Comscore Tracker

Suara Kita Berbeda Saat Direkam, Ternyata Ini Penjelasan Ilmiahnya!

Semua pernah mengalaminya kan?

Hidup di dunia serba digital ini menjadikan banyak cara untuk kita berkomunikasi via gadget. Selain menelepon baik melalui suara atau video, banyak dari kita yang juga sekedar merekam suara maupun video.

Entah itu untuk keperluan eksis melalui media sosial seperti Instagram, Facebook, YouTube atau Snapchat, kamu pun mungkin pernah menggunakan aplikasi seperti Smule atau StarMaker untuk rekaman. Bahkan sekarang aplikasi Joox juga memungkinkanmu untuk merekam suaramu dan dipublikasikan ke khalayak ramai.

Suara Kita Berbeda Saat Direkam, Ternyata Ini Penjelasan Ilmiahnya!dailytrojan.com

Dari situ, pernahkah kamu mendengarkan hasil rekaman suaramu sendiri? Kamu mungkin bertanya-tanya kenapa kamu bersuara seperti itu. Ternyata ada penjelasan ilmiahnya lho! Baca selengkapnya di sini!

1. Banyak orang berpikir bahwa suaranya cukup bagus, tapi ketika direkam, hasilnya lebih banyak mengecewakan gak seperti yang ia dengar langsung, ada beberapa penyebab teknis di balik itu

Suara Kita Berbeda Saat Direkam, Ternyata Ini Penjelasan Ilmiahnya!sourceenterprises.com

Seseorang mungkin berpikir ia memiliki suara yang bagus dan menarik, sampai akhirnya ia mendengarkan video atau audio yang direkam oleh orang lain maupun dia sendiri. Kebanyakan dari kita akan terheran-heran kok bisa kita bersuara seperti itu?

Mungkin kamu juga pernah melihat berbagai kontes menyanyi di televisi di mana ada beberapa peserta yang menyanyi dengan suara tidak nyaman di telinga kita. Memang ada beberapa yang settingan, tapi ada juga yang memang karena mereka berpikir bahwa suara mereka enak didengar, melalui telinga mereka sendiri. Sering kali ini terjadi karena mereka belum pernah mencoba merekam suara mereka secara langsung dan mengevaluasinya.

Ada yang lebih menyenangi suara di rekaman, tapi ada juga yang kecewa. Katakanlah jika kamu mendengar suaramu dari speaker, kamu jelas akan mendengarnya secara berbeda dengan yang kamu pikirkan. Getaran pada dalam mesin speaker, filter maupun di udara akan berkontribusi pada semua perubahan itu.

2. Selain faktor teknis gadget dan lingkungan, ternyata ada faktor mekanisme biologis yang terjadi di dalam tubuhmu yang menyebabkan kamu mendengar suaramu yang kamu anggap "normal"

Suara Kita Berbeda Saat Direkam, Ternyata Ini Penjelasan Ilmiahnya!androidcommunity.com

Selain itu, ada tiga macam tulang di dalam saluran pendengaranmu yang akan ikut bergetar ketika menerima suara, yaitu: malleus (hammer), incus (anvil) dan stapes (stirrup). Ketiga tulang tersebut akan meneruskan getaran yang mereka terima ke struktur spiral di dalam telinga sampai ke ujungnya, yang bernama cochlea.

Suara Kita Berbeda Saat Direkam, Ternyata Ini Penjelasan Ilmiahnya!neumann.com

Kegiatan itu akan menyampaikan getaran tersebut ke syaraf pendengaran dan meneruskannya sebagai sinyal ke otak. Jadi kenapa ketika kamu mendengar rekaman suaramu, suaramu gak terdengar seperti yang kamu pikirkan?

Baca Juga: Kenapa Bisa Ada Rambut Uban dan Botak? Ini Jawaban Ilmiahnya

3. Apakah memang suara asli terdengar berbeda dengan suaramu sendiri yang kamu pikirkan selama ini? Ternyata memang seharusnyta atau wajarnya berbeda!

Suara Kita Berbeda Saat Direkam, Ternyata Ini Penjelasan Ilmiahnya!blog.aprilmediaproductions.com

Ini semua karena kamu dapat mendengar suaramu sendiri dengan dua cara berbeda. Cara pertama adalah dengan vibrasi gelombang melalui udara yang masuk ke dalam telingamu.

Sementara cara kedua adalah pita suaramu menimbulkan getaran yang juga menyebabkan getaran pada tengkorakmu terutama bagian rahang bawah dan pipi. Getaran ini akan mengalir melalui tulang tengkorakmu dan membuat gendang telingamu bergetar juga.

Suara Kita Berbeda Saat Direkam, Ternyata Ini Penjelasan Ilmiahnya!avstudiopro.com

Seiring getaran tersebut mengalir melalui tulang, suara tersebut akan menyebar yang menyebabkan nadanya lebih rendah dan frekuensinya turun. Itu artinya, ketika kamu mendengar rekaman melalui gadget apapun, kamu berpikir akan mendengarkan suara rendah, ternyata nada suaranya dalam rekaman lebih tinggi. Realitanya, apa yang kamu dengar di rekaman adalah suara kamu yang asli yang didengar oleh semua orang, suka gak suka.

4. Jangan sedih ya kalau kamu berpikir suaramu terdengar lebih tinggi bahkan seperti chipmunk di rekaman, mungkin itu lah yang membuatmu unik

Terima saja dan syukuri. Kalau kamu berpikir seperti itu, tenang saja, kamu gak sendirian karena banyak orang juga mengalaminya. Secara umum, ketika kita mendengar suara kita sendiri, harusnya lebih dalam dan lebih beresonansi daripada yang dipikirkan orang lain. Walaupun begitu, apa alasannya?

Secara sederhananya, ini disebabkan perbedaan transmisi suara yang dialirkan udara dengan yang dialirkan tulang. Ingin tahu lebih banyak tentang perbedaan ini? Maka kamu perlu melihat video yang ditampilkan oleh Greg Foot dari Head Squeeze, untuk melihat fenomenanya dalam ulasan singkat.

Suara Kita Berbeda Saat Direkam, Ternyata Ini Penjelasan Ilmiahnya!verdemedia.com

Ya, suara aslimu yang didengar oleh semua orang lain selain dirimu adalah suara yang kamu dengar lewat rekaman. Seperti apapun suaranya, syukuri dan terima saja.

Kamu juga bisa berlatih untuk mengubah suaramu sesuai dengan yang kamu harapkan melalui merekam dan mengevaluasinya berulang kali. Jadi, sudah siap kah untuk menghasilkan rekaman yang terbaik?

Baca Juga: Studi Buktikan Bahwa Orang Kutu Buku Lebih Ramah dan Empatis

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya