Comscore Tracker

Humblebragging: Sikap Paling Dibenci yang Dimiliki Banyak Orang

Ini penjelasan psikologisnya

Gak ada orang yang suka dengan seorang humblebragger. Sejujurnya tujuan yang mereka lakukan jelas kok. Mereka gak mau kerja keras atau prestasi mereka gak diperhatikan, tapi di saat yang sama, mereka gak ingin terang-terangan terkesan pamer. Sudah tahu gambarannya? Cari tahu lebih lengkap di sini kenapa humblebragging adalah salah satu sikap paling dibenci oleh orang!

1. Humblebragging secara sederhananya adalah bentuk pamer yang diselimuti oleh sikap mengeluh ataupun mempermalukan diri sendiri

Humblebragging: Sikap Paling Dibenci yang Dimiliki Banyak Orangbigthink.com

Menurut para peneliti, humblebragging ada 2 macam: yang pertama yang dengan cara seakan merendahkan diri sendiri seperti, "aku gak percaya aku bisa dapat nilai paling bagus di kelas, padahal waktu belajarku mepet banget." Sedangkan yang kedua dengan cara menyatakan komplain, "aku heran kenapa penjaga kasirnya minta KTPku, padahal umurku sudah 20 tahun, masa' wajahku gak kelihatan sih?" Humblebragging, menurut para peneliti, dilakukan untuk mendapatkan simpati dan kekaguman orang lain.

2. Prosentase orang gak suka karena kamu melakukan humblebragging ternyata lebih besar daripada prosentase orang gak suka karena kamu membual

Humblebragging: Sikap Paling Dibenci yang Dimiliki Banyak Orangrd.com

Dilansir dari iflscience, penelitian ini dipublikasikan di Journal of Personality and Social Psychology dan dipimpin oleh Ovul Sezer, seorang ilmuwan bidang perilaku di University of North Carolina, Chapel Hill. Sezer mengatakan bahwa orang seperti ini banyak ditemukan di media sosial maupun di lingkungan sekitar dan mereka akan cenderung gak disukai orang ketika berbicara.

Baca juga: Berbanggalah, Bermain Mobile Legends Bisa Jadi Tanda Kecerdasan Lho!

3. Dari 646 orang yang diwawancarai dalam penelitian ini, 70%-nya mengaku mengalami fenomena tersebut dari orang lain di kesehariannya

Humblebragging: Sikap Paling Dibenci yang Dimiliki Banyak Orangbrit.co

Ini menunjukkan bahwa cukup banyak orang yang sadar bahwa sikap tersebut menyebalkan, sehingga kamu perlu berhati-hati dalam bersikap seperti itu. Dari data humblebragging yang didapat, 6-% di antaranya merupakan humblebrag tipe komplain atau mengeluh.

4. Walaupun kedua tipe humblebragging terdengar cukup berbeda saat diucapkan, keduanya sama-sama gak disukai orang

Humblebragging: Sikap Paling Dibenci yang Dimiliki Banyak Oranghuffingtonpost.ca

Keduanya sama-sama terkesan negatif bagi orang lain. Masyarakat cenderung menganggap bahwa orang yang suka humblebrag itu kurang kompeten, kurang menghargai orang lain, kurang bisa dipercaya, egois dan kurang bisa bermurah hati pada orang lain. Sezer mengatakan pada Time, bahwa jika kamu ingin menyombongkan diri maka langsung saja, jangan lakukan humblebrag karena itu akan menghancurkan karaktermu di mata orang lain, dalam semua dimensi.

Humblebragging: Sikap Paling Dibenci yang Dimiliki Banyak Oranghuffingtonpost.com

Beberapa penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa orang mempromosikan atau memamerkan diri mereka untuk lebih dihargai serta disukai orang lain. Menurut Sezer, secara profesional mungkin memang perlu, tapi secara sosial ini gak disukai.

Baca juga: Science of Love: Kenapa Sih Orang Bisa Jatuh Cinta?

Topic:

Berita Terkini Lainnya