Comscore Tracker

Gak Hanya Paru-paru, Polusi Udara Juga Memengaruhi Kecerdasanmu!

Jangan malas pakai masker saat di luar ya

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Sekolah Kesehatan Umum Yale yang berasal di Amerika Serikat menemukan keterkaitan antara polusi udara dengan perkembangan kemampuan kognitif.

Walaupun telah banyak dilakukan penelitian tentang efek-efek polusi udara, namun masih banyak tanda tanya yang belum terjawab tentang dampak polusi udara terhadap kemampuan kognitif seseorang, dilansir dari Euronews.com dan Inquirer.net.

1. Cina dan India merupakan negara dengan tingkat populasi tertinggi di dunia

Gak Hanya Paru-paru, Polusi Udara Juga Memengaruhi Kecerdasanmu!bbci.co.uk

Penelitian yang di lakukan oleh Xin Zhang, Xi Chen, dan Xiaobo Zhang diterbitkan oleh Proceedings of National Academy of Sciences dari Amerika Serikat jurnal (PNAS) pada tanggal 27 Agustus 2018.

Cina dikenal sebagai negara dengan tingkat polusi tertinggi dunia. Karena banyaknya pabrik-pabrik yang didirikan di negara tersebut. Tidak heran bagi masyarakat Cina untuk diselimuti kabut asap setiap hari.

2. Survei skill verbal dan matematika di Cina dibandingkan dengan lokasi tempat tinggal mereka

Gak Hanya Paru-paru, Polusi Udara Juga Memengaruhi Kecerdasanmu!asianews.it

Para peneliti memanfaatkan survei yang diadakan secara nasional pada masyarakat Cina, dimana pada survei tersebut menunjukkan nilai verbal dan matematika mereka. Data pada survei tersebut kemudian dicocokkan kepada kualitas tempat tinggal mereka berdasarkan lokasi dan tanggal saat survei tersebut dilaksanakan.

"Kami menemukan bahwa paparan jangka panjang terhadap polusi udara menghambat kinerja kognitif dalam tes verbal dan matematika," ungkap penelitian tersebut.

3. Gangguan kognitif berdampak lebih signifikan pada lelaki yang kurang berpendidikan

Gak Hanya Paru-paru, Polusi Udara Juga Memengaruhi Kecerdasanmu!nybooks.com

Mereka juga menemukan polusi udara mengurangi kemampuan verbal seseorang, dan efeknya semakin memburuk seiring bertambahnya usia, terutama bagi pria yang kurang berpendidikan. Polusi udara mempengaruhi kemampuan kognitif seseorang, semakin menua efek polusi udara ini akan semakin meningkat.

Penurunan atau gangguan kognitif menjadi faktor risiko mengidapnya penyakit Alzheimer dan bentuk demensia lainnya pada masyarakat yang telah lanjut usia.

Hal ini secara tidak langsung akan menurunkan kesejahteraan sosial sebuah negara dengan polusi udara yang tinggi.

Semoga pemerintah segera menindaklanjuti polusi udara di Ibu Kota karena akan memengaruhi tingkat kecerdasan bangsa dalam jangka panjang.

Nathasia Photo Verified Writer Nathasia

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati
  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya