Comscore Tracker

Alasan Mengapa Coklat Kemasan Dibungkus Alumunium Foil Berlapis Kertas

Ternyata pertimbangannya seperti itu~

Hampir semua orang memang suka makan coklat. Tapi bisa dipastikan bahwa mereka hanya memakan coklat tanpa memperhatikan bungkusnya yang terbuat dari lapisan aluminium foil dan substrat kertas.

Sebenarnya ada 2 cara pengemasan coklat. Selain menggunakan aluminium foil dan subtrat kertas, produsen juga kerap menggunakan amplop plastik berlapis. Namun, saat ini yang banyak adalah menggunakan cara pertama yaitu aluminium foil berlapis substrat kertas. Berikut alasannya!

1. Bahan aluminium foil memang mudah sobek, karena itulah pada pembungkus cokelatnya diberi lapisan substrat kertas

Alasan Mengapa Coklat Kemasan Dibungkus Alumunium Foil Berlapis Kertasbiggerbolderbaking.com

Pada tingkat dasar, foil atau plastik dibutuhkan untuk mencegah mentega cokelat yang berminyak, berpindah tempat dari dalam kemasan kemudian bocor ke luar. Namun, sebelum digunakan, aluminium foil telah dilaminasi dengan lilin pada substrat kertas. Hal ini bertujuan untuk memudahkannya dalam penggunaan dan mengurangi jumlah serta biaya dari logam yang dibutuhkan untuk memproduksi kemasan yang gak akan sobek dalam proses pembungkusan batangan cokelatnya.

Pemilihan bungkus cokelat dalam kemasan juga menjadi penanda tipe cokelatnya. Jika cokelat itu dibungkus dengan aluminium foil, maka jenis produk tersebut cukup mudah meleleh. Sementara jika cokelat itu langsung dibungkus plastik, atau dibungkus kertas, cokelat tersebut cukup susah meleleh.

2. Mesin pembungkus aluminium foil untuk coklat kemasan gak banyak berubah dari sekitar 50 tahun terakhir

Alasan Mengapa Coklat Kemasan Dibungkus Alumunium Foil Berlapis Kertaspackworld.com

Semua gaya pembungkusannya dilakukan dilakukan oleh mesin yang didesain spesial untuk tujuan ini dan desain mesinnya gak banyak berubah dalam 40-50 tahun terakhir. Sebagian besar mesin memiliki kecepatan pembungkusan maksimal 100-200 batang cokelat per menit, tergantung dari ukuran batangan cokelatnya. Untuk membungkus banyak batangan Kit-Kat, dibutuhkan banyak mesin pembungkus dan banyak operator untuk mengganti gulungan foil dan kertas yang habis. Hampir semua perusahaan manufaktur cokelat menggunakan pembungkusan horizontal dalam prosesnya.

Baca Juga: 13 Tahapan yang Terjadi pada Tubuhmu Ketika Meninggal!

3. Ada beberapa keuntungan dari digunakanannya aluminium foil beserta kertas sebagai pembungkus cokelat

Alasan Mengapa Coklat Kemasan Dibungkus Alumunium Foil Berlapis Kertaschocablog.com

Keuntungan dan alasan di balik penggunaan aluminium foil sebagai pembungkus coklat batangan, adalah sebagai berikut:

  • Bagian dalam dari aluminium foil pembungkus cokelat itu bisa didaur ulang, walaupun harus dipisahkan dari bagian luarnya.
  • Material pembungkusnya lebih murah untuk diproduksi dalam skala besar.
  • Mesinnya bisa beroperasi lebih cepat daripada mesin pembungkus kertas atau amplop.
  • Lebih rapat, kedap, tahan cuaca dan mudah dibentuk dengan material mesin pembungkus yang dilengkapi panas serta tekanan, yang akan merekatkannya otomatis.
  • struktur film terekayasa yang bisa mencegah migrasi minyak, kelembapan dan oksigen.
  • peralatan yang dibutuhkan gak ribet seperti jika harus menggunakan pembungkus dari bahan lain.
  • Kamu akan lebih mudah memproses ulang cokelat yang masih dalam pembungkus foil, baik itu dihangatkan maupun didinginkan.

4. Banyak juga pihak yang menilai bahwa cokelat kemasan aluminium foil itu berkesan "murahan" sehingga memilih yang dibungkus hanya dari kertas sehingga terlihat "eksklusif"

Alasan Mengapa Coklat Kemasan Dibungkus Alumunium Foil Berlapis Kertaswikihow.com

Kamu akan menemukan bahwa manufaktur cokelat yang mengutamakan gaya, elegan dan tingkat luks dengan volume produksi lebih kecil cenderung menggunakan pembungkus dari kertas, sebagaimana kertas lebih terlihat "luks" dan "mahal" bagi beberapa pembeli. Namun, tentu saja penyimpanannya gak bisa dilakukan di suhu ruangan apalagi jika temperatur ruangan iklim tropis seperti Indonesia ini. 

Alasan Mengapa Coklat Kemasan Dibungkus Alumunium Foil Berlapis Kertasmouth.com

Kamu sendiri, lebih suka cokelat dengan pembungkus yang mana? Sedang banyak dijual cokelat nih di mana-mana!

Baca Juga: Apa Jadinya Kalau Bumi Punya Cincin Seperti Saturnus? Ada Videonya Lho!

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya