Comscore Tracker

Gerhana Matahari Total 14 Desember 2020, Bisakah Dilihat di Indonesia?

Bertepatan pula dengan hujan meteor Geminid!

Setiap tahunnya, bulan Desember selalu menyuguhkan berbagai peristiwa langit yang menakjubkan. Maka dari itu, para pengamat di seluruh dunia dengan sabar menantikan penghujung tahun ini.

Salah satu peristiwa langit yang terjadi setiap akhir tahun adalah gerhana Matahari total. Kali ini fenomena tersebut jatuh hari ini, Senin 14 Desember 2020. Namun seperti sebelumnya, gerhana hanya bisa disaksikan di sejumlah area saja.

Apakah Indonesia termasuk salah satu tempat yang dilintasi gerhana? Yuk, simak fakta dan cara melihat gerhana Matahari total berikut ini!

1. Seperti ini proses terjadinya gerhana Matahari total

Gerhana Matahari Total 14 Desember 2020, Bisakah Dilihat di Indonesia?timeanddate.com

Gerhana Matahari merupakan peristiwa yang terjadi dua kali dalam setahun. Ini terjadi ketika Matahari, Bulan, dan Bumi berada tepat di satu garis lurus, seperti pada diagram di atas. 

Area Bumi yang berada tepat di umbra atau bayangan gelap Bulan bisa menyaksikan gerhana Matahari total. Sementara area yang terkena penumbra atau bayangan kabur akan mengalami gerhana Matahari sebagian. Pertanyaannya, Indonesia termasuk ke dalam area yang mana?

2. Sayang sekali, gerhana Matahari tak bisa disaksikan di Indonesia tahun ini

Gerhana Matahari Total 14 Desember 2020, Bisakah Dilihat di Indonesia?space.com

Ternyata tahun ini Indonesia tidak berada di area bayangan Bulan sama sekali. Jadi, kita tak akan bisa menyaksikan fenomena ini. Mengutip Space, area yang dilewati jalur gerhana Matahari total adalah Amerika Selatan. 

Tak hanya itu, puncak gerhana Matahari total secara global akan terjadi pukul 23.16 WIB. Matahari telah terbenam di Indonesia pada saat itu, kan? Sementara negara lain yang bisa menyaksikan gerhana Matahari sebagian adalah Brasil, Uruguay, Afrika Selatan, Namibia, Angola, dan Kepulauan Falkland.

Baca Juga: 9 Peristiwa Langit Terbaik Desember 2020, Banyak Fenomena Langka!

3. Jangan khawatir, kamu bisa menyaksikannya secara online!

https://www.youtube.com/embed/21X5lGlDOfg

Untungnya, peristiwa tahunan ini akan disiarkan NASA melalui live streaming sehingga kamu bisa menontonnya secara online. Caranya mudah, cukup kunjungi channel YouTube NASA. Live streaming akan dimulai pukul 21.40 WIB. 

Situs lain yang juga menyiarkan gerhana Matahari secara online adalah timeanddate.com, slooh.com, dan channel YouTube CosmoSapiens. Kamu akan mendapatkan pemandangan dari tempat-tempat yang dilalui jalur gerhana Matahari total. 

4. Indonesia bisa menyaksikan hujan meteor Geminid di 14 Desember 2020

Gerhana Matahari Total 14 Desember 2020, Bisakah Dilihat di Indonesia?independent.co.uk

Sebagai ganti dari gerhana Matahari total, kamu bisa melihat hujan meteor Geminid di malam 14 Desember 2020. Coba amatilah langit bagian timur mulai pukul 20.00 hingga 05.00 waktu daerahmu masing-masing. Hujan meteor ini akan tampak lebih terang dan jelas ketika langit dan lingkungan sekitar benar-benar gelap. 

Jadi seperti itulah gerhana Matahari total yang terjadi di tahun ini. Walaupun kita yang berada di Indonesia tak bisa menyaksikannya secara langsung, kamu bisa menonton secara online. Masih ada alternatif peristiwa lain juga yang bisa kamu lihat kok, jadi tak perlu kecewa, ya!

Baca Juga: Hujan Meteor Geminid 13-14 Desember 2020, Ini Cara Melihatnya

Topic:

  • Izza Namira
  • Umi Kalsum
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya