5 Tips Bermain Anggar untuk Pemula, Butuh Konsentrasi Penuh!

Yang mau bermain anggar wajib tahu!

Anggar merupakan salah satu cabang olahraga bela diri menggunakan senjata berupa pedang. Olahraga ini masuk ke Indonesia pertama kali dibawa tentara Kerajaan Belanda yang sedang menjajah kala itu. Permainan ini dibagi menjadi dua nomor: individu dan beregu.

Olahraga ini tidak sepopuler layaknya bulu tangkis, sepak bola, dan bola voli di Indonesia. Itu karena olahraga ini terbilang cukup mahal dari segi perlengkapannya.

Nah, buat kamu yang teratrik mencoba olahraga ini, tidak perlu khawatir. Kini sudah banyak tempat bermain anggar yang menyediakan paket pelatihan dan persewaaan alat serta kostum.

Agar saat berlatih anggar tidak bingung, berikut lima tips bermain anggar buat pemula. Apa saja? simak sampai selesai, ya!

1. Gunakan pakaian anggar sesuai ketentuan

5 Tips Bermain Anggar untuk Pemula, Butuh Konsentrasi Penuh!ilustrasi pakaian anggar (unsplash.com/CHUTTERSNAP)

Sebelum berlatih anggar, langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengenakan pakaian dan peralatan yang dibutuhkan. Pakaian anggar sendiri berfungsi senagai pelindung tubuh apabila terkena pedang saat bertanding.

Untuk pakaiannya sendiri, ada beberapa yang perlu dikenakan, yaitu celana anggar, kaus kaki panjang, jaket, manset, masker cord, sarung tangan, dan sepatu. Sementara, untuk peralatan yang digunakan, ada pedang dan pelindung alat vital.

2. Pelajari cara memegang dan menggunakan pedang anggar

5 Tips Bermain Anggar untuk Pemula, Butuh Konsentrasi Penuh!ilustrasi pedang anggar (pexels.com/Artem Podrez)

Salah satu hal penting dalam bermain anggar adalah penguasaan pedang. Mulai dari jenis pedang, cara memegang pedang, dan teknik memainkan pedang ketika bermain. Ketiga hal tersebut perlu kamu kuasai terlebih dahulu agar pada langkah-langkah berikutnya kamu tidak kesusahan.

Untuk jenis pedang sendiri ada tiga: floret, degen, dan sabel. Sementara, saat memegang pedang, disarankan tidak terlalu erat atau kaku. Peganglah dengan kecang, tetapi tetap rileks atau luwes. Pelajari juga cara memainkan pedang seperti gerakan menusuk dan menangkis.

Baca Juga: 5 Tips Bermain Kitesurfing untuk Pemula, Butuh Konsentrasi Penuh

3. Mempelajari gerakan bermain anggar

5 Tips Bermain Anggar untuk Pemula, Butuh Konsentrasi Penuh!ilustrasi latihan anggar (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Anggar merupakan olahraga yang membutuhkan kemampuan kaki dan tangan yang lincah dan gesit. Maka dari itu, penguasaan footwork atau gerakan kaki menjadi poin penting yang harus kamu perhatikan. Footwork yang bagus akan memudahkanmu untuk memenangi pertandingan.

Salah satu gerakan kaki mendasar yang wajib kamu pahami adalah el garde, di mana gerakan ini menitikberatkan kepada arah maju dan mundur secara mudah. Gerakan ini biasanya dikenal juga sebagai posisi memulai anggar. Kamu bisa menambah kemampuan footwork dengan lari interval.

4. Pahami istilah-istilah penting dalam anggar

5 Tips Bermain Anggar untuk Pemula, Butuh Konsentrasi Penuh!ilustrasi latihan anggar (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Layaknya olahraga lain, anggar juga memiliki beberapa istilah yang dipakai dalam permainan. Hal itu memudahkan pemain untuk melakukan penyerangan atau pertahanan ketika bertanding atau saat berlatih bersama pelatih.

Istilah pertama ada parry, yaitu gerakan bertahan ketika diserang lawan. Kemudian, ada attack (gerakan menyerang) dan riposte (gerakan menyerang balik sesudah parry). Terakhir, ada counter-riposte, yaitu gerakan menyerang sesudah gerakan parry terhadap gerakan riposte.

5. Lakukan latih tanding atau sparring secara rutin

5 Tips Bermain Anggar untuk Pemula, Butuh Konsentrasi Penuh!ilustrasi latihan anggar (pexels.com/cottonbro)

Tips terakhir yang tak kalah penting adalah rutin berlatih. Tidak ada hal instan di dunia olahraga. Agar semua teknik makin matang, kamu bisa melakukan latihan secara rutin.

Bila perlu, kamu bisa melakukan pertandingan persahabatan atau sparring dengan teman atau pelatih agar bisa mengevaluasi hasil latihan. Agar makin mumpuni, kamu juga bisa mengikuti turnamen anggar secara berkala.

Bermain anggar sebetulnya bukanlah olahraga yang sulit untuk dilakukan, selama kita paham aturan dan tekniknya. Anggar juga bisa jadi opsi yang menarik untuk dicoba, karena masih jarang orang yang berminat di olahraga ini. Ada yang tertarik bermain anggar?

Baca Juga: 5 Tips Penting Bermain Motocross Buat Pemula, Butuh Nyali Gede!

Candra Septian Bantara Photo Verified Writer Candra Septian Bantara

Mahasiswa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya