Comscore Tracker

Merinding Saat Dengerin Musik? Selamat! Kamu Punya Otak Spesial

Apakah penyebabnya?

Ada kalanya ketika mendengarkan musik, tiba-tiba kamu merinding. Bulu kuduk berdiri, seolah-olah ada ikatan emosional yang tercipta. Tidak semua orang dapat mengalami hal demikian. Ada yang bahkan biasa-biasa saja meskipun musik tersebut telah menyampaikan pesan yang begitu emosional.

Seorang alumni Universitas Harvard, Matthew Sachs berhasil melakukan penelitian mengapa bulu kuduk berdiri atau merinding saat seseorang mendengarkan lagu. Ia melakukan penelitian terhadap 20 orang untuk mengetahui bagaimanakah perasaan merinding tersebut bisa terjadi kepada seseorang.

Di antara 20 orang tersebut, di antaranya pernah mengalami bulu kuduk merinding ketika mendengarkan musik dan 10 lainnya tidak. Ia menemukan bahwa orang-orang yang berhasil menangkap makna emosional dari musik tersebut, bahkan sampai menimbulkan reaksi fisik (Bulu kuduk berdiri), memiliki struktur otak yang berbeda dibandingkan dengan orang-orang yang tidak memiliki reaksi demikian.

Orang-orang dengan kemampuan demikian memiliki volume saraf yang lebih padat. Di mana kortes pendengaram dan area yang memproses emosi dapat bekerjasama dan terhubung dengan sangat baik.

Artinya, kamu memiliki otak spesial yang memiliki tingkat efisiensi lebih baik daripada orang lain. Selain itu jika kamu dapat menciptakan ikatan yang sangat emosional ketika mendengarkan musik, artinya kamu memiliki risiko untuk sembuh lebih besar ketika mengalami depresi.

Hal ini karena kemampuan dan kepekaan emosional kamu lebih tinggi daripada orang pada umumnya. Singkatnya, musik selalu bisa dijadikan sebagai alat terapis untuk mengeksplorasi perasaanmu. 

Apakah kamu orang yang sangat peka bahkan hingga merinding ketika mendengarkan musik? Kamu beruntung. Karena kamu adalah orang yang spesial.

Desla Paramitha Tumangger Photo Verified Writer Desla Paramitha Tumangger

Lembayung sore. Rinai Hujan. Air mata. Mendekam. Bebas. Find me IG @desla_tumangger fb : Desla Paramitha Tumangger

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya