Comscore Tracker

5 Hal yang Harus Kamu Perhatikan Saat Budidaya Tanaman Hidroponik

Yuk, catat baik-baik!

Budidaya tanaman hidroponik menggunakan media air sebagai media tanamnya. Penggunaan yang mudah dan praktis menyebabkan banyak orang mulai menggunakan metode ini untuk menanam di sekitar area rumah.

Namun, ada hal-hal yang harus diperhatikan buat kamu yang menggunakan budidaya tanaman hidroponik. Apa saja? Let's check this out!

1. Pastikan tanaman terkena sinar matahari yang cukup

5 Hal yang Harus Kamu Perhatikan Saat Budidaya Tanaman Hidroponikpixabay.com/naidokdin

Sinar matahari merupakan sumber energi utama bagi proses fotosintesis pada tanaman. Pada tanaman hidroponik memerlukan penggunaan sinar matahari yang cukup. Penggunaan sinar matahari yang cukup berdampak pada kondisi tanaman.

Budidaya tanaman hidroponik di tempat outdoor membutuhkan sinar matahari sekitar empat hingga enam jam per hari, serta delapan jam sinar matahari tak langsung. Sedangkan, jika menggunakan sinar lampu LED, maka tanaman membutuhkan sekitar empat belas hingga enam belas jam sehari. 

2. Menggunakan rumah plastik UV, untuk menghindari terkena air hujan dan paparan sinar matahari secara langsung

5 Hal yang Harus Kamu Perhatikan Saat Budidaya Tanaman Hidroponikpexels.com/Mark Stebnicki

Berbeda dengan tanaman lainnya, apabila air hujan mengenai tanaman hidroponik maka hal ini mengakibatkan konsentrasi air nutrisi menjadi encer. Hal ini menyebabkan komposisi air nutrisi menjadi sedikit. Tentu, hal tersebut dapat berdampak pada kebutuhan nutrisi tanaman yang tidak tercukupi.

Selain itu, perlu diperhatikan penggunaan sinar matahari secara langsung agar tidak mengakibatkan daun layu. Untuk itu perlu menggunakan rumah plastik UV (ultra violet) untuk melindungi tanaman hidroponik dari air hujan dan paparan sinar matahari secara langsung. 

Baca Juga: 7 Tanaman yang Bisa Tumbuh dengan Metode Hidroponik, Tak Butuh Tanah

3. Rajin memeriksa keadaan tanaman, jangan sampai kekurangan air nutrisi

5 Hal yang Harus Kamu Perhatikan Saat Budidaya Tanaman Hidroponikpexels.com/Gary Barnes

Kebutuhan nutrisi sangat dibutuhkan oleh semua tanaman, tak terkecuali pada tanaman hidroponik. Faktor nutrisi menjadi salah satu faktor penentu yang paling penting dari hasil dan kualitas tanaman.

Budidaya tanaman hidroponik menggunakan air sebagai media tanamnya memerlukan nutrisi yang tercukupi. Pembuatan air nutrisi dapat kita racik sendiri dengan takaran yang sesuai, hal ini dapat memudahkan kita untuk mengetahui serta mengontrol kebutuhan nutrisi pada tanaman. 

4. Konsentrasi air baku, pH air dan suhu air

5 Hal yang Harus Kamu Perhatikan Saat Budidaya Tanaman Hidroponikpexels.com/ThisIsEngineering

Kualitas air pada budidaya tanaman hidroponik sangat penting. Kualitas air yang digunakan (air baku) yang tepat untuk bertanam secara hidroponik sebaiknya memiliki kadar ppm di bawah 100 ppm dengan pH netral antara 6-6,5.

Air yang dapat digunakan digunakan, yaitu air destilasi memiliki 0 ppm, air hujan yang memiliki 8-12 ppm (tergantung daerah), air tetesan AC dengan 12-50 ppm, hingga air sumur dengan maksimal 200 ppm. Suhu air juga harus baik, yakni berkisar 18-28 derajat celsius.

5. Alat dan bahan yang digunakan

5 Hal yang Harus Kamu Perhatikan Saat Budidaya Tanaman Hidroponikpixabay.com/marsraw

Alat dan bahan yang digunakan menjadi faktor  yang harus diperhatikan dalam budidaya tanaman hidroponik. Alat dan bahan yang digunakan harus steril dan tidak terkontaminasi. Jika terkontaminasi, akan berakibat munculnya penyakit yang disebabkan oleh jamur, bakteri, dan virus, serta dapat menularkan kepada tanaman. 

Alat dan bahan yang steril akan berdampak terhadap kesehatan tanaman hidroponik. Alat dan bahan pada budidaya tanaman hidroponik, yaitu pot atau nepot, pipa, talang air, styroform, sumbu hidroponik, bak air nutrisi, pH meter, TDS meter, pompa, gelas ukur dan corong. 

 Bagi kamu yang sedang menggunakan budidaya tanaman hidroponik untuk bercocok tanam perlu sekali memperhatikan kelima hal di atas. Catat baik-baik, agar tanaman hidroponikmu dapat tumbuh dengan baik.

Baca Juga: 7 Langkah Membuat Taman Hidroponik dari Jeriken Bekas

Sari Magfirah Naufal Photo Writer Sari Magfirah Naufal

خَيْرُ جَلِيْسٍ فيِ الزَّمَانِ كِتَابٌ

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya