Comscore Tracker

Sebelum Mengajak Anjing Berenang, Ketahui 7 Hal ini Dulu yuk!

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan

Apa yang kamu lakukan dengan anjingmu saat akhir pekan tiba? Jika sudah bosan dengan rutinitas jalan atau lari sore, ada baiknya kamu mengajak anjingmu berenang. Pasti mereka akan senang!

Tetapi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mengajak anjing berenang. Demi keamanan dan keselamatannya, terapkan ini, yuk!

1. Jangan berasumsi kalau semua anjing bisa berenang

Sebelum Mengajak Anjing Berenang, Ketahui 7 Hal ini Dulu yuk!petcentral.chewy.com

Tidak semua anjing punya kemampuan berenang sebaik labrador retriever. Anjing berdada besar dengan kaki pendek seperti bulldog akan kesulitan berenang. Begitu pula dengan anjing pug yang akan mengalami masalah pernapasan dan mudah lelah, tegas laman Puppy Leaks.

Selain itu, anjing chihuahua juga akan kesulitan berenang karena tubuhnya yang kecil dan ringkih. Oleh karena itu, jangan paksakan beberapa ras anjing tersebut untuk berenang karena mereka tidak diciptakan untuk itu.

2. Berikan anjing jaket pelampung untuk keselamatannya

Sebelum Mengajak Anjing Berenang, Ketahui 7 Hal ini Dulu yuk!soutdoors.com

Selalu sediakan life jacket alias jaket pelampung untuk anjingmu. Khususnya, bagi anjing yang sedang belajar berenang atau yang mudah gugup di air untuk menjaga mereka agar tetap aman, saran laman Puppy Leaks.

Mengapa anjing butuh pelampung? Anjing yang mudah gugup harus memakai pelampung karena ketika mereka panik, kemampuan bernapasnya akan terganggu dan meningkatkan risiko tenggelam.

Bahkan, anjing berpengalaman juga tetap butuh pelampung, apalagi saat mereka berada di pantai. Sebab, arus atau ombak yang kuat bisa menyeret mereka.

3. Harus sabar dalam mengajari anjing berenang

Sebelum Mengajak Anjing Berenang, Ketahui 7 Hal ini Dulu yuk!akc.org

Tak sedikit anjing yang gelisah saat diperkenalkan dengan air untuk pertama kali. Untuk mengatasinya, ajak anjing ke air yang dangkal dulu. Lalu ketika anjing sudah nyaman di air dangkal, kamu bisa membujuknya melangkah lebih jauh dengan mainan favoritnya, ujar laman Puppy Leaks.

Jangan lupa memuji keberanian anjing dengan sebutan good boy atau good girl dan meyakinkan kalau tidak ada yang perlu ditakutkan. Tetapi, jika anjing belum siap, jangan dipaksa sebelum mereka cukup percaya diri untuk berenang sendiri.

4. Jangan biarkan anjing minum dari air kolam renang

Sebelum Mengajak Anjing Berenang, Ketahui 7 Hal ini Dulu yuk!omlet.co.uk

Selalu sediakan air segar, bersih, dan steril untuk minum agar anjing tetap terhidrasi dengan baik. Jangan biarkan mereka minum air, baik dari kolam renang, danau, sungai, rawa, atau sumber air terbuka lainnya.

Sebab, air dari sana rawan terkontaminasi organisme yang bisa membahayakan anjing, ungkap laman Puppy Leaks. Di sumber air terbuka ada bakteri Leptospira interrogans yang bisa menyebabkan kerusakan ginjal dan hati.

Selain itu, cegah anjing minum air laut karena memiliki efek osmotik dan menarik cairan ke usus. Akibatnya, anjing akan mengalami diare dan muntah serta memicu dehidrasi.

Baca Juga: Gak Boleh Sembarangan, Lakukan 7 Hal Ini Sebelum Berlari dengan Anjing

5. Mungkin, kamu perlu memberi anjingmu vaksin sebagai pencegahan

Sebelum Mengajak Anjing Berenang, Ketahui 7 Hal ini Dulu yuk!dogwoodvethospital.com

Apa hubungan antara berenang dan vaksin pada anjing? Anjing yang sering menghabiskan banyak waktu di luar ruangan harus diberi vaksin Leptospira. Bakteri ini bertahan lama di kolam, danau, dan rawa serta bisa menyebabkan gagal ginjal dan kematian jika tidak ditangani, ujar laman Puppy Leaks.

Menurut laman American Veterinary Medical Association (AVMA), vaksin leptospirosis bisa melindungi anjing untuk 12 bulan dan harus diulangi setiap tahun. Selain itu, disarankan pula untuk memberi anjing vaksin untuk mencegah penyakit Lyme.

Vaksin ini akan memberi perlindungan ekstra supaya anjing tidak mudah jatuh sakit, khususnya setelah berenang atau tidak sengaja meminum air dari sumber terbuka.

6. Pastikan tidak ada alga di tempat berenang anjing

Sebelum Mengajak Anjing Berenang, Ketahui 7 Hal ini Dulu yuk!lgsonic.com

Tanpa disadari, mungkin ada pemilik yang membawa anjingnya berenang di tempat yang ada alga biru hijau atau cyanobacteria. Alga ini mudah ditemukan di perairan yang tenang seperti kolam dan danau air tawar, tutur laman Puppy Leaks.

Apa yang terjadi jika terpapar cyanobacteria? Racun yang dihasilkan berbahaya bagi manusia, ternak, dan hewan peliharaan. Namun, cyanobacteria sulit dikenali, kecuali jika sudah menggumpal dalam jumlah besar. Please beware of them!

7. Jangan lupa mandikan anjing setelah berenang

Sebelum Mengajak Anjing Berenang, Ketahui 7 Hal ini Dulu yuk!goodhousekeeping.com

Sama seperti manusia, anjing juga butuh membilas diri atau mandi setelah berenang. Tujuannya ialah untuk menyingkirkan bakteri serta bahan kimia (seperti klorin dari kolam renang) yang melekat di rambutnya, ujar laman Puppy Leaks.

Laman Holidaying with Dogs menyarankan agar anjing dimandikan dengan suhu 37°C. Gunakan sampo khusus, bilas, dan keringkan dengan handuk atau hair dryer.

Di sisi lain, anjing yang rutin berenang berisiko terkena infeksi telinga kronis. Selalu pastikan telinganya benar-benar bersih dan kering setelah berenang. Apabila baunya menjadi busuk, bawa segera anjingmu ke dokter hewan untuk mendapatkan penanganan.

Nah, itulah 7 tip yang harus diketahui sebelum membawa anjing untuk berenang. Terapkan ini demi keamanan anjingmu, ya!

Baca Juga: 7 Fakta Menarik Anjing Saint Bernard, Tokoh Utama dalam Film Beethoven

Topic:

  • Nena Zakiah
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya