Comscore Tracker

Penelitian Unik: Naik Roller Coaster Ternyata Bisa Sembuhkan Penyakit Batu Ginjal!

Cara pengobatan paling seru yang pernah ada

Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, berbagai macam cara pengobatan untuk kesehatan manusia ditemukan dan terus diperbaharui. Termasuk salah satunya adalah pengobatan batu ginjal.

Penyakit batu ginjal memang banyak menghantui manusia modern saat ini. Gaya hidup yang gak sehat, kurang minum air putih ataupun karena faktor penyebab lainnya, membuat batu ginjal diidap gak cuma oleh orang tua tapi juga oleh anak muda seperti kita.

Biasanya batu ginjal disembuhkan dengan cara operasi dan terapi herbal serta obat-obatan. Tapi baru-baru ini, sebuah eksperimen sains menemukan cara yang gak bisa untuk menyembuhkan batu ginjal, yaitu ... naik roller coaster!

Naik roller coaster untuk menghancurkan batu ginjal, beneran?

Penelitian Unik: Naik Roller Coaster Ternyata Bisa Sembuhkan Penyakit Batu Ginjal!pexels.com

Dr. David Wartinger dari Michigan State University melakukan serangkaian eksperimen menggunakan model silikon yang dilengkapi dengan air seni dan model batu ginjal buatan. Model ini kemudian dinaikkan roller coaster yang cukup menantang, yaitu The Big Thunder Mountain Railroad yang terdapat di Disney World, Florida, Amerika Serikat.

Setelah selesai, model silikon ini dibawa ke laboratorium untuk dicek. Hasilnya, sekitar 60 persen batu ginjal berhasil hancur setelah melakukan eksperimen roller coaster ini. Mengejutkan 'bukan? Gak perlu tindakan operasi lho!

Baca Juga: Ternyata, Rutin Jogging Gak Akan Menurunkan Berat Badanmu!

Kok bisa sih naik roller coaster menghancurkan batu ginjal?

Penelitian Unik: Naik Roller Coaster Ternyata Bisa Sembuhkan Penyakit Batu Ginjal!pexels.com

Penelitian yang dipublikasikan di The Journal of American Osteopathic Association ini menggegerkan dunia kesehatan. Pasalnya, menurut Wartinger, goncangan dan benturan ringan saat seseorang naik roller coaster ternyata mampu menghancurkan gumpalan-gumpalan batu ginjal yang terperangkap.

Eksperimen yang dilakukan oleh Wartinger ini bukannya tanpa dasar lho. Kebanyakan pasien yang datang kepada Wartinger mengalami perubahan setelah mereka berlibur dan naik Big Thuner Mountain Railroad. Bahkan, Wartinger menemukan lagi anekdot yang unik tentang seseorang yang berhasil meluruhkan batu ginjalnya setelah melakukan bungee jumping.

Meski awalnya merasa gak masuk akal, Wartinger pun akhirnya tergelitik dan memutuskan turun langsung ke lapangan untuk melakukan eksperimen dan penelitian ini. Melihat hasilnya, Wartinger pun terkejut dan berniat untuk melakukan penelitian lebih lanjut.

"Posisi tempat duduk yang dipilih juga berpengaruh terhadap luruhnya batu ginjal. Semakin ke belakang, sebenarnya semakin baik karena semakin banyak guncangan," ujar Wartinger.

Wah, kalau cara pengobatannya seperti ini sih, seru juga ya. Tapi jangan lupa, meskipun ini adalah alternatif cara pengobatan yang unik, berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter dan ahli ya, supaya gak salah tindakan.

Baca Juga: Efek "Bergosip" Diteliti Para Ilmuwan. Ternyata Ada Manfaatnya Buat Kesehatan!

Topic:

Just For You