Comscore Tracker

Rumahmu Berhantu? Ini 7 Penjelasan Ilmiah dari Hal Mistis yang Terjadi

Jangan cepat menyimpulkan dulu, ya...

Suasana sedang sunyi, kamu sendiri di rumah. Pintu mendadak berderit, tirai terbuka karena tertiup angin. Di kesunyian, terdengar suara langkah kaki dari luar kamar. Tiba-tiba petir pun menyambar membuat listrik mati. Gelap pun menyelimutimu. Suara kaki itu semakin dekat, kamu yang sendirian pun kaku, ketakutan, dan tiba-tiba bulu kudukmu merinding. Hiiii!

Pernahkah kamu merasa bahwa dirimu bukanlah satu-satunya "penghuni" di rumahmu? Perasaan seperti ini sering kali timbul setelah terjadinya berbagai peristiwa horor. Misalnya pintu yang sering menutup sendiri, terdengar suara-suara aneh seperti bisikan atau langkah kaki, hingga mungkin kamu melihat "sosok" tersebut dengan mata kepalamu sendiri. 

Walaupun begitu, kamu tak boleh terlalu cepat menyimpulkan bahwa rumahmu berhantu. Sebab ada sejumlah penjelasan logis yang mungkin mendasarinya. Apa sajakah itu?

Yuk, simak berikut ini! Siapa tahu hal-hal yang disebutkan terjadi juga padamu!

1. Suara infrasonik bisa membuatmu merinding

Rumahmu Berhantu? Ini 7 Penjelasan Ilmiah dari Hal Mistis yang Terjadiheart.org

Apakah kamu sering merasa bahwa gerak-gerikmu diamati oleh makhluk tak kasat mata? Atau kamu sering tiba-tiba merinding, cemas, dan gelisah tanpa sebab yang jelas?

Salah satu hal yang bisa menyebabkan fenomena ini adalah suara infrasonik yang memiliki frekuensi di bawah 20 Hertz. Suara tersebut memang tak didengar oleh telinga, namun kita tetap merasakan keberadaannya.

Dilansir Smithsonian Mag, ketika suara infrasonik dihasilkan, manusia akan merasa ada getaran halus yang hadir di sekelilingnya. Bulu kuduk pun berdiri, perasaan menjadi cemas, dan bahkan ketakutan. Ternyata ini adalah hal yang normal. 

Ada beberapa sumber suara infrasonik yang ada di rumahmu. Mulai dari perangkat elektronik, gerakan tanah, suara hewan yang hanya didengar oleh mereka, kipas angin, dan berbagai mesin. 

2. Jamur yang tumbuh di rumah bisa menimbulkan berbagai sensasi horor

Rumahmu Berhantu? Ini 7 Penjelasan Ilmiah dari Hal Mistis yang Terjadibigseventravel.com

Rumah yang berjamur sering kali terasa lebih angker daripada tempat lainnya. Ini karena jamur memberikan efek lembap serta aroma khas yang membuat rumah terasa dingin dan asing. Bukan hanya itu, jamur juga bisa membuat kita "melihat hantu, lho.

Studi yang dipublikasikan Toxicol and Industrial Health pada 2009 menyatakan bahwa sebagian jenis jamur mampu memengaruhi sistem saraf manusia. Ketika kita menghirupnya, akan timbul gejala-gejala seperti ketakutan, halusinasi, dan kebingungan. 

3. Karbon monoksida membuatmu halusinasi

Rumahmu Berhantu? Ini 7 Penjelasan Ilmiah dari Hal Mistis yang Terjadinypost.com

Suara aneh, penampakan bayangan, dan fenomena horor lainnya ternyata mungkin terjadi karena kita menghirup karbon monoksida. Walaupun tidak memiliki aroma yang mengganggu, gas ini bisa memengaruhi otak dan bahkan membunuh secara perlahan, lho

Dilansir Ranker, studi dari American Journal of Ophthalmology pernah meneliti sebuah keluarga yang mengalami hal-hal aneh setelah pindah ke rumah tua. Mereka mendengar suara-suara, mengalami "tindihan" saat tidur, dan lain sebagainya. 

Setelah diteliti, ternyata sumber masalah berada pada perapian tua yang menyebarkan karbon dioksida ke seluruh rumah. Anggota keluarga pun mengalami halusinasi. Setelah perapian diperbaiki, mereka mengaku tak pernah lagi merasakan fenomena aneh. 

Baca Juga: Kisah 7 Angka 'Setan' Pembawa Sial dari Berbagai Negara

4. Melihat hantu? Mungkin itu hanyalah pengaruh anomali medan magnet

Rumahmu Berhantu? Ini 7 Penjelasan Ilmiah dari Hal Mistis yang Terjaditheconversation.com

Dilansir Smithsonian Mag, medan magnet juga bisa berkontribusi terhadap sosok atau bayangan aneh yang mungkin kita lihat. Bagaimana bisa?

Pada tahun 1980, seorang ilmuwan dan ahli saraf Michael Persinger melakukan percobaan medan magnet terhadap sejumlah orang. Ia meminta mereka mengenakan helm yang diberi stimulasi magnet lemah. Sebanyak 80 persen subjek mengatakan bahwa mereka merasakan kehadiran makhluk yang sulit dijelaskan saat menggunakan helm tersebut.

Lalu bagaimana praktik teori ini di kehidupan nyata? Perlu diketahui bahwa Bumi diselimuti oleh medan magnet.

Namun kekuatannya berbeda-beda di berbagai tempat. Area dengan medan magnet yang lebih kuat kemungkinan membuat kita merasakan hal-hal aneh seperti para subjek uji di atas. 

5. Kamu mengalami sleep paralysis

Rumahmu Berhantu? Ini 7 Penjelasan Ilmiah dari Hal Mistis yang Terjadibustle.com

Salah satu penyebab umum dari melihat hantu adalah sleep paralysis atau yang dikenal pula sebagai tindihan. Ini merupakan fenomena di mana kita merasa sudah bangun dari tidur namun tidak dapat bergerak ataupun berbicara.

Sering kali, sleep paralysis diikuti dengan halusinasi. Kamu akan melihat bayangan hantu di atas tubuh, suara-suara aneh, dan lain sebagainya.

Penyebab sleep paralysis beragam. Mulai dari stres, jet lag, kurang tidur, hingga pemakaian obat tertentu. 

6. Jendela dan pintu yang terbuka membuatmu merasa ketakutan

Rumahmu Berhantu? Ini 7 Penjelasan Ilmiah dari Hal Mistis yang Terjadifineartamerica.com

Membuka jendela dan pintu rumah memang langkah yang baik untuk memperlancar sirkulasi udara. Cara ini juga bisa mengurangi kelembapan rumah akibat jamur. Akan tetapi, dilansir Ranker riset mengatakan bahwa membuka jendela dan pintu dapat membuat kita lebih mudah takut daripada biasanya. 

Ada dua hal sederhana yang mendasarinya. Pertama, jendela dan pintu yang terbuka sering menimbulkan suara yang keras ketika menutup karena tertiup angin. Kita pun jadi lebih mudah kaget karenanya. 

Alasan kedua, angin dari luar rumah yang masuk melalui jendela dan pintu sering kali membuat tubuh kedinginan atau bahkan merinding. Sebab suhunya cenderung lebih dingin daripada udara di dalam rumah. 

7. Sugesti membuatmu ketakutan sendiri

Rumahmu Berhantu? Ini 7 Penjelasan Ilmiah dari Hal Mistis yang Terjadithriveglobal.com

Alasan logis terakhir yang membuatmu merasa bahwa rumahmu berhantu adalah sugesti dari dirimu sendiri. Studi dari Refinery29 mengatakan bahwa sugestilah yang sering kali membuat seseorang percaya bahwa mereka sedang dihantui. 

Sugesti juga bisa berasal dari orang lain. Contohnya, kamu baru saja pindah ke rumah yang sebelumnya tidak berpenghuni. Kamu merasa baik-baik saja tinggal di sana selama beberapa hari.

Namun ketika para tetangga menceritakan ada penampakan hantu di rumah itu, kamu pun jadi tak nyaman dan merasa bahwa kisah itu benar. Padahal sebenarnya tidak terjadi apa-apa di sana. 

Nah, itulah hal-hal logis yang mungkin menjadi alasan dari terjadinya fenomena mistis di dalam rumahmu. Jika kamu ingin berbagi pengalaman mengenai hal ini, silakan tulis di kolom komentar, ya!

Baca Juga: Seperti Nabi Yunus, Bagaimana Rasanya Ditelan Paus? Ini Faktanya!

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya