanya menyenangkan, ternyata peneliti juga membuktikan bahwa bermain video game memiliki banyak manfaat – segala hal yang positif mulai dari meningkatkan kapasitas otak sampai penyembuh rasa sakit. Dilansir Science Alert, berikut adalah 6 manfaat terbaik dari video game yang sudah terbukti secara ilmiah!

1. Video game 3D dapat meningkatkan kapasitas memorimu

6 Manfaat Video Game yang Terbukti Secara Ilmiahrochester.edu

Dalam penelitian tahun 2015 di The Journal of Neuroscience, para peneliti dari University of California, merekrut 69 partisipan dan meminta sepertiga dari mereka memainkan Super Mario 3D selama 2 minggu, sepertiganya lagi memainkan Angry Birds dan sisanya gak memainkan apapun. Para peneliti menyatakan bahwa stimulasi 3D sangat berdampak pada seseorang.

Mereka yang memainkan Mario terbukti lebih baik dalam menyelesaikan penugasan memori, sedangkan yang lainnya menunjukkan gak ada perkembangan atau kemajuan sebelum bermain. Kesimpulan para peneliti adalah para pemain secara spesifik memilih video game dengan grafis 3D komples untuk performa yang lebih baik.

2. Bermain video game sangat bagus untuk pereda luka atau sakit

6 Manfaat Video Game yang Terbukti Secara Ilmiahhuffingtonpost.com

Ini bisa jadi alasan terbaikmu untuk bermain video game ketika kamu sedang cuti sakit.

Sebuah literatur tahun 2012 yang terpublikasi di American Journal of Preventive Medicine menemukan fakta dalam 38 penelitian yang menyatakan bahwa video game mampu meningkatkan kesehatan 195 pasien yang sedang menjalani terapi baik fisik maupun psikologis.

Selain itu, di tahun 2010, para ilmuwan mempresentasikan penelitian di American Pain Society's conference yang menemukan bukti bahwa bermain video game, terutama yang berbentuk virtual reality (VR) game, itu sangat efektif untuk meredakan kecemasan atau rasa sakit yang disebabkan sakit kronis maupun prosedur medis. Jeffrey Gold dari University of Southern California menjelaskan bahwa fokus mereka terpaku di game bukan di rasa sakit atau prosedur medis yang dijalani, selain itu VR memicu kerja penglihatan dan indra lain secara lebih tajam.

3. Ada bukti nyata bahwa video game membantu anak dengan disleksia meningkatkan kemampuan membacanya

6 Manfaat Video Game yang Terbukti Secara Ilmiahparentingthemodernfamily.com

Video game yang memang awalnya ditujukan untuk anak kecil akhirnya benar-benar bisa membantu anak kecil. Pada tahun 2013, penelitian yang dipublikasi di Cell menginvestigasi efek dari berbagai game action, seperti misalnya "Rayman Raving Rabbids", dapat membantu anak berusia 7-13 tahun dengan disleksia dapat membaca lebih cepat, tanpa kehilangan akurasi.

Hasilnya sama dan bahkan lebih baik dari terapi membaca tradisional, yang memakan lebih banyak waktu dan kurang menyenangkan. Para peneliti berpikir bahwa kecepatan reaksi yang harus diberikan dalam game action dapat membantu anak-anak untuk meningkatkan daya fokusnya, walaupun hipotesis ini belum diuji.

Baca Juga: Ada Penjelasan Ilmiah Tentang "Betapapun Ketatnya Tali Sepatumu Tetap Akan Lepas"

4. Tetris dapat membantu untuk membatasi traumamu

6 Manfaat Video Game yang Terbukti Secara Ilmiahclipartfest.com

Kalau hasil penelitian ini sudah tersebar ke mana-mana, tentunya bermain Tetris gak akan dianggap sebagai bentuk aktivitas membuang-buang waktu lagi. Di tahun 2016, 37 pasien yang masuk UGD di Oxford, UK yang sedang dirawat karena kecelakaan lalu lintas dipilih secara acak untuk memainkan Tetris selama 20 menit. Sejumlah 34 pasien lainnya gak diberikan kesempatan bermain Tetris dan dibiarkan melakukan aktivitas kesehariannya yang lain seperti chatting, main TTS atau membaca.

6 Manfaat Video Game yang Terbukti Secara Ilmiahsciencedaily.com

Ternyata Tetris bermanfaat secara signifikan dalam mengurangi flashback ke kejadian traumatis, terbukti dari perbedaan pengalaman antara yang bermain tetris setelah kecelakaan dan yang gak bermain Tetris. Bahkan sampai 62 persen lebih berkurang secara rata-rata. Penelitiannya, yang dipublikasi di Molecular Psychiatry menyimpulkan bahwa intervensi berbasis sains yang sederhana tapi menyenangkan dapat meningkatkan kesehatan mental bagi mereka yang mengalami trauma psikologis.

5. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa video game dapat membuatmu lebih pintar

6 Manfaat Video Game yang Terbukti Secara Ilmiahdadullarenonc.blogspot.co.id

Penelitian yang dipublikasi di PLoS ONE pada tahun 2013 mengatakan bahwa kognisimu dapat meningkat ketika kamu mulai memainkan Xbox atau PlayStation-mu. Para peneliti mengambil 5 grup para non-gamer dan membuat mereka harus memainkan game ponsel selama satu jam dalam sehari, dalam kurun waktu 4 minggu. Mereka menemukan bahwa semua video game, baik action maupun bukan, dapat meningkatkan fungsi kognitif pada para peserta – yang telah diuji dengan metode penugasan memori jangka pendek.

6. Bermain game itu berhubungan dengan meningkatnya kandungan bermanfaat dan kapasitas otak

6 Manfaat Video Game yang Terbukti Secara Ilmiahkurzweilai.net

Pada tahun 2014, sebuah penelitian yang dipublikasi di Molecular Psychiatry oleh para peneliti dari Max Planck Institute, Jerman, menemukan bahwa bermain Super Mario 64 dapat menyebabkan peningkatan ukuran pada beberapa daerah di otak. Perkembangan tersebut terutama terjadi pada bagian otak yang berfungsi untuk orientasi spasial, formasi memori, perencanaan strategis dan keahlian motorik.

6 Manfaat Video Game yang Terbukti Secara Ilmiahpsych2go.net

Ketika para peneliti mengobservasi 24 partisipan yang bermain game selama 30 menit dalam sehari selama 2 bulan di dalam mesin MRI, mereka menemukan bahwa para partisipan memiliki bagian yang berkembang di hippocampus daerah kanan, korteks prefrontal kanan dan cerebellum. Bagian-bagian tersebut jauh berkembang dibandingkan mereka yang gak bermain video game. Simone Küh sebagai salah satu peneliti menyatakan bahwa hal ini membuktikan bagian otak bisa dilatih melalui video game.

6 Manfaat Video Game yang Terbukti Secara Ilmiahelectronics.howstuffworks.com

Jadi itulah 6 manfaat video game yang sudah dijelaskan kuat dari sisi ilmiahnya. Jadi lain kali kalau ada orang yang menegur saat kamu bermain video game, kamu bisa menyertakan fakta-fakta pendukungmu ini.

Meskipun begitu, jangan terlalu lama dan sering juga ya, setidaknya sekadar mengisi waktu untuk hiburan sekaligus gak dirasa mendapatkan manfaat di atas. Bermain secukupnya, belajar dan berkarya sebanyaknya.

Baca Juga: 21 Games Ini Bikin Kamu Makin Cerdas Secara Sains

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya