Comscore Tracker

10 Ras Kucing dengan Umur Paling Panjang, Bisa Hidup hingga 25 Tahun!

Siap-siap menua bersama mereka, ya!

Kehilangan kucing peliharaan adalah pengalaman yang sangat menyedihkan sekaligus menyakitkan. Apalagi jika kita sudah merawat mereka sejak bayi, ketika tubuhnya masih sangat kecil, lemah, dan tidak bisa melakukan apa-apa. Saking sedihnya, sebagian orang bahkan trauma dan memutuskan untuk tidak memelihara kucing lagi. 

Usia dan kematian memang tidak bisa diprediksi, tak terkecuali untuk seekor hewan sekalipun. Namun ternyata ada sejumlah ras kucing yang secara umum memiliki rentang usia lebih panjang daripada lainnya, lho. Umumnya, ras ini tidak memiliki penyakit bawaan yang parah sehingga diprediksi bisa menemani kita hingga kamu tua nanti.

Ras kucing apa sajakah yang dimaksud? Simak berikut ini!

10. Sphynx

10 Ras Kucing dengan Umur Paling Panjang, Bisa Hidup hingga 25 Tahun!ilikecatsverymuch.com

Peringkat terendah di daftar ini ditempati oleh Sphynx. Si kucing dengan bulu sangat tipis ini memiliki rentang usia sekitar delapan hingga 15 tahun, menurut laman The Spruce Pets.

Walaupun begitu, ini adalah umur yang cukup panjang, lho, bagi seekor kucing. Bayangkan saja, kamu bisa tinggal bersamanya dari remaja hingga kamu berusia kepala tiga. 

Tantangan terbesar saat memeliharanya adalah kucing ini mudah kedinginan karena tubuhnya tak ditutupi mantel apa pun. Kamu tetap harus sering memandikannya, ya, untuk menghilangkan minyak kulitnya. Walaupun begitu, Sphynx sangat loyal dan bisa menjadi teman yang baik untukmu. 

9. Persia

10 Ras Kucing dengan Umur Paling Panjang, Bisa Hidup hingga 25 Tahun!pets4homes.co.uk

Kucing Persia ternyata juga memiliki rentang usia yang panjang, lho. Dilansir dari Purrr Craze, mereka bisa hidup selama 12 hingga 18 tahun. Sedangkan usia rata-ratanya adalah sekitar 14 tahun.

Ras kucing ini cukup high maintenance karena kita harus benar-benar merawat bulunya yang panjang. Walaupun begitu, Persia sangat kalem, ramah, dan memiliki tingkah yang tidak merepotkan. Dijamin kamu akan betah tinggal bersama mereka. 

8. Bombay

10 Ras Kucing dengan Umur Paling Panjang, Bisa Hidup hingga 25 Tahun!catvills.com

Bagi sebagian orang, ras kucing yang satu ini mungkin terdengar asing. Bombay berasal dari Thailand. Pada umumnya, mereka memiliki bulu yang hitam legam layaknya panther. Walaupun sekilas terlihat garang, mereka sebenarnya sangat suka bermain dan selalu ingin perhatianmu. 

Bombay bisa hidup cukup lama, yakni sekitar 12 hingga 16 tahun, menurut laman The Spruce Pets. Satu hal yang harus kamu perhatikan, mereka rentan terkena penyakit pernapasan. Jadi, ketika ada gejala seperti sesak, batuk, dan keluarnya lendir berlebih dari mulut dan hidung, kamu harus segera memeriksakannya. 

7. Balinese

10 Ras Kucing dengan Umur Paling Panjang, Bisa Hidup hingga 25 Tahun!petinsurance.com

Pernah mendengar nama ras kucing yang satu ini? Berbeda dengan namanya, Balinese bukan berasal dari Bali, lho. Mereka adalah saudara dari kucing Siamese, yang artinya berasal dari Thailand. Kamu bisa lihat kemiripan kedua ras itu pada bulunya. 

Dilansir dari The Spruce Pets, Balinese bisa hidup selama 12 hingga 20 tahun. Mereka tidak memiliki masalah kesehatan tertentu. Namun kamu harus selalu memerhatikannya karena Balinese terkenal sangat energetik dan suka mengoceh.

6. American Shorthair

10 Ras Kucing dengan Umur Paling Panjang, Bisa Hidup hingga 25 Tahun!mediastorehouse.com.au

Selanjutnya ada American Shorthair, si kucing kecil dengan bulu pendek. Dilansir dari PetMD, ras yang satu ini bisa bertahan hidup selama 15 hingga 20 tahun, lho. Itulah salah satu alasan kenapa mereka cocok untuk tinggal bersama keluarga yang memiliki anak-anak. 

American Shorthair sangat suka bermain dan ramah. Tak sulit untuk menjaga agar mereka tetap sehat dalam jangka waktu yang lama. Namun sebagian American Shorthair rentan untuk terkena penyakit jantung. Jadi, kamu harus rajin periksa ke dokter hewan, ya!

Baca Juga: 7 Kucing Imut Ini Diam-diam Berbahaya, Bak Serigala Berbulu Domba

5. Russian Blue

10 Ras Kucing dengan Umur Paling Panjang, Bisa Hidup hingga 25 Tahun!honestdocs.id

Siapa yang tak kenal dengan ras kucing ini? Russian Blue populer karena memiliki karakteristik bulu yang khas, yaitu berwarna abu-abu kebiruan. Sorot matanya yang tajam membuat mereka semakin terlihat elegan. 

Sebelas dua belas dengan American Shorthair, Russian Blue memiliki rentang usia sekitar 15 hingga 20 tahun. Mereka adalah kucing manis yang akan menyapamu ketika pulang ke rumah. Walau begitu, mereka tidak clingy sehingga tak akan merepotkanmu. Itulah kenapa Russian Blue termasuk ras kucing yang paling disukai di dunia. 

4. Siamese

10 Ras Kucing dengan Umur Paling Panjang, Bisa Hidup hingga 25 Tahun!kucingmanis.com

Peringkat keempat dari kucing yang berumur paling panjang ditempati oleh Siamese. Si kecil dari Thailand ini bisa hidup antara 16 hingga 20 tahun lamanya. Mereka dikenal cukup sehat dengan penyakit minor yang minim seperti penyakit gigi atau pernapasan. 

Seperti Balinese, Siamese sangatlah aktif dan energetik. Kamu harus sering mengajaknya bermain kalau tidak, mereka akan menjadi cranky dan mengomel sepanjang hari. Namun secara keseluruhan, Siam adalah kucing yang sangat penyayang, ramah, dan setia.

3. Savannah

10 Ras Kucing dengan Umur Paling Panjang, Bisa Hidup hingga 25 Tahun!savannahcatbreed.com

Kamu dan Savannah akan menjadi teman yang sangat akrab. Pasalnya, ras ini bisa hidup selama 17 hingga 20 tahun. Mereka juga secara umum sangat sehat dan tidak rentan terserang penyakit. 

Keturunan kucing domestik dan serval Afrika ini memang terlihat liar dari luar. Benar, kamu harus membiarkan mereka terbiasa dulu di awal kamu mengadopsinya. Namun setelah mereka mengenalmu, Savannah akan menjadi teman yang setia dan ramah. Jangan bosan mengajaknya bermain, ya!

2. Ragdoll

10 Ras Kucing dengan Umur Paling Panjang, Bisa Hidup hingga 25 Tahun!meowcitizen.com

Bulu yang panjang, mata biru dan besar, serta tubuh yang cukup besar, itulah karakteristik dari Ragdoll. Kucing yang dikenal tenang ini menempati posisi kedua, dengan rentang usia 15 hingga 25 tahun, lho!

Mereka akan menjadi teman yang baik untukmu. Sebab Ragdoll memiliki sifat yang penyayang, loyal, kalem, dan menyukai perhatian. Secara umum, ras ini cukup sehat kok. Namun sebagian Ragdoll dilaporkan rentan terhadap batu ginjal dan penyakit jantung. 

1. Burmese

10 Ras Kucing dengan Umur Paling Panjang, Bisa Hidup hingga 25 Tahun!amazonaws.com

Tibalah kita di peringkat pertama untuk kucing dengan umur paling panjang. Posisi ini ditempati oleh Burmese. Menurut berbagai sumber, rentang bawah usia kucing ini adalah 18 tahun. Namun mereka bisa hidup hingga berusia 25 tahun. Jauh lebih panjang daripada usia kucing lainnya. 

Faktor yang memengaruhi panjangnya rentang usia Burmese adalah mereka tidak memiliki keluhan penyakit tertentu. Secara umum, kucing ini sangat sehat. Penyakit yang diderita pun biasanya tidak parah, seperti penyakit gigi atau mata. 

Mereka adalah ras yang sangat ramah dengan manusia. Burmese juga suka bermain, energetik, dan mudah berteman dengan anak kecil. Siap-siap menua bersama dengan kucing ini, ya!

Rentang usia yang tertulis pada penjelasan di atas bisa berubah-ubah, ya. Sebab ini hanyalah perkiraan berdasarkan pengalaman orang-orang yang pernah memelihara mereka.

Nah, apakah kamu tertarik untuk memelihara kucing yang disebutkan? Jangan bosan-bosan, ya! Kamu bisa hidup bersama mereka dalam jangka waktu yang sangat lama!

Baca Juga: Kucing 101: Ini Nama dan Asal-usul "Kucing Kampung" Indonesia!

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya