Comscore Tracker

5 Makanan KitaSehari-hari Ini Bisa Berakibat Fatal untuk Anjing Lho

#SainSeru Untuk para pecinta anjing nih

Hal yang paling penting dengan hewan peliharaan adalah mengetahui makanan apa yang kamu dapat dan tidak dapat beri kepada anjingmu.

Makanan tertentu yang aman untuk manusia dapat berbahaya bagi anjing karena anjing memiliki metabolisme yang berbeda dari manusia. Memberi makan makanan manusia kepada anjing dapat sangat berbahaya bagi kesehatan mereka dan bahkan dapat berakibat fatal dalam beberapa kasus. Berikut adalah 5 makanan yang harus kamu hindari untuk diberi ke anjing kamu.

1. Alpukat

5 Makanan KitaSehari-hari  Ini Bisa Berakibat Fatal untuk Anjing LhoPixabay

Alpukat memiliki suatu senyawa yang disebut persin. Ini bukan masalah besar bagi orang yang tidak alergi. Tetapi pada anjing, terlalu banyak makan alpukat dapat membuat mereka muntah atau diare. Jika kamu menanam alpukat di rumah, jauhkan anjing kamu dari tanaman. Persin ada di daun, biji, dan kulit kayu, serta buahnya. Juga, biji alpukat dapat terjebak di usus atau perut, dan menyebabkan sumbatan di usus anjing yang dapat berakibat fatal.

2. Kopi, teh, dan sumber kafein lainnya

5 Makanan KitaSehari-hari  Ini Bisa Berakibat Fatal untuk Anjing LhoPixabay

Kafein secara alami ditemukan dalam kopi, teh, dan kakao. Kafein dapat mempercepat detak jantung dan merangsang sistem saraf pada anjing. Dalam waktu dua hingga empat jam setelah mengonsumsi kafein, anjing dapat mengalami kegelisahan, rasa haus yang berlebihan, kurangnya pengendalian kandung kemih, muntah dan diare.

Jika anjing menelan terlalu banyak kafein, mereka dapat mengalami irama jantung yang abnormal atau gagal paru-paru, yang pada akhirnya dapat menyebabkan kematian. Bahkan, beberapa kasus kematian telah dilaporkan pada anjing karena overdosis kafein.

Dosis minimum kafein yang dapat menyebabkan kematian dilaporkan kurang dari 2,2 mg per pon (1 mg per kg) dari berat badan. Rata-rata secangkir kopi atau teh mengandung antara 40 dan 150 mg kafein. Bahkan beberapa teguk saja bisa mematikan seekor anjing.

3. Bawang putih dan bawang bombay

5 Makanan KitaSehari-hari  Ini Bisa Berakibat Fatal untuk Anjing LhoPixabay

Jaga bawang bombay dan bawang putih baik dalam bentuk bubuk, mentah, atau dimasak jauh dari anjing kamu. Bawang dapat membunuh sel darah merah anjing, dan menyebabkan anemia. Bahkan bubuk bawang di beberapa makanan bayi dapat berbahaya.

Dosis kecil mungkin akan baik-baik saja, tetapi makan dalam jumlah yang banyak sekali saja bisa menyebabkan keracunan. Carilah tanda-tanda seperti lesu, muntah, dan masalah pernapasan pada anjing kamu jika keracunan bawang.

4. Cokelat

5 Makanan KitaSehari-hari  Ini Bisa Berakibat Fatal untuk Anjing LhoPixabay

Cokelat mengandung zat kimia stimulan theobromine dan kafein, yang keduanya sangat sulit untuk dimetabolisme oleh anjing.

Dilansir Huffington Post, jika anjing makan cokelat, maka dapat menyebabkan sakit perut, muntah, diare dan dehidrasi. Gejala-gejala ini juga dapat berkembang menjadi masalah yang lebih serius seperti serangan jantung, pendarahan internal, tremor otot, kejang dan kematian. Tingkat keparahan efek samping tergantung pada seberapa besar anjing itu, dan berapa banyak dan jenis cokelat apa yang dikonsumsi.

Cokelat yang lebih gelap dan kurang manis, semakin beracun bagi anjingmu. Bubuk cokelat dan kakao tanpa pemanis adalah salah satu jenis yang paling berbahaya.

5. Garam

5 Makanan KitaSehari-hari  Ini Bisa Berakibat Fatal untuk Anjing LhoPixabay

Makan terlalu banyak garam dapat menyebabkan kondisi yang dikenal sebagai keracunan garam atau kehilangan cairan pada anjing.

Ini dapat menyebabkan muntah, diare, depresi, tremor, demam dan kejang. Bahkan bisa berakibat fatal pada kasus yang parah. Menurut Merck Veterinary Manual, dosis yang fatal untuk anjing adalah sekitar 2,2 sendok teh garam per pon (4 gram per kg) berat badan.

Karena itu, bukanlah ide yang baik untuk memberi makanan asin kepada anjing kamu seperti pretzel, popcorn atau keripik. Penting juga untuk memastikan anjing kamu selalu memiliki akses ke air minum segar.

Cara terbaik untuk menghindari keracunan makanan pada anjing adalah hanya memberi mereka makanan anjing dan menjaga makanan manusia di luar jangkauan. Jika anjing kamu telah memakan sesuatu yang tidak seharusnya, hubungi dokter hewan segera.

Hendi Handoko Photo Verified Writer Hendi Handoko

An ordinary guy with extraordinary dreams.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya