Comscore Tracker

6 Penampakan Matahari Dilihat dengan Gelombang Berbeda, Ada yang Hijau

Ternyata ada beberapa warna yang unik

Kalau kamu melihat matahari di pagi dan siang hari warnanya berbeda, kan? Di pagi hari matahari berwarna jingga, begitu pula saat senja. Tetapi warnanya berubah ketika kamu melihatnya di siang hari. Warnanya tidak lagi jingga tetapi berubah menjadi kuning.

Mengapa bisa begitu? Ternyata ini disebabkan oleh perbedaan panjang gelombang. Panjang gelombang di sore atau pagi hari lebih besar daripada di siang hari, sehingga warnanya berbeda.

Nah, ternyata penampakan warna matahari tidak hanya kuning dan jingga lho. Bahkan ada yang berwarna hijau jika dilihat dengan panjang gelombang yang berbeda. Ingin tahu bagaimana penampakan matahari jika dilihat dari beberapa panjang gelombang yang berbeda? Berikut ulasan selengkapnya.

1. Dilihat dengan gelombang radio

6 Penampakan Matahari Dilihat dengan Gelombang Berbeda, Ada yang Hijauamazing-space.stsci.edu

Ini adalah gambar matahari pada panjang gelombang radio. Ya, matahari memancarkan gelombang radio. Karena mata manusia tidak bisa melihat panjang gelombang ini. Dalam gambar ini, merah mewakili emisi radio yang lebih kuat dan hijau mewakili emisi yang lebih lemah. Gambar ini diambil oleh Teleskop NRAO 12 Meter di Kitt Peak, Arizona.

2. Dilihat dengan gelombang infra merah

6 Penampakan Matahari Dilihat dengan Gelombang Berbeda, Ada yang Hijauamazing-space.stsci.edu

Gambar matahari ini diambil pada panjang gelombang yang mendekati  nilai 1 mikrometer (1/1.000.000 meter) dengan menggunakan teleskop di US National Solar Observatory di Kitt Peak, Arizona. Observatorium ini berada di puncak gunung setinggi 6.875 kaki.

Baca Juga: 9 Fakta Menarik Seputar Matahari dan Planet di Tata Surya, Sudah Tahu?

3. Dilihat dengan gelombang cahaya tampak

6 Penampakan Matahari Dilihat dengan Gelombang Berbeda, Ada yang Hijauamazing-space.stsci.edu

Ini adalah penampakan matahari di daerah yang sangat sempit akan cahaya tampak pada panjang gelombang 0,6560 mikrometer, di bagian spektrum warna jingga-merah. Para astronom tertarik pada panjang gelombang ini karena atom hidrogen yang mengeluarkan radiasi pada panjang gelombang ini ketika mereka mengubah tingkat energinya. Jadi gambar ini menunjukkan atom hidrogen di permukaan matahari. Gas yang keluar di sebelah kanan disebabkan oleh ledakan yang sering terjadi di matahari. Gambar ini diambil oleh instrumen di atas Skylab.

4. Gelombang ultraviolet

6 Penampakan Matahari Dilihat dengan Gelombang Berbeda, Ada yang Hijauamazing-space.stsci.edu

Gambar matahari ini diambil pada panjang gelombang sinar ultraviolet dari teleskop yang berada pada satelit yang mengorbit di atas atmosfer bumi. Satelit itu bernama Solar dan Heliospheric Observatory (SOHO). Teleskop ini mengamati atmosfer panas matahari dan korona yang memanjang jauh di atas permukaan. Teleskop ini diluncurkan pada 2 Desember 1995, dan merupakan misi bersama Eropa-Amerika. Gambar ini diambil pada panjang gelombang 0,0304 mikrometer.

5. Gelombang ultraviolet yang lebih pendek

6 Penampakan Matahari Dilihat dengan Gelombang Berbeda, Ada yang Hijauamazing-space.stsci.edu

Seperti halnya pada gelombang ultraviolet sebelumnya, namun foto ini diambil dengan panjang gelombang yang lebih rapat lagi, yaitu 0,0109 mikrometer. Semakin pendek panjang gelombangnya, maka warnanya juga akan semakin berbeda, dalam hal ini berwarnya hijau. Foto ini juga diambil dengan menggunakan teleskop di orbit bumi, yaitu yang berada pada satelit SOHO.

6. Dilihat dengan sinar x

6 Penampakan Matahari Dilihat dengan Gelombang Berbeda, Ada yang Hijauamazing-space.stsci.edu

Ini adalah hasil gambar dari gelombang sinar x pada matahari yang diambil oleh Yohkoh Soft X-Ray Telescope, yang berada di orbit di atas atmosfer bumi. Teleskop yang mengorbit ini adalah misi bersama dari tiga negara yang berbeda, yaitu Jepang, Inggris, dan Amerika Serikat. Tujuannya adalah untuk mengamati peristiwa energetik yang terjadi pada jilatan matahari menggunakan gambar dari gelombang sinar x.

Bagaimana menurut kamu penampakan matahari jika dilihat dengan beberapa panjang gelombang yang berbeda? Jika diminta memilih warna matahari yang muncul di bumi, kalian memilih yang mana?

Baca Juga: 10 Destinasi Keren untuk Menyaksikan Matahari Terbit

Tismen Y. Pradana Photo Verified Writer Tismen Y. Pradana

"Sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi sesama" merupakan salah satu panduan hidup yang saya terapkan. Belajar dan terus belajar untuk bisa menggapai setiap target tuk memajukan manusia Indonesia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Efendi Ari Wibowo

Just For You