Comscore Tracker

5 Jenis Penghargaan Dunia untuk Ilmuwan yang Berkontribusi bagi Sains

Hanya orang-orang terpilih saja yang bisa meraihnya

Ada banyak orang di dunia ini yang telah mencurahkan usaha, pikiran, dan pekerjaan mereka untuk kepentingan orang banyak. Mereka adalah ilmuwan, ahli medis, atlet, ahli ekonomi, sastrawan, pengajar, dan lain sebagainya. Nah, sebagai bentuk apresiasi terhadap tugas dan pengabdian mereka, dunia telah mengeluarkan beberapa penghargaan bergengsi.

Ada beberapa jenis penghargaan dunia yang diberikan untuk ilmuwan atas kontribusinya dalam sains. Penasaran, kan? Ini dia!

1. Lasker Award

5 Jenis Penghargaan Dunia untuk Ilmuwan yang Berkontribusi bagi SainsPenghargaan Lasker yang diterima oleh ilmuwan. (cell.com)

Dicatat dalam The American Association of Immunologists, sebuah penghargaan bernama Lasker Award diberikan pada ilmuwan di bidang riset medis sejak 1946. Awalnya, penghargaan ini digagas oleh Yayasan Albert and Mary Lasker sebagai pengakuan akan kontribusi ilmuwan di bidang medis atau kesehatan masyarakat.

Saat ini, Lasker Award memiliki empat kategori penghargaan yang berbeda, yakni riset dasar medis, riset medis klinis, pelayanan publik, dan penghargaan khusus. Penghargaan Lasker diberikan bagi mereka yang mengabdi dan berkontribusi bagi banyak orang, baik itu ilmuwan, dokter, pelayan medis, atau siapa pun yang berjasa dalam hal medis.

2. Wolf Prize

5 Jenis Penghargaan Dunia untuk Ilmuwan yang Berkontribusi bagi SainsPemberian penghargaan Wolf Award pada ilmuwan. (adsttc.com)

Wolf Prize adalah salah satu penghargaan bergengsi dunia yang banyak diberikan pada ilmuwan dan semua ahli yang berkontribusi bagi banyak orang. Wolfram Mathworld dalam lamannya mencatat bahwa dalam setahun ada lima atau enam penghargaan yang diberikan pada ilmuwan dan seniman yang mengabdikan hidupnya untuk memajukan peradaban.

Selain penghargaan, ada uang tunai sebesar 100 ribu dolar AS atau Rp1,4 miliar per orang sebagai apresiasi terhadap sumbangsih mereka di dunia sains dan seni. Penghargaan Wolf Prize diberikan untuk pertama kalinya pada 1978 oleh Wolf Foundation. Yayasan ini didirikan pada 1976 oleh Dr. Ricardo Wolf, seorang ilmuwan, diplomat, sekaligus pengusaha.

Baca Juga: Prediksi Ilmuwan, 5 Penyebab Kerusakan dan Kematian Bumi di Masa Depan

3. Abel Prize

5 Jenis Penghargaan Dunia untuk Ilmuwan yang Berkontribusi bagi SainsAbel Prize diberikan bagi ilmuwan matematika. (elkh.org)

Ada sebuah penghargaan dunia yang dikhususkan bagi ilmuwan matematika, yakni Abel Prize. Dalam laman resminya, penghargaan ini diberikan setiap lima tahun untuk memberikan apresiasi bagi mereka yang berjasa dalam bidang matematika.

Yayasan Niels Henrik Abel didirikan oleh pemerintah Norwegia pada 2001 dan pendirian yayasan resmi ini terinspirasi oleh Niels Abel. Ia merupakan seorang matematikawan Norwegia yang meninggal di usia 26 tahun.

Abel Prize sebetulnya sudah diberikan secara rutin sejak 1897 khusus bagi ahli matematika. Namun, yayasan resminya baru didirikan oleh pemerintah pada 2001 lalu. Sebagai apresiasi, yayasan akan memberikan hadiah sebesar 750 ribu dolar AS atau setara Rp10 miliar bagi ilmuwan matematika yang terpilih.

4. Breakthrough Prize

5 Jenis Penghargaan Dunia untuk Ilmuwan yang Berkontribusi bagi SainsBreakthrough Prize adalah penghargaan bagi ilmuwan dengan nilai hadiah fantastis. (breakthroughprize.org)

Seperti dilansir dalam laman resminya, Breakthrough Prize adalah penghargaan dunia khusus di bidang sains. Dalam bahasa kekinian, penghargaan ini juga dijuluki sebagai Oscars of Science. Bukan tanpa sebab, meskipun Breakthrough Prize tergolong sebagai penghargaan baru, apresiasinya terhadap ilmuwan dianggap menjadi yang tertinggi dibandingkan jenis penghargaan lainnya.

Yayasan akan memberikan 3 juta dolar AS atau Rp42 miliar sebagai hadiah dari masing-masing bidang sains, seperti ilmu hayati (biologi dan kimia), fisika, dan matematika. Namun, seleksi dalam pemberian hadiah ini dinilai sangat ketat. Hanya ilmuwan yang betul-betul terbukti berjasa bagi banyak orang yang bisa mendapatkan penghargaan ini.

5. Hadiah Nobel

5 Jenis Penghargaan Dunia untuk Ilmuwan yang Berkontribusi bagi SainsPemberian Hadiah Nobel bagi orang yang berjasa terhadap dunia. (thebalanceeveryday.com)

Tentunya kita semua tahu dan pernah mendengar tentang Hadiah Nobel atau Nobel Prize. Pemberian Hadiah Nobel ini ternyata punya sejarah yang cukup panjang. Dilansir Britannica, pada 1895, seorang ilmuwan bernama Alfred Nobel menginstruksikan dan membuat wasiat agar kekayaannya disumbangkan pada ilmuwan yang berkontribusi besar bagi sains.

Alfred Nobel merupakan ilmuwan penemu dinamit dan banyak orang menganggap bahwa Nobel Prize adalah sisi dari penyesalan hidup dirinya. Yup, diketahui bahwa Nobel sempat menyesal karena dinamit penemuannya justru digunakan untuk hal-hal buruk yang malah membunuh banyak orang.

Setelah kematiannya pada 1896, wasiat Nobel sempat mengalami berbagai macam rintangan. Namun, pada akhirnya, Nobel Prize telah digunakan secara resmi sebagai wadah untuk memberikan apresiasi kepada siapa pun yang berhak, mulai dari ilmuwan, sastrawan, pengajar, politikus, dan siapa saja yang mencetuskan perdamaian dunia.

Nah, itu tadi beberapa jenis penghargaan bergengsi untuk orang-orang yang berhak mendapatkannya, terutama ilmuwan. Semoga artikel ini dapat memperkaya pengetahuan kamu, ya!

Baca Juga: Kenapa Banyak Orang Percaya Teori Konspirasi? Ini 5 Jawaban Sains

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya