Comscore Tracker

Putus-Nyambung Hendra Setiawan dengan Pelatnas PBSI

2 kali Hendra keluar dari pelatnas, 2 kali pula ia kembali

Jakarta, IDN Times – Menjadi pemain bulu tangkis top dunia, Hendra Setiawan nyatanya tak menempuh jalan singkat. Lika-liku hidup sebagai atlet pernah dilakoninya. Termasuk keluar masuk pelatnas hingga akhirnya memilih menetap untuk bawa Merah-Putih lebih tinggi di dunia bulu tangkis.

Berpasangan dengan Mohammad Ahsan, kisah keduanya juga ternyata tak berjalan semanis prestasi mereka. The Daddies, begitu Hendra/Ahsan akrab dijuluki, ternyata sempat berpisah karena Hendra memilih keluar dari Pelatnas PBSI.

1. Kegagalan lolos Olimpiade London 2012 jadi kisah sedih bagi Hendra

Putus-Nyambung Hendra Setiawan dengan Pelatnas PBSIHendra Setiawan saat masih berpasangan dengan Markis Kido (Instagram.com/markis_kido11)

Gagal lolos untuk berlaga di Olimpiade London 2012 menjadi kisah sedih sendiri bagi Hendra Setiawan. Kala itu, Hendra yang berpasangan dengan Markis Kido memutuskan untuk mengambil langkah sendiri-sendiri dan berpisah.

Kala itu, Hendra berada di luar naungan Pelatnas PBSI. Pada 2012, Hendra untuk pertama kalinya kembali ke pelukan PBSI dan dipasangkan dengan Mohammad Ahsan. Hasilnya, lebih kurang satu tahun berpasangan, Hendra/Ahsan masuk jajaran pebulu tangkis top dunia.

2013 seolah menjadi masa jaya keduanya. Empat tahun berpasangan, Hendra/Ahsan berpisah. Untuk kali kedua, Hendra meninggalkan Pelatnas PBSI.

Baca Juga: [BREAKING] Hendra/Ahsan Susul The Minions ke Olimpiade 2020!

2. Kembali dipanggil PBSI demi bawa pulang Piala Thomas

Putus-Nyambung Hendra Setiawan dengan Pelatnas PBSIGanda putra Indonesia, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan ke final Indonesia Masters 2020. Dok. PBSI

Kegagalan di Olimpiade 2016, kembali menjadi luka menganga baru bagi Hendra.

"Jadi istilahnya saya gagal di Olympic, saya kecewa, karena saya under perform,” kata Hendra dalam wawancara yang ditayangkan di kanal YouTube Badmintalk TV, Senin (8/6).

Dia memutuskan untuk keluar dari Pelatnas PBSI di awal 2017. Sepanjang tahun 2017, Hendra sempat bertandem dengan atlet Malaysia, Tan Boon Heong. Namun prestasi keduanya dirasa kurang maksimal.

Pada 2018, demi memperkuat skuat Indonesia untuk membawa pulang Piala Thomas ke Tanah Air, PBSI kembali memanggil Hendra. Kata orang, kalau jodoh gak akan ke mana. Setahun berpisah, Hendra reuni dan dipasangkan kembali dengan Ahsan.

3. Akan wakili Indonesia dalam ajang Olimpiade Tokyo 2020

Putus-Nyambung Hendra Setiawan dengan Pelatnas PBSIPodium ganda putra di Indonesia Masters 2020 (Instagram.com/badminton.ina)

Keputusan kembali berpasangan dengan Ahsan tampak tak mengecewakan pihak mana pun. Pada 2019, Hendra/Ahsan bahkan berhasil membawa pulang tiga gelar juara dari tiga turnamen paling bergengsi di dunia bulu tangkis.

Gelar jawara All England 2019, Juara Dunia 2019, dan BWF World Tour Final 2019. Bersama 105 nama atlet lainnya, The Daddies, begitu Hendra/Ahsan akrab dijuluki, resmi menjadi penghuni Pelatnas PBSI 2020.

Pasangan peringkat dua dunia ini bahkan dipastikan lolos kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020. Bersama rekan pelatnas mereka yang merupakan pasangan peringkat satu dunia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, The Daddies akan mewakili Indonesia di gelaran olahraga akbar yang diagendakan akan berlangsung pada musim panas 2021 mendatang itu.

Baca Juga: Garang di World Tour Finals, BWF Beri Julukan Baru ke Hendra Setiawan

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya