Comscore Tracker

Bagaimana Cara Menanam Durian? Ikuti 5 Tahapan Ini!

Awal penanaman berpengaruh pada bakal buah

Raja buah adalah julukan yang melekat pada buah dengan kulit berduri yang mengelilinginya, yaitu durian. Daging buah durian yang tebal, berwarna kuning, serta punya rasa manis legit bikin semuanya terpikat. Bau kuat dan khasnya tercium dari kejauhan. Namun, beberapa orang ada yang kurang menyukai buah ini karena aromanya.

Buah dengan nama ilmiah Durio zibethinus asli buah tropis khas Asia Tenggara. Selain disantap secara langsung, durian dijadikan berbagai olahan. Beberapa di antaranya tempoyang, pancake, ketan durian, es krim, dan lain sebagainya.

Jika kamu ingin punya tanaman durian, kamu bisa menanamnya di rumah. Bagaimana cara menanam durian? Ikuti tahapan-tahapannya, ya!

1. Pilih cara pembibitan yang efisien

Bagaimana Cara Menanam Durian? Ikuti 5 Tahapan Ini!ilustrasi bibit durian (pixabay.com/truthseeker08)

Kamu pasti menginginkan durian yang cepat panen, hasil berkualitas, dan hasil melimpah. Nah, tahap pembibitan adalah salah satu proses yang sangat penting. Pilihlah bibit yang bagus dengan ciri-ciri daunnya lebat, tidak ada hama, batangnya kokoh, subur, serta punya percabangan empat arah mata angin.

Pembibitan durian dapat dilakukan melalui biji, hasil sambung pucuk, dan okulasi. Dari biji ditanam akan menghasilkan buah lebih lama daripada cara sambung pucuk dan okulasi.

Biji yang akan dipakai bibit dibersihkan dari sisa daging buah, dikeringkan (tidak terkena sinar matahari), dan disimpan selama 2 hingga 3 minggu. Selanjutnya, biji durian siap melalui proses penyemaian.

2. Tentukan tempat menanam yang sesuai

Bagaimana Cara Menanam Durian? Ikuti 5 Tahapan Ini!ilustrasi perkarangan rumah (pexels.com/Strange Happenings)

Tanaman durian akan tumbuh besar dan tinggi menjulang, sehingga memerlukan tanah lebar. Sebaiknya beri jarak tanam 3 hingga 4 meter karena pohon ini bisa merusak dinding rumah dan memerlukan sinar matahari yang cukup.

Selang sebulan sebelum menanam durian, tanah dilubangi untuk memudahkan pertumbuhan tanaman. Apabila tanahnya gembur buat lubang 70 cm x 70 cm x 70 cm, sedangkan kondisi tanah liat atau berbatu lubang dipakai ukuran 1 m x 1 m x 1 m. Lalu, diamkan lubang selama 3 minggu.

Baca Juga: Cara Menanam Pohon Nilam dengan Mudah, Tanaman Bernilai Ekspor 

3. Persiapan menanam durian

Bagaimana Cara Menanam Durian? Ikuti 5 Tahapan Ini!ilustrasi pupuk NPK (pexels.com/Antony Trivet)

Langkah selanjutnya, persiapan media tanam sebelum proses tanam bibit durian. Buku berjudul Panen Durian di Perkarangan Rumah menyebutkan campuran media tanam terdiri atas pupuk kandang dan tanah dengan perbandingan 1:1,  NPK 100 gram, kapur dolomit 100 gram, serta insektisida 50 gram. Campuran tersebut berguna untuk memenuhi unsur hara dan mencegah hama.

Awal musim hujan cocok untuk menanam tanaman durian. Bibit disiram sebelum dipindahkan ke tanah. Buka plastik pembungkus bibit dengan cara digunting. Secara perlahan letakkan satu bibit ke dalam satu lubang tanam. Kemudian, timbun bibit durian dengan tanah sampai membentuk gundukan.

4. Cara memelihara durian

Bagaimana Cara Menanam Durian? Ikuti 5 Tahapan Ini!ilustrasi semprot pestisida (pexels.com/Gustavo Fring)

Penyiraman ideal dilakukan setiap hari ketika musim kemarau. Ketika tanaman berusia satu tahun, pangkas bagian dalam tajuk dan pelihara batang utama setinggi 70—100 cm.

Durian tak lepas dari serangan penyakit dan hama. Hal ini dapat diatasi dengan pemberian pestisida dan pemangkasan bagian tanaman yang diserang. Buku berjudul Durian: Pengetahuan Dasar untuk Pecinta Durian menyebutkan tips pengaplikasian pupuk pada tanaman durian yaitu:

  • Pada akhir musim hujan berikan pupuk kompos setahun sekali.
  • Setelah 3—4 bulan penanaman, pupuk kompos pertama diberikan.
  • Pada tahun ketiga NPK dan kompos diaplikasikan 3 kali dalam setahun, selanjutnya pupuk tersebut diberikan 4 bulan sekali.
  • Pemberian pupuk daun ketika pemasakan daun.

5. Kapan durian bisa dipanen?

Bagaimana Cara Menanam Durian? Ikuti 5 Tahapan Ini!ilustrasi tanaman durian mau panen (pexels.com/Hong Son)

Waktu panen durian berbeda-beda tiap jenisnya. Masa panen durian ditandai dengan buah durian masak jatuh sendiri. Aroma menyengat dan bila diketuk ada suara dentang angin di dalamnya. Cara panen untuk mencegah kerusakan buah dengan memanjat dan memetiknya. Lalu, buah ditangkap dengan goni di bawah.

Menanam durian memang terlihat sedikit sulit. Namun, kenikmatan yang didapatkan terbayarkan setelah menikmati buahnya.

Baca Juga: Cara Menanam Buah Srikaya dari Biji, Lebih Mudah Tumbuh

Septin SLD Photo Verified Writer Septin SLD

Bukan anak sastra, tapi kadang suka nulis saja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya