Comscore Tracker

Ini Alasan Kenapa Permen Karet Gak Boleh Ditelan, Jangan Coba-coba Ya!

Hati-hati deh, daripada...

Bagi kamu yang pernah kecil pasti pernah deh makan permen karet. Tapi, dari dulu kita diajarkan oleh orang tua kita untuk gak menelan permen karet. Katanya sih permen karet kalau ditelan langsung bisa nyangkut di tenggorokan. 

Penasaran kan kenapa permen karet gak boleh ditelan? Mari kita simak penjelasannya dan juga asal mula permen karet mulai dimakan oleh manusia berikut ini!

1. Permen karet sudah dimakan oleh orang Eropa sejak ribuan tahun lalu

Ini Alasan Kenapa Permen Karet Gak Boleh Ditelan, Jangan Coba-coba Ya!thinglink.com

Dilansir dari laman nationalgeographic.com, sudah beribu-ribu tahun penduduk pantai Laut Tengah di Eropa suka mengunyah-ngunyah getah pohon mastic. Konon untuk menyegarkan napas dan membersihkan gigi.

Di beberapa belahan dunia lain pun ternyata orang-orangnya punya hobi sama, guys. Sejak saat itulah mulai dikembangkan permen karet seperti sekarang. 

2. Permen karet dimakan oleh anak-anak hingga orang dewasa

Ini Alasan Kenapa Permen Karet Gak Boleh Ditelan, Jangan Coba-coba Ya!youtube.com/BLACKPINK

Makan permen karet umumnya terkesan seperti kekanakan bagi orang dewasa. Padahal gak lho. Karena pada pertengahan abad ke-19, diktator Meksiko, Jenderal Antonio Lopez de Santa Anna, terpaksa melarikan diri ke Staten Island di New York.

Ia berbekal banyak sekali chicle, yaitu getah pohon sawo, untuk dikunyah-kunyah di kala stres. Ini menunjukkan bahwa orang dewasa juga membutuhkan permen karet untuk pereda stres. 

Baca Juga: 14 Kanal YouTube Internasional Bertopik Sains Terbaik, Layak Subscribe

3. Bahan apa saja yang terdapat di dalam permen karet?

Ini Alasan Kenapa Permen Karet Gak Boleh Ditelan, Jangan Coba-coba Ya!flavourfactory-eliquid.co.uk

Apa sih bahan yang digunakan untuk membuat permen karet? Dilansir dari berbagai sumber, ternyata permen karet terbuat dari karet dasar, pewarna, pemanis, dan penambah rasa. Karet dasar ini terbuat dari campuran lilin, emulsifier, elastomer, resin, dan lemak.

4. Kenapa permen karet tidak boleh ditelan?

Ini Alasan Kenapa Permen Karet Gak Boleh Ditelan, Jangan Coba-coba Ya!insta.orenya.com

Karena bahan yang dapat dicerna hanya pewarna, pemanis, dan penambah rasa, perut tidak bisa mencerna dan memecah permen karet. Jika tertelan, permen karet akan menempel di perut atau usus.

Butuh waktu lama bagi permen karet untuk melewati sistem pencernaan. Tapi tidak sampai berbulan-bulan atau bertahun-tahun, kok. Itulah sebabnya jangan menelan permen karet. 

5. Lalu apa yang harus dilakukan jika sudah terlanjur menelannya?

Ini Alasan Kenapa Permen Karet Gak Boleh Ditelan, Jangan Coba-coba Ya!kstarlive.com

Sebenarnya jika hanya sedikit, permen karet yang tertelan tidak terlalu berbahaya. Tapi, bagi anak-anak yang diameter ususnya masih kecil akan menyebabkan tersumbatnya sistem pencernaan. Untuk mengatasinya bisa dilakukan dengan cara memuntahkan kembali permen karet atau dengan meminum banyak air putih. 

Nah, itu tadi dia guys, info seputar permen karet dan kenapa permen karet sebaiknya gak ditelan. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 7 Channel YouTube Indonesia Terbaik Bertema Sains, Tonton Yuk!

Rianna Zheid Photo Community Writer Rianna Zheid

IG: @Riannazheid

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Just For You