Comscore Tracker

10 Fenomena Ini Terjadi di Pikiranmu, Ternyata Bisa Semenakjubkan Itu!

Kamu pernah mengalami yang mana?

Kemampuan pikiran manusia memang menakjubkan. Semua yang kita pikirkan dan kita alami pada dasarnya dihasilkan oleh pikiran kita. Masih banyak hal yang menjadi misteri hingga saat ini. Hingga saat ini ilmuwan masih belum mengetahui seberapa besar kekuatan dari pikiran manusia.

Pada dasarnya sains mampu mendeskripsikan apa yang terjadi di pikiran manusia, tapi untuk mengidentifikasi asal-usulnya adalah hal yang sulit. Berikut ini fenomena-fenomena yang biasa terjadi di alam pikiran kita!

1. Déjà vu

10 Fenomena Ini Terjadi di Pikiranmu, Ternyata Bisa Semenakjubkan Itu!baeblemusic.com

Déjà vu (already seen) adalah fenomena yang terjadi ketika seseorang yakin pernah mengalami atau melihat sebuah situasi yang dialami saat itu juga. Mereka akan memiliki perasaan familier yang kuat dan bercampur dengan perasaan aneh.

Biasanya “pengalaman sebelumnya” berkaitan dengan mimpi. Namun ada juga yang merasa bahwa kejadian tersebut benar-benar terjadi di masa lalu.

2. Jamais vu

10 Fenomena Ini Terjadi di Pikiranmu, Ternyata Bisa Semenakjubkan Itu!eximg.jp

Jamais vu (never seen) kebalikan dari déjà vu. Fenomena ini menggambarkan seseorang yang tidak mengenali sebuah situasi yang akrab dengannya selama beberapa saat. Jamais vu adalah hal yang dialami ketika seseorang tidak mengenali wajah, kata-kata, atau tempat yang mereka tahu.

Sebuah penelitian pernah dilakukan untuk menganalisis fenomena ini. Peneliti meminta subjeknya untuk menuliskan kata “door” 30 kali dalam waktu 60 detik. Sebanyak 68 persen subjek mulai merasa ragu apakah kata tersebut benar-benar ada, karena terdengar aneh di telinganya. Peneliti menyimpulkan bahwa jamais vu adalah gejala kelelahan otak

3. Déjà vécu

10 Fenomena Ini Terjadi di Pikiranmu, Ternyata Bisa Semenakjubkan Itu!medicalnewstoday.com

Fenomena ini selangkah di depan dari déjà vu. Saat mengalaminya, seseorang bisa mengetahui kejadian, lingkungan sekitar, bahkan bau dengan sangat detail. Déjà vécu bahkan memungkinkan orang yang mengalami tahu apa yang akan terjadi selanjutnya. Wah seperti bisa meramal masa depan ya.

Baca Juga: Kenali Lebih Dekat, 5 Fakta Unik Kelainan Bipolar Ini Jarang Diketahui

4. Déjà visité

10 Fenomena Ini Terjadi di Pikiranmu, Ternyata Bisa Semenakjubkan Itu!api.ning.com

Déjà visité memiliki karakteristik yang hampir sama dengan déjà vécu. Orang yang mengalami fenomena ini bisa mengetahui lokasi geografis di sebuah kota yang tidak pernah mereka datangi.

Contohnya, seseorang bisa tahu rute jalan dan bangunan di kota yang baru saja mereka datangi. Ini adalah hal yang hampir mustahil untuk terjadi.

5. Capgras delusion

10 Fenomena Ini Terjadi di Pikiranmu, Ternyata Bisa Semenakjubkan Itu!factrepublic.com

Capgras delusion adalah fenomena di mana seseorang percaya bahwa keluarga atau teman dekatnya telah digantikan oleh orang lain yang terlihat sama. Ini bisa dikaitkan dengan cerita-cerita rakyat di mana bayi dicuri dan digantikan oleh makhluk lain. Delusi ini sering terjadi pada penderita skizofrenia.

6. Prosopagnosia

10 Fenomena Ini Terjadi di Pikiranmu, Ternyata Bisa Semenakjubkan Itu!abc.net.au

Di sini seseorang tidak mengenali wajah atau benda yang seharusnya mereka ingat. Orang yang mengalaminya biasanya menggunakan indra lain untuk mengenali orang-orang terdekat mereka. Misalnya dari wangi parfum, gaya rambut, suara, hingga cara berjalan.

7. Reverse psychology

10 Fenomena Ini Terjadi di Pikiranmu, Ternyata Bisa Semenakjubkan Itu!youtube.com

Merupakan dorongan untuk melakukan hal yang berkebalikan dengan apa yang orang lain ingin kamu lakukan. Ini adalah upaya untuk menolak pembatasan kebebasan. Misalnya, seorang anak kecil dilarang untuk bermain di luar rumah, ia malah melakukan larangan tersebut. Reverse psychology memiliki tingkatan yang berbanding lurus dengan pentingnya kebebasan dalam diri seseorang dan besarnya larangan.

Hingga saat ini, sebab dari fenomena-fenomena di atas masih belum bisa dijelaskan secara lebih detail oleh para ilmuwan. Ini karena pikiran manusia sangat kompleks, sehingga belum ada teknologi yang bisa menjangkau keseluruhannya.

Baca Juga: 7 Fakta Post Election Disorder, Gangguan Psikologis Berat Pasca Pemilu

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You