TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Mobil Formula 1 Vs Formula E, Mana yang Lebih Kencang?

Publik masih penasaran, mana sih yang lebih kencang

twitter.com/FIAFormulaE

Jakarta, IDN Times - Formula E akan hadir ke Jakarta pada 4 hingga 6 Juni 2022 mendatang. Menjadi menarik, karena ini kali pertama balapan mobil sekelas Formula E bisa digelar di Indonesia.

Tentunya, publik masih penasaran seberapa kencang mobil Formula E bisa melaju. Pun, apakah mobil Formula E secepat Formula 1?

Buat kamu yang mau tahu, berikut IDN Times sajikan faktanya seperti dikutip berbagai sumber.

Baca Juga: Mobil Balap dan Perlengkapan Tim Formula E Tiba di Jakarta

1. Mobil Formula E lebih lambat

ilustrasi formula E (ANTARA/REUTERS/Charles Platiau/File Photo)

Mobil Formula E nyatanya lebih lambat ketimbang Formula 1. Mengapa begitu? Komposisi mesin jadi faktor utama mobil Formula E lebih lambat ketimbang Formula 1.

Dalam mobil Formula 1 terdapat internal combustion engine yang berbasis penggunaan bahan bakar fosil. Tentunya, dengan teknologi ini, kecepatan mobil Formula 1 lebih tinggi.

Rata-rata, mobil Formula 1 bisa mencapai kecepatan 300 kilometer per jam. Sedangkan, mobil Formula E kecepatannya cuma 280 kilometer per jam.

Komparasi lainnya adalah mobil Formula E baru bisa mencapai kecepatan 100 kilometer per jam dalam jangka waktu tiga detik. Sedangkan, mobil Formula 1 cuma butuh 2,1 detik demi mencapai kecepatan tersebut.

Baca Juga: 7 Mantan Pembalap Formula 1 yang Musim Ini Berlaga di Formula E

2. Mobil Formula E tak berisik

formula1.com

Kelebihan mobil Formula E adalah tidak berisik. Kebisingan mobil Formula E cuma 80 desibel. Ini setara dengan kemacetan harian yang terjadi di Jakarta.

Sementara, mobil Formula 1 sudah pasti memekakkan telinga. Sebab, tingkat kebisingannya mencapai 134 desibel, setara dengan pesawat yang hendak lepas landas. Jadi, sebenarnya lebih enak nonton Formula E, karena telinga tak berdengung.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya