Comscore Tracker

Kenali 5 Fakta Angin Monsun yang Akan Membawa Cuaca Ekstrem di Sulsel

Akan terjadi hujan lebat pada 10 hingga 12 Januari 2020

Angin monsun diprediksi akan melintasi wilayah Sulawesi Selatan (Sulsel) pada tanggal 10 hingga 12 Januari 2020 mendatang. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Makassar mengatakan bahwa fenomena tersebut akan menyebabkan hujan lebat hingga ekstrem di beberapa kabupaten dan kota Sulsel.

Namun bukan hanya area itu saja yang akan merasakan dampaknya. Wilayah Indonesia lain, termasuk pulau Jawa juga akan terpengaruh. Lalu, apa sebenarnya angin monsun dan dampak yang dibawanya? Simak penjelasannya berikut ini!

1. Monsun adalah angin yang datang secara musiman

Kenali 5 Fakta Angin Monsun yang Akan Membawa Cuaca Ekstrem di Sulselwikimedia.org

Angin monsun berhembus secara musiman, setidaknya tiga bulan sekali dalam skala regional atau antarbenua. Perbedaan suhu antara daratan dan laut adalah sebab terjadinya fenomena ini. Mengutip laman LiveScience, angin yang berada di dua area itu akan melakukan “tarik tambang” untuk mengubah arah gerak dan membawa udara dingin dari lautan ke daratan.

2. Terdapat dua jenis angin monsun yang melintasi Indonesia

Kenali 5 Fakta Angin Monsun yang Akan Membawa Cuaca Ekstrem di Sulselz-dn.net

Indonesia dilintasi oleh dua macam angin, yaitu monsun Asia dan Australia. Apa beda dari keduanya? Monsun Asia bergerak dari benua Asia ke arah Australia dengan membawa curah hujan yang tinggi. Ketika ia berhembus, Indonesia akan mengalami musim hujan.

Sebaliknya, monsun Australia atau monsun timur bertiup dari Australia ke Asia. Ia membawa udara kering karena melewati gurun-gurun. Indonesia akan mengalami musim kemarau ketika angin ini melintas. 

Baca Juga: Dari Badai hingga Serangan Petir! 11 Fakta Florida, Amerika Serikat

3. Angin yang sedang melintasi Indonesia saat ini tergolong monsun Asia

Kenali 5 Fakta Angin Monsun yang Akan Membawa Cuaca Ekstrem di Sulselthinglink.com

Berdasarkan penjelasan sebelumnya, terlihat kan angin monsun apa yang sedang berhembus di Indonesia? Benar, angin monsun Asia.

Pada umumnya fenomena ini memang terjadi antara bulan Oktober hingga April di Indonesia. Hal ini pun diiyakan oleh BMKG.

"Hasil analisis dinamika atmosfer menunjukkan aktivitas angin monsun Asia masih signifikan dan gelombang atmosfer (MJO) masih aktif di wilayah Indonesia," jelas BMKG dalam siaran persnya, Rabu (8/1).

4. Angin monsun mengakibatkan hujan lebat di sejumlah wilayah

Kenali 5 Fakta Angin Monsun yang Akan Membawa Cuaca Ekstrem di SulselHujan mengguyur Kota Makassar, Kamis (2/1). IDN Times/Sahrul Ramadan

Berkebalikan dengan monsun Australia, monsun Asia yang sedang terjadi saat ini bersifat basah. Sebab, angin ini melewati dua samudra besar di Asia, yaitu Hindia dan Pasifik, sehingga angin tersebut membawa banyak uap air. 

Secara lebih spesifik, di tahun ini, wilayah yang paling merasakan dampaknya adalah Sulsel. Dalam seminggu terakhir pun BMKG telah mengamati terjadinya peningkatan intensitas hujan dengan kategori lebat hingga ekstrem di beberapa wilayah. Menurut prediksi, 10 hingga 12 Januari ke depan, hujan lebat dan angin kencang akan terjadi di Sulsel dan sekitarnya.

5. Wilayah Jabodetabek dan Yogyakarta juga terkena imbasnya

Kenali 5 Fakta Angin Monsun yang Akan Membawa Cuaca Ekstrem di SulselIlustrasi. IDN Times/Rochmanudin

Potensi hujan dengan intensitas tinggi tidak hanya terjadi di Sulsel saja. Nyatanya, Jawa juga diprediksi akan mengalami hal yang serupa. Warga di wilayah Jabodetabek dan sekitarnya harus ekstra waspada karena hujan dengan intensitas lebat diprediksi akan terjadi di dini hari dan malam hari. 

Untungnya, kondisi tidak akan seekstrem yang terjadi di awal tahun. Selain daerah ibu kota, Yogyakarta dan sekitarnya juga akan diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat. Khususnya pada malam hingga pagi hari. 

Masyarakat diimbau agar waspada dengan cuaca ekstrem yang disebabkan oleh angin monsun ini. Sebaiknya hindari pergi ke luar rumah ketika hujan lebat dan angin sedang terjadi agar keselamatan terjaga. 

Baca Juga: 8 Peristiwa Langit yang Terjadi pada Januari 2020, Jangan Kelewatan! 

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono
  • Wendy Novianto

Berita Terkini Lainnya