Comscore Tracker

7 Potret Menarik Aktivitas Spacewalk Para Astronot di Luar Angkasa

Spacewalk adalah aktivitas di luar pesawat antariksa

Stasiun Luar Angkasa Internasional adalah sebuah objek penting berukuran besar yang mengorbit Bumi, sehingga membutuhkan banyak cinta dan perhatian. Para astronot yang tinggal di dalam stasiun secara berkala harus keluar untuk melakukan perbaikan dan perawatan pada peralatan.

Aktivitas extravehicular atau aktivitas yang dilakukan oleh para astronot di luar pesawat antariksa, juga dikenal sebagai spacewalk, mengharuskan para astronot untuk menggantung di atas Bumi dengan latar belakang hitam luar angkasa. Pastinya menjadi sebuah pemandangan yang spektakuler untuk diabadikan. Berikut ini adalah tujuh foto menakjubkan di antaranya

1. Pelampung kecil untuk pria

7 Potret Menarik Aktivitas Spacewalk Para Astronot di Luar Angkasaibtimes

Meskipun kini para astronot sering melakukan spacewalk untuk melakukan pekerjaannya di Stasiun Luar Angkasa Internasional, spacewalk pertama kalinya tidak seperti itu. Ed White adalah orang Amerika pertama yang melakukan aktivitas extravehicular ini, pada pada tanggal 3 Juni 1965, saat menjadi pilot pada misi Gemini 4.

Dia mengorbit Bumi selama empat hari dan menghabiskan beberapa waktu untuk mengambang di luar angkasa, sementara menambatkan diri pada pesawat antariksa melalui seutas kabel sepanjang hampir 15 meter. Dia mengendalikan pergerakannya dengan satu unit alat bantu di tangan kanannya. Sedangkan Astronot Jim McDivitt berada di dalam pesawat.

Spacewalk dimulai pukul 03.45 EDT pada orbit ketiga saat White membuka lubang palka dan menggunakan manuver jet oksigen yang dikendalikan tangan untuk melepaskan dirinya dari kapsul, menurut NASA. Extravehicular dimulai di atas Samudra Pasifik dekat Hawaii, berlangsung selama 23 menit dan berakhir di atas Teluk Meksiko. Setelah tiga menit pertama kehabisan bahan bakar, White kemudian bermanuver dengan memutar tubuh dan menarik penambatnya.

2. Lihat melalui jendelaku

7 Potret Menarik Aktivitas Spacewalk Para Astronot di Luar Angkasaibtimes

Ketika para ilmuwan dan insinyur yang berada di dalam Stasiun Luar Angkasa Internasional pergi ke luar stasiun untuk spacewalk, harus selalu ada seseorang yang tetap tinggal di dalam stasiun. Gambar yang diambil beberapa tahun yang lalu ini menunjukkan pemandangan melalui jendela kosmonot dan insinyur penerbangan Rusia, Alexander Misurkin, yang berada dalam misi hampir enam jam dengan rekan kosmonot, Fyodor Yurchikhin.

3. Jauh keluar

7 Potret Menarik Aktivitas Spacewalk Para Astronot di Luar Angkasaibtimes

Meskipun para astronot mendapatkan pemandangan menakjubkan Bumi selama spacewalk, dan juga saat mereka mengorbit planet ini di dalam Stasiun Luar Angkasa Internasional, mereka sepertinya terlihat mengambang di tempat antah berantah, dan hal ini menjadi jelas saat kamera diarahkan ke arah lain.

Dalam foto ini, astronot Dave Wolf bergantung di depan kehampaan yang besar saat ia melaksanakan misi di Stasiun Luar Angkasa Internasional selama spacewalk pada tahun 2009. Mitra spacewalk-nya, Tom Marshburn, berada di luar bingkai.

Baca Juga: 14 Foto Menakjubkan Jupiter dari Kapal Luar Angkasa Juno Milik NASA

4. Ucapkan "cheese!"

7 Potret Menarik Aktivitas Spacewalk Para Astronot di Luar Angkasaibtimes

Foto kosmonot Rusia Oleg Kotov ini memberikan kita sebuah pandangan bagus tentang apa yang para astronot lihat saat pasangan spacewalk memotret mereka selama mengambang di ruang angkasa. Kotov, seorang insinyur penerbangan, sedang membantu pekerjaan pemeliharaan di Stasiun Luar Angkasa Internasional dengan sesama kosmonot, Sergey Ryazanskiy, pada tahun 2013. Spacewalk ini berlangsung hampir selama enam jam.

5. Dua untuk satu

7 Potret Menarik Aktivitas Spacewalk Para Astronot di Luar Angkasaibtimes

Pemandangan lain spacewalk hampir selama enam jam dari Kotov dan Ryazanskiy, menunjukkan para kosmonot Rusia yang mengambang di atas Bumi saat mereka melakukan pekerjaan instalasi dan perawatan di Stasiun Luar Angkasa Internasional pada tahun 2013. “Khatulistiwa Bumi dan kegelapan ruang angkasa menjadi latar belakang foto,” kata NASA.

6. Halo, di bawah sana!

7 Potret Menarik Aktivitas Spacewalk Para Astronot di Luar Angkasaibtimes

Para astronot yang berada di dalam Stasiun Luar Angkasa Internasional mendapatkan pemandangan menakjubkan Bumi setiap harinya, namun selama spacewalk, tidak ada apa-apa selain baju pelindung di antara mereka dan planet rumah mereka. Foto Mike Hopkins ini menunjukkan deskripsi tersebut.

Hopkins sedang memperbaiki “pompa air yang rusak” di stasiun bersama dengan rekan spacewalk-nya, Rick Mastracchio, yang mengambil foto ini. Mastracchio yang memegang kamera bisa terlihat dari refleksi kaca helm pelindung milik Hopkins.

7. Momen Refleksi

7 Potret Menarik Aktivitas Spacewalk Para Astronot di Luar Angkasaibtimes

Astronot John Grunsfeld menghabiskan total waktu sekitar 2,5 hari di ruang angkasa, termasuk misi ini, untuk melakukan pekerjaan perawatan Teleskop Antariksa Hubble pada tahun 2009. Saat ia mengambang di ruang angkasa, rekan spacewalk-nya, Andrew Feustel, mengambil foto ini, NASA mengatakan bahwa dia bertengger di ujung lengan sistem manipulator remote buatan Kanada.

Feustel beserta Bumi terlihat dalam bayangan helm Grunsfeld. Pasangan ini akan bekerja sama lagi dua kali untuk melakukan aktivitas extravehicular.

Itulah kumpulan tujuh foto aktivitas extravehicular dan spacewalk oleh para astronot yang bisa kita nikmati. Kayaknya seru banget ya! Kamu sendiri mau merasakannya juga?

Baca Juga: Gak Perlu ke Luar Angkasa! Ini 10 Cara Mudah Buktikan Bumi Gak Datar

Ruang Angkasa Luas Photo Verified Writer Ruang Angkasa Luas

Informasi astronomi untuk menambah pengetahuan kita tentang Alam Semesta dan upaya eksplorasi ruang angkasa luas sebagai rumah kedua manusia di masa depan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya