Comscore Tracker

Penelitian Terbaru Ungkap 8 Fakta Penting dari Generasi Z Saat Ini!

Yang muda yang lebih berjaya...

Studi terbaru menjelaskan generasi Z akan memperluas kesenjangan dengan generasi sebelumnya. Menurut penelitian dengan menggunakan Dimesional Research, mereka memiliki pemahaman yang lebih universal tentang teknologi dan memiliki potensi dalam mengubah iklim dunia kerja, serta gaya hidup. Melalui data keterlibatan 723 pelajar sekolah menengah dan perguruan tinggi di Indonesia, serta 12 ribu pelajar sekolah menengah dan 17 negara (seperti Indonesia, Filipina, Vietnam, Thailand, Singapura dan Malaysia), berikut beberapa fakta generasi termuda di dunia saat ini!

1. Gen Z senang untuk "berbagi"

Penelitian Terbaru Ungkap 8 Fakta Penting dari Generasi Z Saat Ini!Unsplash.com/rawpixel

Teknologi yang semakin canggih memudahkan generasi Z dalam berbagi hal. Perkembangan yang cukup pesat menjadikan gen Z berkeinginan untuk menyebarkan pengetahuan yang mereka miliki, ke khalayak ramai. Hal ini didukung dengan 98 persen generasi Z secara global menyatakan menyetujui pernyataan ini.

2. Gen Z menyukai teknologi yang canggih

Penelitian Terbaru Ungkap 8 Fakta Penting dari Generasi Z Saat Ini!ypulse.com

Generasi termuda ini sangat tertarik dengan teknologi paling mutakhir. Menurut riset terkini,  99 persen sekolah di Indonesia sudah menjadikan teknologi sebagai pendidikan formal bagi mereka.

3. Teknologi sangat berperan dalam karir Gen Z

Penelitian Terbaru Ungkap 8 Fakta Penting dari Generasi Z Saat Ini!Unsplash/Mimithian

Para generasi Z ini sangat menyukai tantangan dalam memanfaatkan teknologi yang berkembang pesat saat ini. Keuntungan memaksimalkan hal ini, mereka akan lebih mudah melewati seleksi karyawan sebuah perusahaan.

4. Keamanan data menjadi pusat perhatian Gen Z

Penelitian Terbaru Ungkap 8 Fakta Penting dari Generasi Z Saat Ini!ksl360.com

Mereka yang tergolong ke generasi Z lebih berhati-hati saat memposting sesuatu ke media sosial. Mereka sangat memprioritaskan keamaan diri mereka. Sesuai dengan studi yang telah dilakukan, 73 persen mereka mengutamakan keamanan data mereka di dunia maya dan 95 persen menyatakan mereka sangat berhati-hati dalam menggunakan media sosial.

Baca Juga: Secara Ilmiah, Ini 7 Perbedaan Utama Pria dan Wanita Soal Jatuh Cinta 

5. Gen Z sangat percaya diri terhadap kemampuan teknologi yang mereka miliki

Penelitian Terbaru Ungkap 8 Fakta Penting dari Generasi Z Saat Ini!Unsplash.com/ Jonas Svidras

Karena mereka sudah sedari bayi mengenal teknologi, menjadikan mereka sangat percaya diri dalam memahami dunia digital. Oleh karena itu, banyak dari mereka cenderung menjadikan dunia ini sebagai ladang menciptakan pekerjaan berbasis teknologi digital.

6. Tidak hanya ingin mendapatkan gaji

Penelitian Terbaru Ungkap 8 Fakta Penting dari Generasi Z Saat Ini!Istockphoto.com/RyanJLane

Berbeda dengan generasi sebelumnya, materi bukan menjadi fokus utama anak-anak gen Z. Saat bekerja, mereka lebih mengutamakan berkembangnya kemampuan soft skill dan pengalaman bekerja.

7. Gen Z menyukai kemudahan dalam bekerja

Penelitian Terbaru Ungkap 8 Fakta Penting dari Generasi Z Saat Ini!pexels.com

Menjamurnya aplikasi komunikasi di media sosial sangat membuat generasi Z berbahagia. Mereka dapat berkomunikasi dengan rekan kerja ataupun atasan tanpa terhalang oleh waktu dan jarak. Waktu mereka pun tidak akan terbuang sia-sia, lebih efisien.

8. Bersedia menjadi mentor di tempat kerja

Penelitian Terbaru Ungkap 8 Fakta Penting dari Generasi Z Saat Ini!bosworthkerrville.com

Teknologi yang telah cukup canggih sudah menyambut anak-anak gen Z saat lahir. Hal ini menobatkan mereka sebagai “duta teknologi.” Pemahaman yang lebih, mampu menjadikan mereka lebih mengerti bagaimana mengoperasikan teknologi daripada generasi sebelumnya dan dapat membimbing senior di perusahaan tempat mereka bekerja.

Kamu yang termasuk gen Z, pasti melakukan hal-hal di atas untuk hidupmu kan? Yang mana yang paling bikin kamu merasa bahwa itu kamu banget?

Baca Juga: Gak Hanya Millennials, Ini 7 Kategori Generasi yang Perlu Kamu Tahu

Topic:

  • Nisa Widya Amanda
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You