5 Kelebihan Treadmill Manual, Cocok untuk Olahraga di Rumah

Lebih praktis dan harganya relatif terjangkau 

Lari dan jalan kaki merupakan olahraga yang mudah dilakukan dan tidak membutuhkan peralatan khusus. Namun, sebagian orang enggan untuk melakukan olahraga tersebut di luar ruangan. Alhasil, mereka memilih untuk berlari atau berjalan dengan bantuan treadmill alias mesin lari.

Treadmill sendiri terdiri dari dua jenis, yaitu manual dan elektrik. Treadmill manual adalah mesin lari yang menggunakan kekuatan tubuh untuk menggerakkannya. Jadi, kamu harus aktif bergerak, baik berlari atau berjalan, agar treadmill bisa digunakan. Sebelum membeli mesin lari, yuk, ketahui dulu lima kelebihan treadmill manual berikut ini.

1. Hemat listrik    

5 Kelebihan Treadmill Manual, Cocok untuk Olahraga di Rumahilustrasi orang berolahraga menggunakan treadmill (pexels.com/Julia Larson)

Treadmill manual tidak membutuhkan daya listrik. Hal ini dapat menghemat pengeluaran biaya listrik. Treadmill jenis ini pun disebut lebih ramah lingkungan karena tidak menggunakan listrik.

Selain itu, treadmill manual juga dapat digunakan di berbagai area rumah, karena tidak membutuhkan tenaga listrik. Kamu pun bisa menggunakan treadmill manual di halaman jika ingin berolahraga sambil menikmati udara segar.

2. Harga treadmill manual lebih terjangkau dibanding yang elektrik

5 Kelebihan Treadmill Manual, Cocok untuk Olahraga di Rumahilustrasi orang berolahraga menggunakan treadmill (pexels.com/William Choquette)

Harga treadmill elektrik cenderung lebih mahal karena teknologi yang digunakan. Selain itu, menggunakan treadmill elektrik juga harus mempersiapkan biaya perawatan.

Di sisi lain, harga treadmill manual lebih terjangkau dibandingkan dengan treadmill elektrik. Treadmill jenis ini pun tidak membutuhkan biaya perawatan khusus. Treadmill manual cukup dibersihkan secara rutin untuk merawatnya.

Baca Juga: 13 Merk Treadmill Terbaik, Ada yang Manual dan Elektrik

3. Praktis dan mudah disimpan    

5 Kelebihan Treadmill Manual, Cocok untuk Olahraga di Rumahilustrasi orang berolahraga menggunakan treadmill (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Treadmill elektrik memiliki ukuran mesin yang memakan tempat dan berat. Sedangkan, treadmill manual hadir dengan desain yang lebih praktis dan ringan.

Bahkan, sebagian model treadmill manual juga bisa dilipat. Sehingga, tidak membutuhkan banyak tempat untuk menyimpannya. Selain itu, beberapa model treadmill manual pun dilengkapi dengan roda, yang memudahkan untuk proses pemindahannya.

4. Bakar kalori lebih maksimal    

5 Kelebihan Treadmill Manual, Cocok untuk Olahraga di Rumahilustrasi orang berolahraga menggunakan treadmill (pexels.com/Anastasia Shuraeva)

Besarnya kalori yang terbakar tergantung dari besarnya usaha seseorang saat berolahraga. Semakin keras seseorang berolahraga, semakin banyak pula kalori yang terbakar.

Berolahraga menggunakan treadmill manual membutuhkan lebih banyak tenaga dan otot untuk menggerakkan mesin lari tersebut. Artinya, pembakaran kalori jadi lebih maksimal.
Menurut penelitian yang dilakukan oleh James M. Smolga dkk., subjek yang berjalan atau berlari menggunakan treadmill manual mengeluarkan 30 persen energi lebih banyak.

5. Cocok untuk berjalan dan proses pemulihan    

5 Kelebihan Treadmill Manual, Cocok untuk Olahraga di Rumahilustrasi orang berolahraga menggunakan treadmill (pexels.com/Gustavo Fring)

Treadmill manual merupakan pilihan tepat untuk orang yang ingin berjalan secara teratur atau orang yang tengah dalam masa pemulihan untuk berjalan lagi. Pasalnya, treadmill manual biasanya dilengkapi dengan handle bars atau pegangan, yang dapat membantu menopang keseimbangan.

Selain itu, treadmill manual juga dapat diatur tingkat kemiringannya. Hal ini dapat membuat kegiatan berjalan lebih menantang dan membakar lebih banyak kalori.

Meski treadmill manual memiliki beberapa kelebihan, tapi alat ini juga memiliki kekurangan, seperti fitur yang kurang lengkap, kurang kokoh, serta tidak cocok untuk orang yang memiliki radang sendi. Untuk itu, pertimbangkan kelebihan dan kekurangan treadmill manual maupun elektrik secara matang sebelum membelinya.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Alat Treadmill, Bikin Makin Semangat Olahraga!

Astri Supriyati Photo Verified Writer Astri Supriyati

An illegirl

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya