Comscore Tracker

Rahasia Bos PT Djarum Rebut Perunggu Asian Games Meski Telah 78 Tahun

Bambang Hartono menjadi atlet tertua di Asian Games 2018

Jakarta, IDN Times – Atlet cabang olahraga Bridge, Michael Bambang Hartono, tercatat sebagai atlet tertua yang bertanding di ajang Asian Games 2018. Bambang saat ini berusia 78 tahun. 

Dan, uniknya lagi, Bambang adalah pemilik perusahaan rokok PT Djarum dengan kekayaan ditaksir mencapai US$11,3 miliar atau setara dengan Rp 163,6 Triliun! Dengan duit sebanyak itu ia tercatat sebagai orang terkaya ke-75 di dunia.

Hebatnya lagi, Bambang sukses meraih medali perunggu Asian Games 2018. Medali tersebut ia raih pada Minggu, 26 Agustus 2018. Berikut fakta-fakta unik dan rahasia Bambang tetap fit di usia 78 tahun:

1. Atlet tertua di Asian Games 2018

Rahasia Bos PT Djarum Rebut Perunggu Asian Games Meski Telah 78 TahunANTARA FOTO/INASGOC/Peter F Momor/Ttn/18

Dalam usianya yang hampir memasuki kepala delapan, tidak ada kenginginan Bambang untuk berhenti menjadi atlet. Ia mengatakan sudah menjadi kewajibannya mengharumkan nama bangsa di ajang olahraga Bridge terbesar di Asia. Sebab, ia merupakan salah satu tokoh yang mempopulerkan cabang olahraga Bridge di Indonesia. “Menjadi atlet? Selama mungkin,” ujar Ketua Pembina PB Gabsi periode 2018-2018 ini. 

Baca Juga: Sudah Berusia 78 Tahun, Bos PT Djarum Sukses Raih Medali Perunggu

2. Orang terkaya di Indonesia

Rahasia Bos PT Djarum Rebut Perunggu Asian Games Meski Telah 78 Tahundjarumfoundation.org

Michael Bambang adalah seorang pengusaha sekaligus pemilik perusahaan rokok PT Djarum. Dilansir Forbes, jumlah harta Michael per Agustus 2018 mencapai US$11,3 miliar atau setara Rp 163,6 triliun. 

“Kalau nanti saya berhasil meraih medali emas, bonus dari pemerintah akan saya sumbangkan kepada organisasi untuk pembinaan,” ujar Bambang. Pemerintah sebelumnya menjanjikann bonus Rp 1,5 miliar bagi penyumbang medali.

3. Pemain kelas dunia

Rahasia Bos PT Djarum Rebut Perunggu Asian Games Meski Telah 78 TahunAntara

Bambang ternyata pemain Bridge yang dikenal dunia. Berbagai kejuaraan dunia pernah dia ikuti dan menjadi juara. Pada 2008 dan 2009, Bambang memperoleh medali emas. Dan ajang yang sama tahun 2007, dia menyabet medali perak di kejuaraan World Bridge Championships untuk Piala Senior Bowl. 

4. Rahasia bermain Bridge ala Michael Bambang

Rahasia Bos PT Djarum Rebut Perunggu Asian Games Meski Telah 78 TahunDaily Mail

Menjaga kesehatan tubuh dan otak merupakan salah satu rahasia atlet Bridge ini. Bambang mengakui, kian bertambahnya usia, stamina pun terpengaruh. Tidak hanya fisik, namun juga otak. Untuk menjaganya, pria berusia 79 tahun itu pun banyak-banyak bermeditasi dan berlatih tai chi. Sehingga ia masih terlihat gesit meski secara fisik sudah terlihat banyak kerutan di wajahnya

Untuk mempersiapkan Asian Games ini, di tengah kesibukannya sebagai pebisnis, Bambang selalu menyempatkan waktu 2-3 jam untuk berlatih Bridge setiap akhir pekan. Dia berharap cabang olahraga Bridge ini semakin popular di Indonesia dan dunia. Untuk itu di usianya yang tak kunjung muda lagi, dia siap mengawal hal itu.

Baca Juga: Anies: Venue dan GOR untuk Asian Games di Jakarta Siap 100 Persen

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya