Comscore Tracker

Manusia Jadi Bisa Bernafas di Air seperti Aquaman? Ini Cara Canggihnya

Jadi superhero gak lagi sekadar mimpi

Manusia selalu punya ambisi untuk melakukan sesuatu di luar nalar. Meski begitu, jangan remehkan, banyak penemuan luar biasa yang diciptakan manusia yang berawal dari angan-angan, seperti mobil, pesawat terbang, dan lampu. Meski begitu, masih ada keinginan manusia yang sampai saat ini belum sepenuhnya tercapai, yakni untuk bisa bernafas dalam air seperti Aquaman.

Alih-alih alat sederhana, manusia masih memerlukan tabung oksigen besar dan masker untuk bisa menyelam. Namun, kamu perlu tahu kalau saat ini sedang dikembangkan sebuah alat khusus untuk bisa menyelam di bawah air yang diberi nama Kristal Aquaman.

1. Kristal Aquaman telah dikembangkan pada 2014

Manusia Jadi Bisa Bernafas di Air seperti Aquaman? Ini Cara Canggihnyagemstonebuzz.com

Dilansir dari telegraph.co.uk, pada 2014 para ilmuan dari Denmark tengah mengembangkan zat kristal yang dapat mengikat semua oksigen dalam satu ruangan. Gak hanya di udara, oksigen tersebut pun bisa diserap di dalam air. Setelah itu, oksigen tersebut dapat dilepas kapan pun dan di mana pun dengan stimulasi panas.

2. Cara kerjanya seperti spons yang menyerap air

Manusia Jadi Bisa Bernafas di Air seperti Aquaman? Ini Cara Canggihnyametro.co.uk

Komponen penting dari Kristal Aquaman ini adalah kobalt yang bisa menyerap oksigen di sekitarnya layaknya spons. Cara kerja ini seperti cara makhluk hidup untuk bernafas, seperti manusia dengan zat besi atau kepiting dan laba-laba yang menggunakan tembaga.

Baca Juga: 5 Sumber Energi Paling Aneh Pengganti Minyak Bumi

3. Bisa menggantikan tangki oksigen yang berat

Manusia Jadi Bisa Bernafas di Air seperti Aquaman? Ini Cara Canggihnyathescubanews.com

Melalui sciencedaily.com, Cristine McKenzie dari University of Southern Denmark menyampaikan bahwa bisa jadi suatu hari nanti penyelam gak perlu lagi berat-berat membawa tabung oksigen. Sebagai gantinya, mereka hanya perlu membawa butiran kristal. Kristal ini akan menyaring dan mengumpulkan oksigen dari udara dan air di sekitarnya. Beberapa buah mampu untuk digunakan untuk satu tarikan nafas. Setelah itu, kristal ini dapat menyerap oksigen dari air di sekitar penyelam.

4. Gak hanya untuk menyelam, Kristal Aquaman ini juga bisa digunakan untuk pasien pengidap penyakit paru-paru

Manusia Jadi Bisa Bernafas di Air seperti Aquaman? Ini Cara Canggihnyawesttexasadrc.com

McKenzie menyampaikan bahwa Kristal Aquaman diharapkan dapat bermanfaat untuk pasien pengidap sakit paru-paru sebagai pengganti tangki oksigen yang berat. Tentunya akan sangat praktis karena pasien dapat leluasa ke mana-mana.

5. Nama Kristal Aquaman ini memang terinspirasi dari karakter komik DC, Aquaman

Manusia Jadi Bisa Bernafas di Air seperti Aquaman? Ini Cara Canggihnyaew.com

Seperti namanya, Kristal Aquaman ini memang terinspirasi dari karakter komik DC, Aquaman lho! Tentunya karena kemampuannya untuk bisa menyelam di bawah air tanpa alat berat. Meski masih tetap mengandalkan alat, setidaknya gak segede tangki oksigen kan.

Meski begitu, alat ini masih dalam tahap pengembangan alias belum bisa digunakan segera. Semoga saja akan ada hasil nyata dari penelitian ini sehingga keinginan manusia untuk bisa bernafas di dalam air seperti Aquaman bisa terwujud.

Baca Juga: Cahaya Punya Segudang Manfaat Luar Biasa bagi Umat Manusia

Topic:

  • Yudha
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You