Comscore Tracker

Tes Darah Ini Dapat Mendeteksi 8 Kanker Sekaligus, Lho!

#SainsSeru Uji tes darah ini baru ditemukan lho!

Perkembangan dunia science utamanya dalam bidang kesehatan semakin canggih dan lebih efisien. Jika selama ini tes darah yang dilakukan hanya untuk mendeteksi beberapa penyakit, kali ini sebuah penemuan baru yang diterbitkan di jurnal science oleh peneliti dari Hopkins University bekerjasama dengan peneliti dari Australia membuat tes darah yang dapat menunjukkan penggunaan tes darah untuk mendeteksi 8 jenis kanker sekaligus.

1. Keakuratan tes darah CancerSEEK

Tes Darah Ini Dapat Mendeteksi 8 Kanker Sekaligus, Lho!wtop.com

CancerSEEK adalah tes darah yang dikembangkan oleh para peneliti untuk dapat mendeteksi 8 kanker sekaligus. Tes darah dengan CancerSEEK dapat dilakukan bersamaan dengan tes darah rutin contohnya dalam pemeriksaan kolesterol. Tes ini dapat digunakan dalam beberapa tahun ke depan tapi tidak digunakan di klinik.

CancerSEEk telah diuji coba pada 1.000 orang lebih, hasilnya CancerSEEK dapat mendeteksi berbagai jenis kanker stadium awal dengan akurat.

2. Kelebihan dari CancerSEEK

Tes Darah Ini Dapat Mendeteksi 8 Kanker Sekaligus, Lho!orwh.od.nih.gov

CancerSEEK juga dikenal dengan biopsi cairan tapi sangat berbeda dengan biopsi pada umumnya. CancerSEEK tidak invasif. CancerSEEK dapat dilakukan bahkan saat tidak ada tanda adanya kanker sehingga memungkin diagnosis dini dan penyembuhan lebih meningkat. Tes darah dengan CancerSEEK terbukti mampu mendeteksi stadium awal sehingga kanker dapat disembuhkan.

3. Cara kerja tes darah CancerSEEK

Tes Darah Ini Dapat Mendeteksi 8 Kanker Sekaligus, Lho!orwh.od.nih.gov

Cara kerja dari CancerSEEK sendiri yaitu dengan menguji darah yang dapat mendeteksi DNA dan protein yang dilepaskan dari sel kanker ke dalam aliran darah. Kemudian akan terdeteksi apakah ada kanker seperti ovarium, hati, perut, pankreas, usus, paru-paru, payudara dan oesophageal di dalam tubuh. CancerSEEK secara akurat dapat mendeteksi satu fragmen DNAMutasi diantara 10.000 fragmen DNA normal.

Penelitian ini akan terus dikembangkan agar lebih banyak orang dapat terselamatkan dan mengurangi kematian pada penderita kanker.

lia faiqotul muniroh Photo Community Writer lia faiqotul muniroh

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Community IDN Times

Topic:

  • Ernia Karina

Just For You