Comscore Tracker

Ini Gambaran Ilmiah Rasanya Masuk ke Kolam Penuh Piranha

Realita tak selalu sama seperti di film, lho

Gigi tajam seperti pisau, pembunuh yang suka keroyokan, dan ganasnya melebihi hiu. Mungkin itulah yang muncul di kepalamu saat mendengar kata piranha, ikan bertubuh kecil yang berhabitat di perairan tawar. 

Pada tahun 1913, mantan presiden Amerika Serikat Theodore Roosevelt menjuluki piranha sebagai "embodiment of evil ferocity" yang artinya adalah perwujudan dari keganasan yang jahat. Sebab saat itu, ia menyaksikan sendiri bagaimana ganasnya ikan tersebut memangsa sapi yang telah mati di Sungai Amazon.  

Penggambaran tersebut semakin diperkuat dengan kemunculan film Piranha pada tahun 1978. Di film itu, ikan berwarna terang tersebut tampak menyerang apa pun yang ada di jangkauan penglihatannya. Air yang sebelumnya jernih pun berubah menjadi kemerahan dalam sekejap.

Lalu apa yang terjadi jika kita masuk ke dalam kolam yang penuh oleh piranha? Apakah kita akan mati dalam hitungan menit? Simak gambarannya berikut ini!

1. Gigi dan rahang piranha sangat kuat, bahkan melebihi buaya

Ini Gambaran Ilmiah Rasanya Masuk ke Kolam Penuh Piranhabritannica.com

Nama piranha berasal dari Bahasa Tupi Indian (suku di Brasil). "Pira" memiliki arti ikan, sedangkan "ranha" berarti gigi. Jadi, secara harfiah, piranha adalah ikan bergigi. Nama yang sesuai, kan?

Piranha terkenal akan giginya yang tajam dan rahangnya yang kuat. Studi dari Scientific Reports bahkan mengatakan bahwa kekuatan gigitannya bisa mencapai 320 newton. Angka tersebut tiga kali lipat lebih kuat daripada buaya Amerika. Padahal badan piranha jauh lebih kecil. 

Gigi piranha hanya berukuran sekitar 4 milimeter. Namun rahangnya bekerja dengan unik. Ketika menggigit mangsa, mereka akan menyobek daging dalam sekali lahap tanpa dikunyah. Potongan tersebut langsung masuk ke dalam perutnya. 

Yang membuatnya semakin mengerikan, hal itu dilakukan oleh puluhan atau bahkan ratusan piranha. Sebab mereka adalah hewan yang selalu berburu secara berkelompok. 

2. Bisa menghabiskan seekor sapi dalam hitungan menit

Ini Gambaran Ilmiah Rasanya Masuk ke Kolam Penuh Piranhastaticflickr.com

Lebih mengejutkan lagi, tercatat bahwa piranha bisa menghabiskan satu ekor sapi hanya dalam waktu kurang lebih 1 menit. Inilah yang disaksikan oleh Theodore Roosevelt. Ketika ia datang, para penduduk sekitar Sungai Amazon memang sedang menumbalkan sapi untuk makanan piranha. 

Namun perlu diketahui bahwa ada beberapa faktor yang memungkinkan hal ini untuk terjadi. Berikut ini di antaranya:

  • Piranha memiliki gigi dan rahang yang kuat untuk memangsa sapi;
  • Sapi yang diberikan kepada piranha sudah mati;
  • Piranha tidak mendapatkan makanan yang besar dalam beberapa hari;
  • Ada ratusan ekor piranha di dalam Sungai Amazon.

Jadi dapat disimpulkan bahwa peristiwa itu bukanlah hal yang terjadi sehari-hari. Lalu seperti apa kebiasaan makan piranha yang sesungguhnya?

3. Piranha sering memangsa bangkai dan hewan yang seukuran dengannya

Ini Gambaran Ilmiah Rasanya Masuk ke Kolam Penuh Piranhachicagotribune.com

Tak semengerikan yang kamu kira, piranha sebenarnya lebih sering memangsa hewan yang seukuran dengannya. Misal udang, ikan, sesama piranha, dan lain sebagainya. Dilansir How Stuff Works, mereka bahkan juga memakan tumbuhan air dan buah-buahan, lho.

Walaupun begitu, mereka juga bisa memangsa hewan yang ukurannya lebih besar, seperti sapi, kambing, burung, dan hewan ternak lain. Akan tetapi, hal ini biasanya hanya terjadi ketika sang mangsa telah mati. 

Hampir semua kerangka mamalia bertubuh sedang atau besar yang ditemukan di tepi Sungai Amazon adalah bekas mangsa piranha, yang sebelumnya telah menjadi bangkai. Ikan omnivor tersebut sangat jarang menyerang hewan besar yang masih hidup, kecuali mereka sedang kelaparan. 

Baca Juga: Merinding, 8 Reptil Laut Mengerikan di Zaman Dinosaurus!

4. Apakah piranha bisa memangsa manusia yang berada di dekatnya?

Ini Gambaran Ilmiah Rasanya Masuk ke Kolam Penuh Piranhapinimg.com

Sekarang, bayangkan kamu berada di dalam kolam yang dipenuhi oleh piranha. Pertanyaannya adalah apakah mereka akan memangsamu hingga habis?

Dilansir What If Show, sebenarnya piranha adalah ikan yang cenderung tenang. Mereka tidak akan menyerang siapa pun yang tidak mengganggunya. Justru merekalah yang akan takut denganmu karena ukuran tubuhmu yang jauh lebih besar darinya. 

Walaupun begitu, hal ini tidak meniadakan kemungkinan penyerangan. Jika mereka merasa terancam, mungkin gigi tajam tersebut akan menggigit beberapa bagian tubuhmu hingga cuil dan berdarah. 

Kemungkinan besar, piranha tidak akan memangsa tubuhmu hingga habis kok. Kecuali kamu sudah tidak bernyawa dan bau darah telah menyebar ke seisi kolam. 

5. Butuh waktu berapa lama bagi piranha untuk menghabiskan satu orang manusia?

Ini Gambaran Ilmiah Rasanya Masuk ke Kolam Penuh Piranhahdslb.com

Terlepas dari penjelasan di atas, kamu tentu penasaran akan hal ini, kan? Kira-kira berapa lama piranha mampu menghabiskan sekujur tubuh manusia dewasa?

Dilansir PopSci, Ray Owczarzak, asisten kurator ikan di National Aquarium di Baltimore, Amerika Serikat mengatakan bahwa jika ada 300 hingga 500 ekor piranha di dalam kolam, mereka hanya butuh waktu sekitar 5 menit untuk menghabiskan tubuh manusia. Cepat sekali, ya, bahkan lebih singkat daripada waktu kita untuk menghabiskan seporsi nasi!

6. Apakah kamu akan selamat jika masuk ke dalam kolam berisi piranha?

Ini Gambaran Ilmiah Rasanya Masuk ke Kolam Penuh Piranhaprod.si-cdn.com

Kembali ke pertanyaan pertama, kira-kira jika kita masuk ke dalam kolam yang penuh dengan piranha, akankah kita selamat? Kamu pasti sudah bisa menebaknya sekarang. Tentu bisa, dengan beberapa catatan. 

Pertama, piranha tidak sedang dalam kondisi sangat kelaparan. Kedua, sebaiknya kamu tidak memiliki luka terbuka yang mengucurkan darah dengan deras. Berikutnya, kamu tidak boleh mengganggu dan menyakiti mereka. Dengan begitu, piranha akan tetap tenang dan tidak akan menganggapmu sebagai ancaman. 

Ternyata piranha tidak seganas dan seagresif yang kita kira, ya. Kemungkinan mereka untuk membunuh dan memangsa manusia sangatlah kecil. Lagi pula, kamu juga tidak mungkin, kan, secara sengaja menceburkan diri ke dalam kolam yang berisi piranha? 

Apakah selama ini kamu mengira piranha adalah makhluk buas tak kenal ampun seperti di film? Jika iya, semoga penjelasan di atas bisa meluruskan perspektifmu, ya!

Baca Juga: Seperti Nabi Yunus, Bagaimana Rasanya Ditelan Paus? Ini Faktanya!

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya