Dari Hidung Turun ke Hati, "Aroma" Ini yang Bikin Kamu Tertarik Terhadap Lawan Jenis

Cinta memang kompleks!

Cinta memang misterius. Kita bisa saja jatuh cinta pada seseorang tanpa alasan. Seperti kata Haruki Murakami, "People fall in love without reason, without even wanting to. You can't predict it, that's love."

Tapi, apakah benar cinta memang buta atau adakah sesuatu yang mengendalikan kita di bawah alam sadar sehingga kita jatuh cinta pada seseorang? Bahkan di pertemuan pertama. Kamu akan terkejut karena jawabannya ... YA!

Feromon, si biang keladi yang membuat kita tertarik pada lawan jenis.

Dari Hidung Turun ke Hati, Aroma Ini yang Bikin Kamu Tertarik Terhadap Lawan Jenisstocksnap.io

Mungkin terdengar aneh, tapi aroma ketiak atau keringat yang keluar dari tubuh lawan jenis bisa menjadi sinyal kuat yang menarik perhatian kita. Secara biologis, aroma 'parfum alami' ini disebut feromon.

Feromon dikeluarkan oleh manusia dan spesies makhluk hidup lainnya untuk berkomunikasi secara tidak langsung, menunjukkan sikap atau reaksi psikologis yang tak kentara. Feromon inilah yang sukses membuat kita 'lengket' pada lawan jenis dan susah pindah ke lain hati.

Dilansir dari Medical Daily, pada tahun 1959, sebuah penelitian dilakukan terhadap ulat sutra betina dan ditemukan suatu reaksi biologis yang muncul pada ulat sutra jantan saat berdekatan dengan si betina. Inilah pertama kalinya feromon ditemukan dan kala itu disebut dengan bombykol.