Comscore Tracker

Bumi Makin Sempit, Stephen Hawking Desak Manusia Pindah ke Planet Lain

Padahal, Hawking pernah bilang manusia baru harus pindah 1.000 tahun lagi

Dalam programnya, Professor Stephen Hawking akan mengeksplorasi kemajuan terbaru dalam teknologi astronomi, biologi dan roket yang memungkinkannya tinggal di Mars-mulai dari roket plasma hingga hibernasi manusia.

"Dalam rangkaian tengara ini, Expedition New Earth, [Hawking] mengumpulkan pakar teknik Danielle George dan mantan muridnya sendiri, Christophe Galfard, untuk mengetahui apakah dan bagaimana manusia dapat meraih bintang-bintang dan pindah ke planet yang berbeda," yang dikutip di BBCnews.com.

"Perjalanan menunjukkan bahwa ambisi Prof Hawking tidak semewah kedengarannya karena fakta sains lebih mendekati fiksi ilmiah daripada yang pernah kita pikirkan."

Pakar ilmu fisika teoritis, Professor Stephen Hawking ini telah merevisi pernyataan yang dikeluarkannya tahun lalu bahwa manusia perlu pindah ke planet lain dalam waktu 1.000 tahun ke depan karena bumi tidak lagi akan bisa menampung jumlah manusia yang ada sekarang.

Hawking mengatakan “dunia akan senang kalau kita bisa menyiapkan koper-koper kita dan pergi ke planet lain tidak dalam 1.000 tahun, tapi dalam 100 tahun mendatang.”

Bumi Makin Sempit, Stephen Hawking Desak Manusia Pindah ke Planet Lainwww.inverse.com

Dalam sebuah film dokumenter baru berjudul “Expedition New Earth” atau ekspedisi mencari dunia baru, yang akan disiarkan oleh BBCnews dalam waktu dekat ini, Hawking mengatakan “dunia akan senang kalau kita bisa menyiapkan koper-koper kita dan pergi ke planet lain tidak dalam 1.000 tahun, tapi dalam 100 tahun mendatang.”

Kalau manusia ingin bisa bertahan, katanya, mereka harus mencari planet lain, karena bumi tidak akan bisa didiami lagi karena perubahan iklim, kemungkinan terkena tabrakan asteroid, epidemi dan pertumbuhan penduduk yang pesat.

Professor Hawking, dalam film dokumenter Expedition New Earth itu minta bantuan pakar ilmu teknik, Danielle George dan mantan muridnya Christophe Galfard untuk mengetahui bagaimana manusia bisa pindah ke planet lain.

Kalau manusia terus tinggal di bumi, kata Hawking, kemungkinan mereka akan punah kalau terjadi peristiwa besar seperti tabrakan dengan asteroid yang terjadi 65 juta tahun yang lalu, yang memusnahkan hewan-hewan raksasa dinosaurus dan banyak jenis kehidupan lainnya.

Dengan pendapatnya yang kontroversial ini, Ia Menjadi Ilmuwan yang membuat Heboh di media berita Seluruh Dunia.

Bumi Makin Sempit, Stephen Hawking Desak Manusia Pindah ke Planet Lainnewsweek.com

Upaya untuk menciptakan koloni manusia di Mars sudah berjalan, dengan miliarder Elon Musk berharap untuk membangun pemukiman dalam beberapa dekade ke depan melalui perusahaan kedirgantaraan SpaceX-nya.

"Saya tidak memiliki nubuatan hari kiamat," kata Musk pada tahun 2016, "tapi sejarah menyarankan beberapa kejadian kiamat akan terjadi."  

Hawking berulang kali meminta manusia untuk mengkolonisasi ke bulan dan Mars sebagai polis asuransi terhadap bencana apokaliptik di Bumi. "Bulan bisa menjadi basis perjalanan ke seluruh tata surya," kata Hawking pada ceramah tahun 2008 yang menandai peringatan 50 tahun NASA, menambahkan bahwa Mars akan menjadi "target berikutnya yang jelas."  

Meskipun mendapat peringatan mengerikan, Hawking memang memiliki beberapa berita positif bagi para siswa yang berkumpul dan belajar dengannya. Dia menunjukan kepada mereka tentang bagaimana pemahaman mendasar kita tentang alam semesta yang telah maju dalam masa hidupnya dan mengatakan bahwa ini adalah "saat yang mulia untuk hidup dan melakukan penelitian terhadap fisika teoritis."  

Dia menambahkan: "Gambaran alam semesta kita telah banyak berubah dalam 50 tahun terakhir dan saya senang jika saya memberikan sedikit kontribusi. Fakta bahwa kita manusia, yang merupakan partikel fundamental belaka, telah mampu memahami hukum yang mengatur kita dan alam semesta ini pasti sebuah kemenangan. "

Jadi gimana menurutmu gaes? Apakah kamu juga setuju dengan pendapat ilmuwan ini?

Zother Veregrent Photo Verified Writer Zother Veregrent

Pria musim semi yang Ambivert

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya